jump to navigation

Mengenang Perkasa (Texmaco), Pabrikan Chassis dan Mesin Bus Asli Indonesia 4 Februari 2016

Posted by imotorium in Bus, Eksperimen, Factory, History, Mobil.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

restu ibu mesin perkasa

Di artikel sebelumnya tentang karoseri restu ibu ada penampakan unik dari bus milik Ponpes Mahad Al-Zaytun, yang mana bus berwarna hitam tersebut menggunakan mesin bus perkasa, pasti bagi readers agak terdengar asing bukan? apa itu perkasa? baru tau ada merk bus tersebut.. Yap, Perkasa adalah salah satu merk asli Indonesia khususnya dalam produksi kendaraan – kendaraan niaga seperti Bus dan Truk.perkasa bus

Bus Perkasa B 07 B dengan balutan karoseri Rahayu Santosa Millenium

Namanya sendiri mengartikan sebuah kekuatan, Perkasa.. Chassis dan Mesin bus ini diproduksi PT. Wahana Perkasa Auto Jaya, yang mana ini adalah perusahaan yang bernaung dibawah grup Texmaco. Mulai produksi pasca orde baru pada tahun 1999 dengan membuat truk, dan Pada 2001 akhirnya turut serta memproduksi varian kendaraan Bus.

perkasa b 07 a

Bus Perkasa B 07 A dengan karoseri Rahayu Santosa Millenium milik TNI – AL

Bus Perkasa ini diproduksi dalam 3 tipe, 1 mesin depan dengan Kode B 07 A, dan mesin belakang dengan kode B 07 B, B 07 Bi, B 07 BiS untuk mesin yang sudah dilengkapi dengan Turbo Intercooler. semua varian bus besar produksi perkasa menggunakan Mesin yang berlisensi dari Steyr Motors GmbH, yang berpusat di Austria, tipe WD612 konfigurasi inline 6 silinder sebesar 6.500 cc dengan output tenaga 195 PS (untuk tipe B 07 A dan B 07 B) 220 PS untuk tipe B 07 BI, dan 240 PS untuk tipe BiS, dan mesin ini juga pada 1997 sudah lolos uji emisi Euro 2 di Eropa.

Baca Juga :

Mengenal Volvo B7R, Bus Bertenaga Besar Asal Swedia Yang Masuk Ke Indonesia

Kisah Mitsubishi BM, Bus Chassis Mesin Depan Legendaris Andalan Mitsubishi

Nissan Diesel, Profil Mesin Bus “Pelari” Yang Tidak Terlalu Terdengar Namanya Di Indonesia

Mengenal Bus Scania Bermesin Depan Di Indonesia, Scania F Series

perkasa steyr 612

Mesin Steyr 612

Perkasa lantas memboyong mesin ini untuk dirakit dengan Chassisnya di Purwakarta, dan dikombinasi dengan transmisi produksi pabrikan ZF yang pernah penulis bahas sebelumnya di Artikel PO. SAN, yang mana transmisi yang diimpor dari Jerman ini dipercaya untuk Bus Perkasa seri A (depan) dan B (Belakang). Tipe transmisi yang disematkan adalah ZF6s-680 yang berkarakter short – ratio, dan untuk mesin yang menggunakan Turbo Intercooler Perkasa menyandingkannya dengan ZF6S-90 yang memiliki rasio gigi lebih panjang.

perkasa 4

Perkasa B 07 A Chassis

perkasa brosur

Sumber Alam juga mempercayakan Perkasa sebagai armadanya 🙄

Untuk urusan chassis dan rem, Perkasa juga tidak setengah -setengah, Chassis sendiri terdiri dari dua varian dengan panjang 11.325 mm untuk mesin depan dan 11.675 mm untuk varian mesin belakang. Wheelbase 5.800 mm (A, mesin depan) dan 6.000 mm (B), hampir serupa dengan wheelbase Hino RG. dilengkapi dengan Gandar depan – belakang produksi pabrikan Eaton yang berasal dari Amerika. Yang mana dalam spesifikasinya, gandar depan mampu menahan beban seberat 7.725 Kg dan untuk belakang mampu menahan hingga 10,5 ton. Piranti penghenti laju kendaraanpun dipercayakan pada sistem full air brake S-Cam, yang mana tromolnya memiliki diameter 419 mm x 160 mm.

perkasa 1

prestasi Perkasa yang berhasil mengekspor produknya

perkasa_militer

Truk militer buatan perkasa

perkasa truk

Desainnya garang 🙄

Namun, perjalanan Perkasa di Indonesia tidak begitu manis, tidak banyak Perusahaan Otobus yang berminat menggunakan perkasa dalam jajaran armadanya, Tercatat hanya sedikit PO yang pernah menggunakannya, diantaranya yaitu Sumber Alam yang memilikinya sebanyak 20 unit, Sinar Pasundan dan Purwo Widodo. Selebihnya dipercaya sebagai armada transportasi pada Instansi – Instansi Pemerintah seperti TNI, dan selebihnya diekspor ke negara – negara luar.

perkasa sumber alam

Salah satu armada Perkasa B 07 B berkaroseri Laksana milik PO Sumber Alam 🙄

perkasa 2

Dashboard Perkasa B 07 B, simple sekali

perkasa 3

Perkasa B 70 Bi milik Sinar Pasundan

Sayangnya pabrikan yang berlokasi di desa Karangmukti, Subang ini sempat mengalami beberapa kendala, masalah finansial, dan berbagai intervensi akhirnya membuat mereka tidak bisa memaksimalkan produksinya. Dan kini Perkasa sudah berhenti produksi sejak 2004, dan hanya mengerjakan produk bila ada pesanan saja. Walau pabriknya sendiri masih ada, dan beruntung mang arul ndesoedisi yang sekolah di STT Texmaco pernah menginjakkan kaki ke dalam lokasi Pabrik Wahana Perkasa Auto Jaya pada 2007 bersama AAL Surabaya yang sedang mengadakan studi banding , yang mana menurutnya kondisinya sangat memprihatinkan, banyak mesin, prototype dan sisa – sisa produksi ditinggalkan begitu saja.

sasis bus perkasa

terlihat di belakang chassis bus yang terbengkalai ini ada prototype kendaraan militer berjenis jeep 😦

Sungguh sayang sekali, apa Pemerintah sekarang mau perduli dan kembali menghidupkan si “Perkasa” ini? Wallahu’alam 😦

Semoga bermanfaat. (imt)

foto : ndesoedisi, google, bismania

Komentar»

1. Budi Santoso - 4 Februari 2016
imotorium - 4 Februari 2016

yang di kendal itu pabrik produksi sparepartnya

Suka

Budi Santoso - 4 Februari 2016

ooo

Suka

imotorium - 4 Februari 2016

tapi lebih jelasnya mang arul ndesoedisi yang lebih ngerti 😛 rumahnya tepat depan pabrik texmaco kok, yang di purwakarta itu :mrgreen:

Suka

Budi Santoso - 4 Februari 2016

sip

Suka

Sing Indo - 5 Februari 2016
Alki Rahmatullah - 4 Februari 2016
ndesoedisi - 4 Februari 2016

di Kaliwungu itu untuk Casting, soalnya blok mesin kan didatangkan dari sana 🙂

Disukai oleh 2 orang

imotorium - 4 Februari 2016

nah.. pakarnya Texmaco datang :mrgreen:

Suka

ndesoedisi - 4 Februari 2016

wah maaf mbah, saya bukan pakarnya, cuma pernah tau aja… kalo pakarnya itu yang dulu tergabung di ISTAT (Ikatan Sarjana & Tenaga Ahli Texmaco) 😀

Suka

2. alief - 4 Februari 2016

Sudah ku duga..pasti berujung mengenaskan..

Suka

imotorium - 4 Februari 2016

pemerintahnya ngga mensupport kreasi anak bangsa… malah terkesan menjegal dengan “mengandangkan” si Perkasa ini.. miris 😦

Suka

3. Mase - 4 Februari 2016

Sumber Alam iki markase cerak omahku

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 4 Februari 2016

kutoarjo kan, aku sering tapi cuma lewat tok… belum pernah kedalamnya

Suka

Mase - 4 Februari 2016

Iya mas bro

Disukai oleh 1 orang

4. gaplek mania - 4 Februari 2016

nunggu calon presiden yg mau poto2 dulu baru idup lagi hahaha

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 4 Februari 2016

wkwkwkkk, narsis dulu, besok baru rame XD

Suka

5. ndesoedisi - 4 Februari 2016

sebenarnya bukan pernah menginjakkan kaki, tapi memang kuliah & pertama kerja di STT Texmaco (2001-2010) jadi ya dulu setiap hari masuk ke kawasan Texmaco 😀

Disukai oleh 1 orang

6. Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Restu Ibu | imotorium - 4 Februari 2016

[…] tapi itu sangat jarang sekali.. adapun dari salah satu rekan bismania menshare foto bus bermesin perkasa menggunakan Body RI […]

Suka

7. ndesoedisi - 4 Februari 2016

Reblogged this on Ndesoedisi and commented:
Ndesoedisi.com-mengingat kembali Bus Perkasa yang diproduk oleh PT. Texmaco, kali ini Nde reblog sebuah artikel yang dibuat oleh Om Alfie Aditya (imotorium.com)

Disukai oleh 1 orang

8. ndesoedisi - 4 Februari 2016
imotorium - 4 Februari 2016

woh jemuran basah :mrgreen:

Suka

ndesoedisi - 4 Februari 2016

basah itu asyik 😀

Suka

9. echon - 8 Februari 2016

kesian ahh,,ngenes, miris tiap baca artikel potensi gemilang anak bangsa yg dikebiri gini..

Kalo udah bisa ciptain karya ginikan pasti ada hak patennya ya, kira” gmn ya nasibnya?apa dijual?

Suka

10. Mengenal Mercedes-Benz OH 1525, Pelopor Electrical Engine Management Dari Bus Mercedes Di Indonesia | imotorium - 11 Februari 2016

[…] Mengenang Perkasa (Texmaco), Pabrikan Chassis dan Mesin Bus Asli Indonesia […]

Suka

11. Mengenal Ban Bias dan Radial Yang Digunakan Pada Bus | imotorium - 12 Februari 2016

[…] Mengenang Perkasa (Texmaco), Pabrikan Chassis dan Mesin Bus Asli Indonesia […]

Suka

12. Cara Mengidentifikasi Tipe, Merk, Dan Mesin Bus Yang Kita Naiki | imotorium - 12 Februari 2016

[…] Mengenang Perkasa (Texmaco), Pabrikan Chassis dan Mesin Bus Asli Indonesia […]

Suka

13. Mengenal Bus Scania Bermesin Depan Di Indonesia, Scania F Series | imotorium - 15 Februari 2016

[…] Mengenang Perkasa (Texmaco), Pabrikan Chassis dan Mesin Bus Asli Indonesia […]

Suka

14. Bus Nekat Melawan Arah Di Lintas Pantura Berseparator, Lah Polisinya Kemana?? | imotorium - 6 Maret 2016

[…] Mengenang Perkasa (Texmaco), Pabrikan Chassis dan Mesin Bus Asli Indonesia […]

Suka

15. Mengenal Si Legendaris Mercedes – Benz OF 1113, Bus Mesin Depan Mercedes Di Indonesia | imotorium - 9 Maret 2016

[…] Mengenang Perkasa (Texmaco), Pabrikan Chassis dan Mesin Bus Asli Indonesia […]

Suka

16. Mengenal Scania K250UB, Bus Yang Akan Menggantikan Keberadaan Metromini dan Kopaja | imotorium - 12 Maret 2016

[…] Mengenang Perkasa (Texmaco), Pabrikan Chassis dan Mesin Bus Asli Indonesia […]

Suka

17. Mercedes – Benz OH 1521 E III, Penerus Sang Legenda Si “Intercooler” OH 1521 | imotorium - 15 Maret 2016

[…] Mengenang Perkasa (Texmaco), Pabrikan Chassis dan Mesin Bus Asli Indonesia […]

Suka

18. Mengenal Hino RN 285, Flagship Bus Hino Di Indonesia Saat Ini | imotorium - 17 Maret 2016

[…] Mengenang Perkasa (Texmaco), Pabrikan Chassis dan Mesin Bus Asli Indonesia […]

Suka

19. Mas Sayur - 20 Maret 2016

Truk Perkasa masih sering saya jumpai di Kodam XVII dan Rindam XVII Cendrawasih,mbah…

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 20 Maret 2016

iya mas, untuk TNI truk ini masih diandalkan. soalnya kuat 😀

Suka

20. Scania K410, Triple Axle Sekaligus Flagship Scania di Indonesia. Rival Berat Mercedes OC 500 RF 2542 | imotorium - 24 Maret 2016

[…] Mengenang Perkasa (Texmaco), Pabrikan Chassis dan Mesin Bus Asli Indonesia […]

Suka

21. Impresi Singkat Bus Blue Star OH 1632 Di IIBT 2016, The One and Only Mercedes – Benz OH 1632 Di Indonesia | imotorium - 5 April 2016

[…] Mengenang Perkasa (Texmaco), Pabrikan Chassis dan Mesin Bus Asli Indonesia […]

Suka

22. Verrel Richardo - 30 April 2016

Request Inobus sama Komodo min…

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 30 April 2016

siap mas, ditunggu ya 😀

Suka

23. sisil - 5 Agustus 2016

Hahahaa…nangis ane denger Perkasa. Babe ane setengah hidupnya untuk Perkasa sampai akhir hayatnya. MAsuk Texmaco taon 1984 sampai beliau meninggal taon ini masih setia di casting-nya Texmaco Kaliwungu Kendal.
Dulu jaman masih ada semacam buletin khusus Texmaco yg mengulas kemampuan dan sejarah Texmaco, promo si Macan, Carnesia…Ah…
Seribu cerita tentang Texmaco bagi ane..

Disukai oleh 1 orang

fiesta7 - 2 Oktober 2016

Itulah, memang kejam politik dagang di negara kita ini.. Potensi anak bangsa malah diabaikan.. Lebih memihak kepada yang punya invest besar.. Kapan ya pemerintah sadar diri

Disukai oleh 1 orang

24. mm - 29 Agustus 2016

mari kita bantu hidupkan texmaco lagi

Disukai oleh 2 orang

imotorium - 3 Oktober 2016

semoga bisa amiiin

Suka


Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: