jump to navigation

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Mayasari Utama 17 Februari 2016

Posted by imotorium in Bus, History, Karoseri, Pabrikan Karoseri.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

GMM-Mayasari Utama RMB

Readers, siapa yang tidak kenal khususnya bagi warga ibukota dengan bus Mayasari Bakti? Iya, Perusahaan jasa transportasi swasta yang masih sekeluarga dengan Primajasa grup ini konsisten sejak dahulu menyediakan armada bus  khususnya bus kota. Salah satu ciri khasnya adalah Mayasari hampir selalu menggunakan body bus produksi sendiri, yang diproduksi oleh Mayasari Utama.

mayasari utama 10 

salah satu produk awal dari Mayasari Utama 🙄

Tidak hanya Mayasari saja, Primajasa pun banyak menggunakan body buatan Mayasari Utama ini baik untuk bus kota transjakarta, bus AKDP, bahkan AKAP. Mayasari Utama berdiri medio 1970 – 1980an dan kala itu memproduksi body khusus keperluan armada bus kota Mayasari.

Baca Juga :

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trijaya Union

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri German Motor Manufacturing (GMM)

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Rahayu Santosa

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Morodadi Prima

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Adi Putro

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Restu Ibu

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri New Armada

Model yang digunakan juga termasuk simple, tidak banyak aksesoris melekat pada body – body buatan Mayasari Utama ini. namun dari sekian produk Mayasari Utama ini, ada satu yang melegenda dan melekat di dalam ingatan terutama bagi penglaju yang rutin menggunakan Armada dari Primajasa atau Mayasari ini, yaitu adalah body Megatop.

mayasari utama 1

Body ini pada akhir 1990-an hingga 2000-an sempat menarik perhatian karena desain depannya yang seperti memiliki topi, dan memiliki jendela yang lumayan rendah sehingga penumpang dari dalam bisa leluasa melihat pemandangan diluar, body ini sendiri memiliki garis desain yang hampir serupa dengan starliner namun garis – garisnya lebih kaku. Dan masih ada lagi varian body ala travego yang mendominasi sebagian besar produk mayasari utama bahkan masih digunakan hingga sekarang, namun bagi penulis pribadi body travego ala MU ini memiliki kekurangan tersendiri, yaitu lantai kabin yang penulis rasa terlalu rendah, sehingga bila duduk di dalam body MU ini dapat dipastikan jendela samping akan sama tingginya dengan setengah kepala kita.

Berikut adalah beberapa varian yang pernah diproduksi MU :

Mayasari Utama kini belum menelurkan kembali produk terbarunya, terakhir selain travego MU juga menelurkan model Genesia , Body MU ini kebanyakan tidak memiliki penamaan namun diberi nama seperti itu karena memang secara garis desain ada kemiripan dengan body – body produksi produsen lain yang sudah ada sebelumnya.

Semoga berguna. (imt)

foto : google, bismania

Komentar»

1. lamik gemini - 17 Februari 2016

makin sering baca.. jadi pengen die castnya.. hehe

Suka

singindo - 17 Februari 2016
2. FЭЯY - 17 Februari 2016
imotorium - 17 Februari 2016

dedetelolet naha teu jieun bodi sorangan XD

Suka

FЭЯY - 17 Februari 2016

Ongkoh aya karoseri Manonjaya… tapi teu di kembangkeun pisan lah eta mah 😂

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 17 Februari 2016

spesialis reparasi bus ?

Suka

FЭЯY - 17 Februari 2016

Asa aya da nu jieun maneh na oge,aya asa na mah di busmania …tapi ager mayoritas na reparasi 😁😂

Suka

3. asep - 17 Februari 2016

Satu yg nggak disebut, di karoseri Mayasari dalam gambar AC 52A, divisi tekhnik biasa menyebutnya karoseri RMB (Rancangan Model Baru) dari induknya (megatop).

Suka

4. gibri - 18 Februari 2016

makin mantap aja nih isinya…

Suka

5. echon - 22 Februari 2016

juoss,,ada yang kelewatan ternyata,,haha

malah baru tau kalo mayasari itu karoseri juga, kirain cuma operator bus aja.

Disukai oleh 1 orang

6. Mengenal Karoseri “Equator” Spesialis Body Repair Bus Di Indonesia | imotorium - 1 Maret 2016

[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Mayasari Utama […]

Suka

7. Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Nusantara Gemilang (NusGem) | imotorium - 2 Maret 2016

[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Mayasari Utama […]

Suka

8. Mengenal PO. Primajasa, | imotorium - 3 Maret 2016

[…] non ac 2-3, ekonomi ac 2-3, bisnis ac 2 – 2, dan eksekutif 2 – 2 menggunakan Karoseri Mayasari Utama dan Rahayu Santosa Evo. Selain beroperasi dalam melayani trayek reguler AKDP dan AKAP, Primajasa […]

Suka

9. Mengenal PO. Primajasa, Si Putih Dominator DKI – Jawa Barat | imotorium - 3 Maret 2016

[…] non ac 2-3, ekonomi ac 2-3, bisnis ac 2 – 2, dan eksekutif 2 – 2 menggunakan Karoseri Mayasari Utama dan Rahayu Santosa Evo. Selain beroperasi dalam melayani trayek reguler AKDP dan AKAP, Primajasa […]

Suka

10. Mengenal PO. Primajasa, Keluarga Dari Mayasari Grup | imotorium - 3 Maret 2016

[…] non ac 2-3, ekonomi ac 2-3, bisnis ac 2 – 2, dan eksekutif 2 – 2 menggunakan Karoseri Mayasari Utama dan Rahayu Santosa Evo. Selain beroperasi dalam melayani trayek reguler AKDP dan AKAP, Primajasa […]

Suka

11. Mengenal Scania K250UB, Bus Yang Akan Menggantikan Keberadaan Metromini dan Kopaja | imotorium - 12 Maret 2016

[…] di jalur reguler non busway, bersama dengan bus – bus seperti metromini, kopaja dan bus – bus kota lainnya. Jika sudah begini diharapkan nantinya warga ibukota mau mengurangi penggunaan kendaraan […]

Suka

12. Efisiensi Adi Putro Jetbus 2+ SDD, Akhirnya Mengaspal Juga | imotorium - 18 Maret 2016

[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Mayasari Utama […]

Suka

13. IIBT 2016 : Impresi Bus New Armada Evolander, Audionya Mantap!!! (+Galeri Foto) | imotorium - 30 Maret 2016

[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Mayasari Utama […]

Suka

14. IIBT 2016 : Impresi Bus Double Decker New Armada Highlander, Elegan dan Nyaman (+Galeri Foto) | imotorium - 31 Maret 2016

[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Mayasari Utama […]

Suka

15. IIBT 2016 : Impresi Bus Double Decker New Armada Highlander, Elegan dan Nyaman (+Galeri Foto) Part 2 | imotorium - 31 Maret 2016

[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Mayasari Utama […]

Suka

16. IIBT 2016 : Impresi Bus Kembaran Jetbus HD Setra, Zeppelin !! Karya Karoseri Gunung Mas | imotorium - 8 April 2016

[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Mayasari Utama […]

Suka

17. Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tugas Anda | imotorium - 7 Agustus 2016

[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Mayasari Utama […]

Suka

18. joe - 26 Agustus 2016

dulu karoseri y di daerah cibubur dekat rumah sakit RSKO, suka lihat bis cuma sasis doang lg jalan deket kelurahan cibubur.

Disukai oleh 1 orang

19. Sejarah Karoseri Ternama di Indonesia, Karoseri Cipta Karya | imotorium - 10 Oktober 2016

[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Mayasari Utama […]

Suka


Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: