Kisah Mitsubishi BM, Bus Chassis Mesin Depan Legendaris Andalan Mitsubishi 4 Januari 2016
Posted by imotorium in Bus, Trip.Tags: BM, Budiman, Bumel, Bus, Bus Legendaris, Freont Engine, Fuso, Knalpot Melengking, Langsung Jaya, Legenda, Letupan Knalpot, Luragung, Mesin Depan, Mitsubishi, Rukun Sayur, Warga Baru
trackback
Salah satu armada Budiman Mitsubishi BM Pangandaran – Bandung yang masih bertahan
Kapan hari, Penulis sengaja memilih untuk menyambung armada bus untuk menuju kampung yang terletak di Ciamis, Jawa Barat.. Sengaja sih karena bosan jika harus naik armada yang langsung lewat depan rumah penulis.. Seringnya dapat armada yang “itu lagi – itu lagi” selama bertahun – tahun.. Pilihan saat itu jatuh kepada PO Budiman.. Naik dari Jakarta jurusan Tasikmalaya.. namun penulis memilih turun untuk transit di SPBU Gentong, yang mana menjadi favorit bagi kaum “transit-ers” untuk menuju kota – kota yang lebih timur lagi dari Kota Tasikmalaya.
Kala menunggu, tibalah bus Tujuan Bandung – Pangandaran. Akhirnya memilih naik itu saja dikarenakan busnya lumayan kosong. Seat 3-2 yang tidak bisa disetel sama sekali lumayan bisa dikuasai karena benar – benar sepi.. Pas diperhatikan ternyata.. oh mesinnya Mitsubishi.. mesin depan pula.. yawis.. lanjutt
Perjalanan selama 2 jam dilalui dengan santai.. Mitsubishi BM ini selama perjalanan lumayan “bone-shaking” ternyata perbedaannya lumayan terasa dibandingkan jika kondisi bus terisi penuh.. Karakter khas dari bus – bus bermesin depan.. shockbreaker lebih stiff sengaja diberikan biasanya dikarenakan bus menopang beban yang lumayan besar dibagian depan.
Kemudi Mitsubishi BM 117 L, begitu sederhana.. speedometer tanpa takometer menjadi khas Mitsubishi BM
Gear demi gear coba dilalui.. karakter mesin yang cepat menyalak alias rasio gigi yang pendek juga jadi ciri khas dari Mitsubishi BM ini.. Suaranya sih seru bagi penulis, namun jika menempatkan diri sebagai “penumpang” penulis bilang bus seperti ini kurang nyaman.. lebih nyaman yang bermesin belakang.. karena berisik mesin tadi… juga ada bau khas diesel yang amat terasa..
Mitsubishi BM Short Chassis 🙄
Baca Juga :
Nissan Diesel, Profil Mesin Bus “Pelari” Yang Tidak Terlalu Terdengar Namanya Di Indonesia
Cara Mengidentifikasi Merk dan Tipe Bus Yang Beredar Di Indonesia – Hino AK8
PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga.
PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam
Mengenal PO Budiman, Penguasa Jalur Selatan Jawa Barat
Akhirnya setelah sukses tidur – tidur ayam.. bus ternyata sudah mendekati tujuan penulis.. yasudah bersiap – siap.. lantai bordes yang beberapa sisinya termakan karat menjadi pandangan mata penulis.. Hebat juga si tua Mitsubishi BM ini.. bukan sembarang mesin.. apalagi rute Selatan jawa barat yang terkenal dengan pegunungannya.. bisa dilahap juga.. Selama ini penulis agak salah menilai bahwa bus mesin depan kurang cocok di rute – rute seperti ini.. rupanya tidak juga… hanya iya satu hal tadi.. Kurang nyaman bantingannya.
kebanyakan kini jadi bumel
Kini Mitsubishi BM semakin langka keberadaannya.. Di era tahun 90-an hingga tahun 2000an Kramayudha Tiga Berlian (KTB) berhasil memasarkan 2.791 unit. Bahkan ironisnya pada 1999 KTB meluncurkan seri BM117N, dan hanya mampu terjual 12 unit saja. Kini seiring waktu unitnya banyak tergantikan oleh Hino AK8 yang mana kini juga menjadi satu – satunya Chassis Bus bermesin depan yang masih laris dijual di Indonesia.. Entah apa Mitsubishi mau kembali mengembalikan kejayaannya seperti dahulu.. di medio 1990-an.. yang mana kala itu khas dengan suaranya yang melengking.. (imt)
foto : google, bismania
- Blognya tetap, tapi alamatnya ketik imotorium.com saja ya
- Malaysia Cabut Dari Kalender F1 Mulai 2019, Lebih Memilih Fokus Ke MotoGP !!
- Unleash Your Engine To The Max !!! Pertamax Turbo Resmi Hadir di Bali
- Mewahnya Suasana Soft Launching Pertamax Turbo Di Kamandalu, Ubud, Bali.
- Komparasi Bus Hino RK8 R260 Versus Mercedes – Benz OH 1526, Mana Yang Lebih Baik?
- IMOS 2016 : Honda CBR250RR Laris Manis Nih.. Juozzz
- Honda WR-V Resmi Launching, Saingan Berat Yaris Heykers nih !!
- MotoGP : Statistik Crash Pembalap 2016, Rossi Crash 4x Sepanjang Musim, Marquez 16x !!
- Rahayu Santosa Jetliner Double Deck Bertenaga Mercy 2542 Sudah Mengaspal, Joss Tenan !!!
- IMOS 2016 : Launching Suzuki GSX-S150 Beserta Detailnya.. Jozz Banget !!
mantappss..
SukaSuka
Pakarnya neh
http://singindo.com/2016/01/04/rica-tri-handayani-dokter-asal-lampung-yang-hilang-bersama-balitanya-di-yogja/
SukaDisukai oleh 1 orang
Aya Telolet na teu nu kieu 😂 http://sakahayangna.com/2015/12/27/modifikasi-honda-cbr-150-cbu-ala-scrambler/
SukaSuka
jung ngajaran kana panturaan XD
SukaSuka
Anteur atuh 😂 http://sakahayangna.com/2015/12/26/modifikasi-minimalis-yamaha-m-slaz-movistar-asal-negeri-thailand/
SukaSuka
Telolet maksudnya toket ya? Gak paham…
SukaSuka
buset wakakakak.. au tuh si fery kang yang doyan klakson begituan XD
SukaSuka
Klakson? Naon deui iyeh… makin gak paham…
SukaSuka
Dasar ente otak mesum 😂 http://sakahayangna.com/2015/12/26/modifikasi-minimalis-yamaha-m-slaz-movistar-asal-negeri-thailand/
SukaSuka
Wkwkwk
SukaSuka
Kosong…satu baris bisa buat selonjoran ho-oh ho-oh dong..
SukaDisukai oleh 1 orang
wkwkwkwk fery tah pernah nulis kisahnya di ridertasik
SukaSuka
dia mah penampakan…
SukaSuka
aya yeuh di cianjur yg gituan mah di pake jurusan jongol bekasi 😀 ntar ane kirim pic nya.
—–
SukaSuka
bus tuwa…
SukaSuka
Sakali deui ahhhh wkwkwkkwk
SukaSuka
yang ke tasik udah ga pake tipe ini lagi nih….
—————–
SukaSuka
jarang… ketemu juga paling di garut, mios masih pake
SukaDisukai oleh 1 orang
mesin depan, emang berisik..
SukaDisukai oleh 1 orang
kadang kurang kuat nanjak juga walau di atas kertas tenaganya sama besar dengan mesin belakang.
SukaSuka
pengaruh kopel panjang kah??
SukaSuka
mungkin sih, tapi masa sampai lumayan signifikan begitu terasanya ya..
SukaSuka
anggap aja colt l300 diperbesar
SukaSuka
wkwkwkwkwk L300 malah nyaman pol suspensinya
SukaSuka
L300 yang tak naikin nggak enak soalnya bekas angkut2 sapi, pasir bahkan jenasah tabrak lari… aslinya kayak gimana nggak tau.. taunya cuma pernah jadi mobilnya jeki chen sama ikutan reli dakkar
—————–
http://www.mobilmotorlama.com/2015/05/mitsubishi-colt-l300.html
SukaSuka
PO LURAGUNG banyak pake ni MITSUBISHI,
salam sejatinipun seduluran kang.
SukaDisukai oleh 1 orang
salam seduluran kang 😀
SukaSuka
Tp klo buat tarik2an bis bermesin depan lebih mantap, makanya bis2 bumel msh banyak yg pake mesin depan, colek : Sumber Kencono/Sugeng Rahayu, Luragung, Setia Negara dll. Liat aja klo mereka lg ngeblong dipantura, klo bis bermesin belakang identik dengan kenyamanan, ngebut iya tp gk berisik mesinnya
SukaDisukai oleh 1 orang
lebih mantap juga karena roda depan punya traksi lebih akibat bobot yang berfokus di depan bus.. jadi lebih pede belok2 dibanding mesin belakang
SukaSuka
Setia Negara ngak pake BM batangannya pakenya UD,Hino AK, AK mesin FG sama Golden Dragon…
SukaSuka
Saham Fuso mayoritas dikuasai Daimler-Chrysler, so, biar ngga ngrecokin penjualan Mercy, bus chassis Fuso kagak dipasarin disini lagi. So Sad 👿
SukaSuka
Masih mending Toyota yah, pegang saham Hino… tetap jualan dutro dan dyna beriringan..
SukaSuka
artinya bis Bumel apaan sih ???
Restu non panda kayaknya masih jalan, tuh juga pake mesin depan…
pernah naik dr Bungur, dpt yang rada kemrosak dan kap mesin depannya (biasa buat tpt duduk tmbhn) gak rapet..
rasanya sesuatu…. kyk duduk dkt mesin Chopper :hammer:
SukaSuka
Kiasan sebenarnya mase, ada yg bilang itu “bus melarat” alias bus murah meriah untuk rakyat yg sekedar menginginkan transportasi asal sampai ke tujuan
SukaSuka
Bus jurusan solo tawangmangu rata2 armadanya mitsu semua. Rata2 nggak nyaman, getarannya juga kerasa banget
SukaSuka
khasnya mitsubishi itu mas.. tapi ya kenapa jadi kangen ya ngerasain bus mitsu lagi 😀
SukaSuka
Awal tahun 90an jalur Solo-Semarang dikuasai Po Safari Group ( Safari,Taruna,Satria,Duta Kartika )
Bis nya campur-campur..ada Hino,Mercedes & Mitsubishi.
Bis Mitsubishi karoseri Trijaya Union..kotak,jendela tinggi,jok rendah..penumpang yg pendek bakal ambles ga bisa lihat luar 😀
Larinya kencang,suara mesin khas sangar menderu..per keras & brisik suara kaca jendela beradu..maklum non AC.
Bbrp tahun kemudian banyak armadanya diganti Hino RK-T karoseri (lupa) model Great Panorama.
SukaDisukai oleh 1 orang
jok rendah itu sepertinya cara menarik penumpang mas.. “masih kosong masih kosong” ehh pas naik bangkunya udah penuh XD
SukaSuka
[…] Kisah Mitsubishi BM, Bus Chassis Mesin Depan Legendaris Andalan Mitsubishi […]
SukaSuka
[…] Kisah Mitsubishi BM, Bus Chassis Mesin Depan Legendaris Andalan Mitsubishi […]
SukaSuka
Kira2 mercedez mau berbagi market tidak ya dengan mitsubishi?
Minimal mitsubishi bermain di level bersaing dengan kapasitas 170hp ( mitsubishi sudah punya unit FJ1217 mungkin tinggal membuat versi chasis bus saja), 190hp ( bersaing dengan isuzu lt 1 & hino FC190),210 HP ( bersaing dengan hino AK versi engine depan), 235 HP (bersaing dengan hino RK8 235)
SukaDisukai oleh 1 orang
nah itu, sekarang fuso memang dipegang daimler sih.. jadi menelurkan bus mitsubishi keknya agak sulit kecuali mercedes mau buat segmen baru seperti “paket murah” dengan mengandalkan mesin mitsubishi itu.. tapi sulit sepertinya menentukan pricing yang tepat.. kalau menelurkan bus mesin depan untuk head to head dengan hino AK masih ok saja toh OF series sudah tidak dijual lagi khususnya di indonesia.. tapi menelurkan mesin belakang agak sulit rasanya.
SukaSuka
ya itulah minimal bisa share market
sekarang bis AKAP yang pakai minimal 260 HP ( RK8 260, OH 1526, OH1626 ) dengan market dibawah engine 260 HP minimal bisa buat alternatif unit BUMEL AKDP 🙂
SukaDisukai oleh 1 orang
market di bawah 260 hp pemainnya cuma satu dua.. RK8 R235 infonya sudah stop produksi, Mercedes 1521 Eur0 3 sejauh ini konsumennya cuma Damri Bandara saja.. pasarnya masih sangat luas kan berarti.. andai mau menempatkan mesin itu.. bukan cuma buat bumel AKDP aja mas.. buat Bus Pariwisata juga menjanjikan sepertinya..
SukaSuka
betul sekali berarti secara market bisa masuk
tinggal menambahkan opsional serta penggunaan air dengan harga yang kompetitif bisa menjadi alternatif pilihan
SukaSuka
[…] Mitsubishi BM, Bus Chassis Mesin Depan Legendaris Andalan Mitsubishi […]
SukaSuka
[…] Mitsubishi BM, Bus Chassis Mesin Depan Legendaris Andalan Mitsubishi […]
SukaSuka
[…] Kisah Mitsubishi BM, Bus Chassis Mesin Depan Legendaris Andalan Mitsubishi […]
SukaSuka
Saya malah baru tau ada bis mitsubishi. Kirain cuma mercy sama hino aja 😂
Kumplit plit emang nih artikel. Jadi nambah wawasan 👍
SukaDisukai oleh 1 orang
[…] karena pakai body yang udah SHD, atau karena pakai mesin scania, mercedes, hino, atau ada mania mitsubishi dll.. wkwkwkw) atau susah dapat tiket (berkaca pada kereta api sekarang yang susahnya dapat tiket) […]
SukaSuka