jump to navigation

Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia 13 Januari 2016

Posted by imotorium in Bus, HINO, News, Trip.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

Matic Hino RG - City Trans Utama

interior Hino RK8 CTU varian automatic, tidak terlihat ada tuas transmisi bukan 🙄

Readers, membahas artikel sebelumnya yang sekilas membahas project PO SAN dalam membuat Bus Bandara berchassis rendah, dimana bus tersebut menggunakan transmisi automatic dari ZF. Kini penulis mau membahas salah satu varian bus transmisi automatic yang sudah lumayan lama beredar di Indonesia, salah satunya adalah buah karya produsen kawakan asal jepang, Hino. Yang kini dipakai beberapa Perusahaan Otobus di nusantara..

Hino, terkenal dengan pengalamannya selama puluhan tahun di Indonesia dalam dunia bus dan truk, tentu bukan waktu yang singkat.. selama itu pula lahir berbagai macam varian produk yang disesuaikan berbagai macam kebutuhan akan Perusahaan Otobus khususnya. Salah satunya yang lumayan bisa dibilang unik adalah Varian Automatic Transmission, dari bus besar.

Hino Matic 1

Hino RK Matic (?) milik MGI, dengan kode body M 0806, salah satu Hino bertransmisi automatic yang beredar di indonesia 🙄

Ada beberapa operator yang mengoperasikan Varian bus Hino bertransmisi automatic ini, seperti misalnya PO. MGI yang menggunakannya sebagai armada reguler dan City Trans Utama yang berfokus di Bus Pariwisata. Untuk PO. MGI sendiri readers bila ingin merasakan sensasi bus bertransmisi matic tersebut cukup menaiki PO MGI yang memiliki kode body M 0806, melayani trayek Depok – Bandung via Tol Cipularang.

Hino Matic 2

Hino RK8 Matic (?) milik MGI (CMIIW) 🙄

MGI matic

jumlah baut rodanya 10 🙄

Salah satu tips mudah mengidentifikasi bus Hino bertransmisi otomatis adalah dengan melihat jumlah baut roda. Umumnya pada Hino RG / RK8 varian manual, baut roda yang diaplikasi hanya berjumlah 8 tiap rodanya.. sedangkan pada varian Matic ini sama persis seperti bus – bus keluaran Mercedes – Benz, menggunakan 10 baut.

Hino CTU RS EVO

salah satu bus Hino milik CTU bertransmisi Matic (?) 🙄 terlihat lubang baut di dof roda depan berjumlah 10

Dari City Trans Utama (CTU), penulis ingat ada dua unit Bus Hino mereka yang mengaplikasi transmisi otomatis, diantaranya adalah CTU 16 berbalut karoseri RS Evo dan CTU 30 berbalut karoseri Laksana Legacy yang menggunakan Mesin Hino RK8-JSK (R260) spesifikasi mesin sama dengan varian manual, menggunakan J08E-UF yang menelurkan tenaga hingga 260 Hp, namun Transmisinya saja yang sudah otomatis.

Baca Juga :

Mengenal Varian Mesin dan Chassis Bus Hino RK Series, Inilah Ciri – Cirinya!

Isuzu LT 1, Penantang Baru MB OH 1526 dan Hino RK8 Di Indonesia

Nissan Diesel, Profil Mesin Bus “Pelari” Yang Tidak Terlalu Terdengar Namanya Di Indonesia

Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ?

Karakter? Varian Hino matic ini berkarakter khas sama dengan mobil matic kebanyakan.. Akselerasi bawah bisa dibilang tidak segesit varian manual. Namun ketika sudah berada di putaran atas, maka akan terasa menyenangkan. Perpindahan giginya sendiri cenderung terjadi di putaran yang lumayan tinggi karena menggunakan transmisi matik ini.. Bus sama sekali tidak kehilangan torsi kala menanjak, hanya memang konsekuensi dari transmisi matic ini adalah konsumsi bbm yang sedikit lebih boros dibanding varian manual.

Hino Matic CNG RK1

jajaran armada Hino CNG lorena 🙄

Oya, tidak hanya untuk bus luar kota, khususnya di Kota Jakarta pun kita bisa menemukan varian bus hino bertransmisi otomatis yang dioperasikan oleh Transjakarta. Tipe yang digunakan adalah bus Hino RK1JSNL CNG, digunakan salah satunya oleh Ekasari Lorena Transport yang juga termasuk salah satu operator dari Transjakarta. Bus ini menggunakan Gas sebagai bahan bakarnya.

Hino Matic CNG

spesifikasi hino RK1JSNL CNG 🙄

Bahkan kabarnya, ada beberapa armada PO. Arimbi yang menswap mesin CNG bertransmisi otomatis ini ke chassis Hino AK dan RK mereka. Joss.. sepertinya memang lumayan karena Arimbi sendiri trayeknya lebih banyak menggunakan jalan tol.

Tertarik mencoba perjalanan jauh dengan Hino matic? selamat berburu. 😀 (imt)

foto :bismania, CTU

Komentar»

1. sebarkan.org - 13 Januari 2016
FЭЯY - 13 Januari 2016

Busway aya telolet na teu 😂

Suka

imotorium - 13 Januari 2016

wkwkwkwk, teu aya coy, kuduna aya pan jalur transjakarta loba nu nyerobot

Suka

2. kiki - 13 Januari 2016

Agak sedikit koreksi ya.. Unit Hino MGI (body Mayasari Utama) yang baut 10 itu diproyeksikan untuk ikut tender Transjakarta, namun tidak tahu kenapa akhirnya enggak jadi.
Hino AT maupun MT sama saja jumlah baut roda nya. Kalau RK 8 ya 8 baut, kalau RN ya 10 baut.

PS :
RK dan RN transmisi otomatis baru dipasarkan secara umum mulai tahun ini. Sebelumnya hanya ditawarkan sebagai opsional belaka/modifikasi dari pihak customer. Dulu seringnya digunakan untuk Transjakarta (Operator : Primajasa, Lorena dan beberapa Trans Batavia)

Suka

imotorium - 13 Januari 2016

joss koreksinya, suwun bro

Suka

FЭЯY - 13 Januari 2016
3. FЭЯY - 13 Januari 2016
imotorium - 13 Januari 2016

ka bandung coy..

Suka

FЭЯY - 13 Januari 2016

Hayu atuh

Suka

4. Munivmotoblog - 13 Januari 2016
imotorium - 13 Januari 2016

mosokkk

Disukai oleh 1 orang

AwanRock - 14 Januari 2016

bagi Tolelotnya om.. 😀

Suka

5. macantua.com - 13 Januari 2016

Kalau yg CNG itu unit baru setelah sekian lama ga diproduksi….

Suka

imotorium - 13 Januari 2016

wah ada bos hino :mrgreen:

Suka

macantua.com - 13 Januari 2016

Oia baut 10 itu punya RN yang airsus. Coba aja check ada bantalan karet dibawahnya biasanya. Maen sini liat rangkanya banyak hahahha

Suka

imotorium - 13 Januari 2016

RN berarti ya? itu makanya untuk MGI masih diberi (?) soalnya juga ngga tau pasti apa tipe yang dipakai..

kalau yang CTU infonya sih pakai RK8 R260 yang dimodifikasi transmisinya jadi matic pakai Allison Transmission (?)

Suka

macantua.com - 13 Januari 2016

Kalau baut banyak RN, dan kalau ga salah cuma itu yg 10 baut (maklum banyak katasikinya). Kalau swap transmisi mungkin dilakukan sama pihak sales kali ya….

Suka

6. AwanRock - 14 Januari 2016

Keren uey…

Suka

7. bdt - 14 Januari 2016

sinjay blm ada yg pake?

sinjay khan beli bus hino langsung dari jepang?

Suka

8. Riva - 17 Januari 2016
imotorium - 18 Januari 2016

makasih mas bro. salam bismania 😀

Suka

9. Inilah Alasan Mengapa Banyak Bus / Mobil Diesel Tidak Mematikan Mesin Saat Mengisi BBM Solar di SPBU | imotorium - 18 Januari 2016

[…] Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia […]

Suka

10. Mengenal Mercedes-Benz OH 1525, Pelopor Electrical Engine Management Dari Bus Mercedes Di Indonesia | imotorium - 11 Februari 2016

[…] Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia […]

Suka

11. Mengenal Ban Bias dan Radial Yang Digunakan Pada Bus | imotorium - 12 Februari 2016

[…] Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia […]

Suka

12. Cara Mengidentifikasi Tipe, Merk, Dan Mesin Bus Yang Kita Naiki | imotorium - 12 Februari 2016

[…] Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia […]

Suka

13. Mengenal Bus Scania Bermesin Depan Di Indonesia, Scania F Series | imotorium - 15 Februari 2016

[…] Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia […]

Suka

14. Mengenal PO. Primajasa, | imotorium - 3 Maret 2016

[…] Readers, beberapa momen ini penulis sering sekali menggunakan bus yang memiliki salah satu pool di daerah cililitan, dikarenakan lokasinya dekat dengan kost penulis dan armadanya pun terjadwal. Primajasa, sebuah PO yang masih berkeluarga dengan Mayasari Bakti ini konsisten sejak 1990-an melayani dengan armada busnya yang semuanya saat ini menggunakan chassis dan mesin dari pabrikan ternama jepang, Hino. […]

Suka

15. Mengenal PO. Primajasa, Si Putih Dominator DKI – Jawa Barat | imotorium - 3 Maret 2016

[…] Readers, beberapa momen ini penulis sering sekali menggunakan bus yang memiliki salah satu pool di daerah cililitan, dikarenakan lokasinya dekat dengan kost penulis dan armadanya pun terjadwal. Primajasa, sebuah PO yang masih berkeluarga dengan Mayasari Bakti ini konsisten sejak 1990-an melayani dengan armada busnya yang semuanya saat ini menggunakan chassis dan mesin dari pabrikan ternama jepang, Hino. […]

Suka

16. Mengenal PO. Primajasa, Keluarga Dari Mayasari Grup | imotorium - 3 Maret 2016

[…] Readers, beberapa momen ini penulis sering sekali menggunakan bus yang memiliki salah satu pool di daerah cililitan, dikarenakan lokasinya dekat dengan kost penulis dan armadanya pun terjadwal. Primajasa, sebuah PO yang masih berkeluarga dengan Mayasari Bakti ini konsisten sejak 1990-an melayani dengan armada busnya yang semuanya saat ini menggunakan chassis dan mesin dari pabrikan ternama jepang, Hino. […]

Suka

17. Bus Nekat Melawan Arah Di Lintas Pantura Berseparator, Lah Polisinya Kemana?? | imotorium - 6 Maret 2016

[…] Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia […]

Suka

18. Mengenal Si Legendaris Mercedes – Benz OF 1113, Bus Mesin Depan Mercedes Di Indonesia | imotorium - 9 Maret 2016

[…] Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia […]

Suka

19. Mengenal Scania K250UB, Bus Yang Akan Menggantikan Keberadaan Metromini dan Kopaja | imotorium - 12 Maret 2016

[…] Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia […]

Suka

20. Mercedes – Benz OH 1521 E III, Penerus Sang Legenda Si “Intercooler” OH 1521 | imotorium - 15 Maret 2016

[…] Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia […]

Suka

21. Mengenal Hino RN 285, Flagship Bus Hino Di Indonesia Saat Ini | imotorium - 17 Maret 2016

[…] murah di kelasnya. Tidak heran begitu banyak PO yang memilih hino, salah satu yang menjadi flagship Hino di Indonesia sekarang adalah RN […]

Suka

22. Scania K410, Triple Axle Sekaligus Flagship Scania di Indonesia. Rival Berat Mercedes OC 500 RF 2542 | imotorium - 24 Maret 2016

[…] Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia […]

Suka

23. IIBT 2016 : Impresi Bus Double Decker New Armada Highlander, Elegan dan Nyaman (+Galeri Foto) | imotorium - 31 Maret 2016

[…] lumayan minimalis. Terlihat instrumen kemudi dari Mercedes OC 500 RF 2542 yang bertransmisi Automatic, driver hanya cukup memainkan kaki kanan untuk mengatur gas dan rem kala mengemudikan bus ini.. Di […]

Suka

24. Impresi Singkat Bus Blue Star OH 1632 Di IIBT 2016, The One and Only Mercedes – Benz OH 1632 Di Indonesia | imotorium - 5 April 2016

[…] Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia […]

Suka

25. IIBT 2016 : Impresi Bus Kembaran Jetbus HD Setra, Zeppelin !! Karya Karoseri Gunung Mas | imotorium - 8 April 2016

[…] bila melihat dari jauh akan langsung menjudge bahwa body bus Haryanto yang menggunakan Chassis Hino RK8 R260 ini mengaplikasi body Jetbus Setra HD buatan AdiPutro. Ya, karena memang mirip sekali. […]

Suka

26. Mengenal PO. Haryanto, Buah Manis Doa, Usaha, Ikhtiar dan Tawakal Seorang Purnawira TNI | imotorium - 24 Juli 2016

[…] PO. Haryanto kini dominan menggunakan chassis Mercedes OH Series (1521, 1525, 1526, 1830) dan Hino RK8 sebagai Armadanya dengan body buatan beberapa karoseri besar seperti Adiputro dengan Jetbus HD, […]

Suka

27. GIIAS 2016 : Berani Berubah, Transjakarta Laksana Cityline 2 Scania K310 6×2 !!! | imotorium - 22 Agustus 2016

[…] adalah salah satu dari sekian merk tenar lainnya seperti Mercedes-Benz, Hino, Toyota yang kini mengisi slot – slot bus Transjakarta. Scania yang diajak mejeng di arena […]

Suka

28. Mengenal Si Bus “Hijau” Asal Pulau Dewata, PO Gunung Harta | imotorium - 4 September 2016

[…] asal pulau Dewata. Armada Gunung Harta sendiri didominasi dari bus keluaran pabrikan Hino (AK, RG, RK8), Mercedes-Benz (OH 1521, 1525, 1526, 1626, 1836), Scania (K360) dan Golden Dragon. Karoseri bus […]

Suka

29. Mengenal Bus PO Harapan Jaya, Si “Kuda” Oranye Asal Tulungagung. | imotorium - 4 Oktober 2016

[…] Chassis sebut saja yang digunakan sekarang mulai dari Mercedes – Benz (OH 1526, 1626, 1836), Hino (RK8, RN285) , Volvo (B7R) , dan Scania (K310, K360, K380). Kelas yang ditawarkan juga beragam […]

Suka

30. Mengenal Lebih Dekat PO Pahala Kencana Dan Sejarahnya, Salah Satu Barometer Bus Nyaman Di Indonesia | imotorium - 7 Oktober 2016

[…] Bicara soal pelayanan dan armada yang digunakan, pasti mengangguk bila Pahala Kencana tidaklah bermain pada bus kelas ekonomi, namun mulai dari kelas bisnis, VIP, Executive dan Super Executive. Kekuatan armadanya kini sudah mencapai 300-an unit bus, yang diisi oleh 2 merk raksasa Mercedes – Benz (1521, 1525, 1526, 1626, dan 1830) dan Hino (RK8, RG). […]

Suka


Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: