Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia 13 Januari 2016
Posted by imotorium in Bus, HINO, News, Trip.Tags: Automatic, bandung, Bus AKAP, Bus Pariwisata, Busway, Cipularang, City Trans Utama, CTU, Depok, Hino, Imotorium, indonesia, Leuwipanjang, Lorena, Mayasari Group, MGI, otomatis, RK8, RK8 R235, RK8 R260, Transjakarta, Transmisi matik
trackback
interior Hino RK8 CTU varian automatic, tidak terlihat ada tuas transmisi bukan 🙄
Readers, membahas artikel sebelumnya yang sekilas membahas project PO SAN dalam membuat Bus Bandara berchassis rendah, dimana bus tersebut menggunakan transmisi automatic dari ZF. Kini penulis mau membahas salah satu varian bus transmisi automatic yang sudah lumayan lama beredar di Indonesia, salah satunya adalah buah karya produsen kawakan asal jepang, Hino. Yang kini dipakai beberapa Perusahaan Otobus di nusantara..
Hino, terkenal dengan pengalamannya selama puluhan tahun di Indonesia dalam dunia bus dan truk, tentu bukan waktu yang singkat.. selama itu pula lahir berbagai macam varian produk yang disesuaikan berbagai macam kebutuhan akan Perusahaan Otobus khususnya. Salah satunya yang lumayan bisa dibilang unik adalah Varian Automatic Transmission, dari bus besar.
Hino RK Matic (?) milik MGI, dengan kode body M 0806, salah satu Hino bertransmisi automatic yang beredar di indonesia 🙄
Ada beberapa operator yang mengoperasikan Varian bus Hino bertransmisi automatic ini, seperti misalnya PO. MGI yang menggunakannya sebagai armada reguler dan City Trans Utama yang berfokus di Bus Pariwisata. Untuk PO. MGI sendiri readers bila ingin merasakan sensasi bus bertransmisi matic tersebut cukup menaiki PO MGI yang memiliki kode body M 0806, melayani trayek Depok – Bandung via Tol Cipularang.
Hino RK8 Matic (?) milik MGI (CMIIW) 🙄
jumlah baut rodanya 10 🙄
Salah satu tips mudah mengidentifikasi bus Hino bertransmisi otomatis adalah dengan melihat jumlah baut roda. Umumnya pada Hino RG / RK8 varian manual, baut roda yang diaplikasi hanya berjumlah 8 tiap rodanya.. sedangkan pada varian Matic ini sama persis seperti bus – bus keluaran Mercedes – Benz, menggunakan 10 baut.
salah satu bus Hino milik CTU bertransmisi Matic (?) 🙄 terlihat lubang baut di dof roda depan berjumlah 10
Dari City Trans Utama (CTU), penulis ingat ada dua unit Bus Hino mereka yang mengaplikasi transmisi otomatis, diantaranya adalah CTU 16 berbalut karoseri RS Evo dan CTU 30 berbalut karoseri Laksana Legacy yang menggunakan Mesin Hino RK8-JSK (R260) spesifikasi mesin sama dengan varian manual, menggunakan J08E-UF yang menelurkan tenaga hingga 260 Hp, namun Transmisinya saja yang sudah otomatis.
Baca Juga :
Mengenal Varian Mesin dan Chassis Bus Hino RK Series, Inilah Ciri – Cirinya!
Isuzu LT 1, Penantang Baru MB OH 1526 dan Hino RK8 Di Indonesia
Nissan Diesel, Profil Mesin Bus “Pelari” Yang Tidak Terlalu Terdengar Namanya Di Indonesia
Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ?
Karakter? Varian Hino matic ini berkarakter khas sama dengan mobil matic kebanyakan.. Akselerasi bawah bisa dibilang tidak segesit varian manual. Namun ketika sudah berada di putaran atas, maka akan terasa menyenangkan. Perpindahan giginya sendiri cenderung terjadi di putaran yang lumayan tinggi karena menggunakan transmisi matik ini.. Bus sama sekali tidak kehilangan torsi kala menanjak, hanya memang konsekuensi dari transmisi matic ini adalah konsumsi bbm yang sedikit lebih boros dibanding varian manual.
jajaran armada Hino CNG lorena 🙄
Oya, tidak hanya untuk bus luar kota, khususnya di Kota Jakarta pun kita bisa menemukan varian bus hino bertransmisi otomatis yang dioperasikan oleh Transjakarta. Tipe yang digunakan adalah bus Hino RK1JSNL CNG, digunakan salah satunya oleh Ekasari Lorena Transport yang juga termasuk salah satu operator dari Transjakarta. Bus ini menggunakan Gas sebagai bahan bakarnya.
spesifikasi hino RK1JSNL CNG 🙄
Bahkan kabarnya, ada beberapa armada PO. Arimbi yang menswap mesin CNG bertransmisi otomatis ini ke chassis Hino AK dan RK mereka. Joss.. sepertinya memang lumayan karena Arimbi sendiri trayeknya lebih banyak menggunakan jalan tol.
Tertarik mencoba perjalanan jauh dengan Hino matic? selamat berburu. 😀 (imt)
foto :bismania, CTU
- Blognya tetap, tapi alamatnya ketik imotorium.com saja ya
- Malaysia Cabut Dari Kalender F1 Mulai 2019, Lebih Memilih Fokus Ke MotoGP !!
- Unleash Your Engine To The Max !!! Pertamax Turbo Resmi Hadir di Bali
- Mewahnya Suasana Soft Launching Pertamax Turbo Di Kamandalu, Ubud, Bali.
- Komparasi Bus Hino RK8 R260 Versus Mercedes – Benz OH 1526, Mana Yang Lebih Baik?
- IMOS 2016 : Honda CBR250RR Laris Manis Nih.. Juozzz
- Honda WR-V Resmi Launching, Saingan Berat Yaris Heykers nih !!
pertamax
SukaSuka
Busway aya telolet na teu 😂
SukaSuka
wkwkwkwk, teu aya coy, kuduna aya pan jalur transjakarta loba nu nyerobot
SukaSuka
Agak sedikit koreksi ya.. Unit Hino MGI (body Mayasari Utama) yang baut 10 itu diproyeksikan untuk ikut tender Transjakarta, namun tidak tahu kenapa akhirnya enggak jadi.
Hino AT maupun MT sama saja jumlah baut roda nya. Kalau RK 8 ya 8 baut, kalau RN ya 10 baut.
PS :
RK dan RN transmisi otomatis baru dipasarkan secara umum mulai tahun ini. Sebelumnya hanya ditawarkan sebagai opsional belaka/modifikasi dari pihak customer. Dulu seringnya digunakan untuk Transjakarta (Operator : Primajasa, Lorena dan beberapa Trans Batavia)
SukaSuka
joss koreksinya, suwun bro
SukaSuka
jooosss http://macantua.com/2016/01/13/puzzle-otomotif-modifikasi-minimalis-kaki-kaki-all-new-cb150r/
SukaSuka
Hayang atuh di traktir numpak Hino matic hahahahahaa http://sakahayangna.com/2016/01/12/modifikasi-minimalis-satria-fu-livery-bus-sumber-kencono/
SukaSuka
ka bandung coy..
SukaSuka
Hayu atuh
SukaSuka
ratau naik bus.. heheh
SukaDisukai oleh 1 orang
mosokkk
SukaDisukai oleh 1 orang
bagi Tolelotnya om.. 😀
SukaSuka
Kalau yg CNG itu unit baru setelah sekian lama ga diproduksi….
SukaSuka
wah ada bos hino
SukaSuka
Oia baut 10 itu punya RN yang airsus. Coba aja check ada bantalan karet dibawahnya biasanya. Maen sini liat rangkanya banyak hahahha
SukaSuka
RN berarti ya? itu makanya untuk MGI masih diberi (?) soalnya juga ngga tau pasti apa tipe yang dipakai..
kalau yang CTU infonya sih pakai RK8 R260 yang dimodifikasi transmisinya jadi matic pakai Allison Transmission (?)
SukaSuka
Kalau baut banyak RN, dan kalau ga salah cuma itu yg 10 baut (maklum banyak katasikinya). Kalau swap transmisi mungkin dilakukan sama pihak sales kali ya….
SukaSuka
Keren uey…
SukaSuka
sinjay blm ada yg pake?
sinjay khan beli bus hino langsung dari jepang?
SukaSuka
ulasannya mantap bor
salam bismania..http://www.autoreviewmobil.com/2016/01/inilah-fitur-toyota-all-new-fortuner-2016.html
SukaSuka
makasih mas bro. salam bismania 😀
SukaSuka
[…] Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia […]
SukaSuka
[…] Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia […]
SukaSuka
[…] Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia […]
SukaSuka
[…] Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia […]
SukaSuka
[…] Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia […]
SukaSuka
[…] Readers, beberapa momen ini penulis sering sekali menggunakan bus yang memiliki salah satu pool di daerah cililitan, dikarenakan lokasinya dekat dengan kost penulis dan armadanya pun terjadwal. Primajasa, sebuah PO yang masih berkeluarga dengan Mayasari Bakti ini konsisten sejak 1990-an melayani dengan armada busnya yang semuanya saat ini menggunakan chassis dan mesin dari pabrikan ternama jepang, Hino. […]
SukaSuka
[…] Readers, beberapa momen ini penulis sering sekali menggunakan bus yang memiliki salah satu pool di daerah cililitan, dikarenakan lokasinya dekat dengan kost penulis dan armadanya pun terjadwal. Primajasa, sebuah PO yang masih berkeluarga dengan Mayasari Bakti ini konsisten sejak 1990-an melayani dengan armada busnya yang semuanya saat ini menggunakan chassis dan mesin dari pabrikan ternama jepang, Hino. […]
SukaSuka
[…] Readers, beberapa momen ini penulis sering sekali menggunakan bus yang memiliki salah satu pool di daerah cililitan, dikarenakan lokasinya dekat dengan kost penulis dan armadanya pun terjadwal. Primajasa, sebuah PO yang masih berkeluarga dengan Mayasari Bakti ini konsisten sejak 1990-an melayani dengan armada busnya yang semuanya saat ini menggunakan chassis dan mesin dari pabrikan ternama jepang, Hino. […]
SukaSuka
[…] Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia […]
SukaSuka
[…] Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia […]
SukaSuka
[…] Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia […]
SukaSuka
[…] Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia […]
SukaSuka
[…] murah di kelasnya. Tidak heran begitu banyak PO yang memilih hino, salah satu yang menjadi flagship Hino di Indonesia sekarang adalah RN […]
SukaSuka
[…] Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia […]
SukaSuka
[…] lumayan minimalis. Terlihat instrumen kemudi dari Mercedes OC 500 RF 2542 yang bertransmisi Automatic, driver hanya cukup memainkan kaki kanan untuk mengatur gas dan rem kala mengemudikan bus ini.. Di […]
SukaSuka
[…] Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia […]
SukaSuka
[…] bila melihat dari jauh akan langsung menjudge bahwa body bus Haryanto yang menggunakan Chassis Hino RK8 R260 ini mengaplikasi body Jetbus Setra HD buatan AdiPutro. Ya, karena memang mirip sekali. […]
SukaSuka
[…] PO. Haryanto kini dominan menggunakan chassis Mercedes OH Series (1521, 1525, 1526, 1830) dan Hino RK8 sebagai Armadanya dengan body buatan beberapa karoseri besar seperti Adiputro dengan Jetbus HD, […]
SukaSuka
[…] adalah salah satu dari sekian merk tenar lainnya seperti Mercedes-Benz, Hino, Toyota yang kini mengisi slot – slot bus Transjakarta. Scania yang diajak mejeng di arena […]
SukaSuka
[…] asal pulau Dewata. Armada Gunung Harta sendiri didominasi dari bus keluaran pabrikan Hino (AK, RG, RK8), Mercedes-Benz (OH 1521, 1525, 1526, 1626, 1836), Scania (K360) dan Golden Dragon. Karoseri bus […]
SukaSuka
[…] Chassis sebut saja yang digunakan sekarang mulai dari Mercedes – Benz (OH 1526, 1626, 1836), Hino (RK8, RN285) , Volvo (B7R) , dan Scania (K310, K360, K380). Kelas yang ditawarkan juga beragam […]
SukaSuka
[…] Bicara soal pelayanan dan armada yang digunakan, pasti mengangguk bila Pahala Kencana tidaklah bermain pada bus kelas ekonomi, namun mulai dari kelas bisnis, VIP, Executive dan Super Executive. Kekuatan armadanya kini sudah mencapai 300-an unit bus, yang diisi oleh 2 merk raksasa Mercedes – Benz (1521, 1525, 1526, 1626, dan 1830) dan Hino (RK8, RG). […]
SukaSuka