jump to navigation

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trisakti 22 Februari 2016

Posted by imotorium in Bus, History, Karoseri, Pabrikan Karoseri.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

trisakti 1

Readers, saat ini khususnya di beberapa kota besar di Indonesia pasti tidak asing lagi dengan bus intercity ataru dikenal juga dengan busway, dan baru – baru ini mengalami penyegaran armada. Baik itu di Kota Jakarta, Bandung dan Kota – Kota besar lainnya. Seperti salah satu yang mudah kita temui adalah Armada Hino RK8 yang dioperasikan TransJakarta yang menggunakan Body Trisakti Ultima.

trisakti skyliner 2

varian skyliner produksi trisakti 🙄

Awal mulanya karoseri Trisakti ini didirikan oleh Bp. Widodo pada tahun 1983 di Jl. Raya Magelang – Purworejo Km 10, Tempuran, Magelang, Jawa Tengah. Fokusnya dalam body manufacturing bus mengantarkan Trisakti sukses menyebarkan produknya ke seantero Indonesia. Banyak tipe body bus yang telah diproduksi oleh Trisakti. Dan penggunanya pun banyak dari berbagai PO.

salah satu varian paling sukses yang pernah dibuat oleh Trisakti adalah varian Old Setra, yang mana banyak sekali PO yang menggunakannya. Varian ini memiliki perbedaan yang besar dibandingkan varian setra produksi Karoseri lain seperti Adiputro (setra), Laksana (comfort), dan Tugas Anda. Varian setra milik Trisakti ini jika diteliti jendela samping bus mulai dari depan hingga belakang sama ratanya hanya ditambahkan selempang samping saja. Satu ciri khas yang unik dari Setra Trisakti ini adalah diaplikasinya spoiler pada ekor bus. Menambah kesan sporty walau hampir tidak berpengaruh pada aerodinamika.

Baca Juga :

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trijaya Union

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri German Motor Manufacturing (GMM)

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Rahayu Santosa

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Morodadi Prima

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Adi Putro

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Restu Ibu

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri New Armada

Trisakti juga bisa dibilang karoseri pelopor dalam memproduksi bus double decker era modern di Indonesia. Jauh sebelum hingar bingar Double Decker yang kini mulai digunakan oleh beberapa bus AKAP. Produk tersebut adalah bus wisata milik Kota Solo yang dikenal juga dengan nama Werkudara. Bus ini dirilis pada april 2012 🙄

Kini arah desain Trisakti kebanyakan cenderung membuat bus untuk segmen menengah saja. Namun ada beberapa model yang dirasa penulis sangat cocok untuk dijadikan body bus kelas eksekutif ke atas seperti Joybus. Tercatat beberapa PO pengguna setia Karoseri Trisakti diantaranya adalah PO Santoso, PO Ramayana, Perum Damri dan masih banyak lagi.

Untuk medium bus, produk trisakti saat ini bisa dibilang menguasai. Salah satu produk terbarunya adalah Trisakti legend, dan masih ada lagi tipe-tipe lainnya, yang bisa ditemui dengan mudah. Trisakti kini semakin berkembang terbukti dengan didukung oleh 300 karyawan dan tenaga ahli serta area produksi yang kini menempati lahan seluas 20.000 meter persegi. Karoseri Trisakti mampu menggeber produksi hingga 500 unit bus per tahun.

Semoga bermanfaat. (imt)

foto: google, haltebus

Komentar»

1. FЭЯY - 22 Februari 2016
imotorium - 22 Februari 2016

aya nu ka wonosobo.. banjarsari ge aya 😎

Suka

FЭЯY - 22 Februari 2016

Cikorong nu anyar body na oge aya

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 22 Februari 2016

nu kamari maneh tumpakan lain?

Suka

FЭЯY - 22 Februari 2016

Heueuh… bolak balik ge numpak body anyar

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 22 Februari 2016

joss, pasti cepat nepi nya XD

Suka

FЭЯY - 22 Februari 2016

Balikeun nu tereh nepi mah cuma 4,5 jam,eta teh gs macet parah di malangbong gara gara aya pj tabrakan+eureun di ropitut 😂😂😂

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 22 Februari 2016

meser tahu moal XD

Suka

FЭЯY - 22 Februari 2016

Najis sieun weureu kawas ngadmin imotoriumtelolet.com 😂😂😂

Suka

2. echon - 22 Februari 2016

om boleh request lagi buat artikel lainnya?
saya masih awam, sering bingung soal perkaroserian ini. khususnya serinya, seperti yg disebut diatas tadi, “setra” Trisakti berbeda dengan “setra” karoseri lain.

nah base model seri setra ini dari mana?

jadi mungkin bisa gitu dibuatkan artikel sejarah permodelan karoseri ini. trus sekalian tampilkan design tiap karoseri masing2 pada tiap model serinya,,hehe

joss terus buat tulisan2nya omm..

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 22 Februari 2016

Wah mantap mas masukannya, iya banyak karoseri lokal yang berkiblat pada body produksi pabrikan ternama. saya kumpulin bahan artikel dulu nih, ditunggu ya mas. makasih banyak lhoo 😀

Suka

echon - 22 Februari 2016

juoss,,mantab respone, pasti dong om imoo

Suka

3. awansanblog - 22 Februari 2016

sering naik bis karoseri trisakti, entah kenapa aku ngrasa kualitasnya nggak sesolid karoseri lain, cederung lebih berisik aka grombyangan lol:

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 23 Februari 2016

kualitas sesuai harga sih mas 😀 sesuai spek yang PO minta..

Disukai oleh 1 orang

awansanblog - 23 Februari 2016

Bisa jadi, tapi biasane pembeda spek cuman fitur/fasilitas kan ya, kalo rancang bangun karoseri harusnya standar

Disukai oleh 1 orang

4. yudika - 1 Maret 2016

kalo bisa ulasin karoserinya sks bus nya yg punya malaysia dong,penasaran nih apalagi dah banyak di export ke luar malaysia, india,nepal, thailand terutama sks yg type e5,saya pengen tau nih

Disukai oleh 1 orang

5. Efisiensi Adi Putro Jetbus 2+ SDD, Akhirnya Mengaspal Juga | imotorium - 18 Maret 2016

[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trisakti […]

Suka

6. IIBT 2016 : Impresi Bus New Armada Evolander, Audionya Mantap!!! (+Galeri Foto) | imotorium - 30 Maret 2016

[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trisakti […]

Suka

7. IIBT 2016 : Impresi Bus Double Decker New Armada Highlander, Elegan dan Nyaman (+Galeri Foto) | imotorium - 31 Maret 2016

[…] menjadi tren baru semenjak awal kebangkitannya kembali melalui produk Double Deck dari karoseri Trisakti dan Nusgem era 2011 – 2013 an, yang kemudian diikuti kembali oleh dirilisnya Jetbus 2+ SDD […]

Suka

8. IIBT 2016 : Impresi Bus Double Decker New Armada Highlander, Elegan dan Nyaman (+Galeri Foto) Part 2 | imotorium - 31 Maret 2016

[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trisakti […]

Suka

9. IIBT 2016 : Impresi Bus Kembaran Jetbus HD Setra, Zeppelin !! Karya Karoseri Gunung Mas | imotorium - 8 April 2016

[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trisakti […]

Suka

10. Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tugas Anda | imotorium - 7 Agustus 2016

[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trisakti […]

Suka

11. Sejarah Karoseri Ternama di Indonesia, Karoseri Cipta Karya | imotorium - 10 Oktober 2016

[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trisakti […]

Suka

12. Rahayu Santosa Jetliner Double Deck Bertenaga Mercy 2542 Sudah Mengaspal, Joss Tenan !!! | imotorium - 8 November 2016

[…] – Absen dulu, setelah lahirnya era Double Deck modern yang diawali oleh karoseri Trisakti dengan bus kota Werkudara pada 2011 an.. kemudian diikuti lahirnya Double Deck yang dibuat oleh […]

Suka


Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: