Mengenal Bus Mercedes – Benz OH 1518 “King”, Sang Legendaris Nan Nyaman 11 Mei 2016
Posted by imotorium in Bus, History.Tags: Adiputro, AKAP, AKDP, Bismania, Bus, Bus Budiman, Bus Indonesia, Bus Malam, Imotorium, indonesia, Karoseri, Kenyamanan Bus Mercy, King Cooler, mercedes benz oh 1518, Mercedes-Benz, OH 1518, OH 1518 King, Rajanya bus, Spesifikasi OH 1518, Tenaga 1518
trackback
Populasi Bus Mercedes – Benz di Indonesia boleh dibilang termasuk paling banyak dibandingkan bus merk lain. Mulai dari seri tua hingga seri paling muda.. namun siapa yang tidak kenal satu ini.. “King”, Mercy OH 1518 yang merupakan suksesor dari seri sebelumnya OH 1113 dan OF 1113, produk yang dirilis awal 1990 an ini kala itu menarik banyak perhatian dan populer digunakan oleh berbagai PO dari penjuru Indonesia.
OH 1518 hadir dalam 2 varian : 1518/51 (short chassis) dan 1518/60 (long chassis), satu hal yang membedakan dari produk kebanggaan Mercy ini dikala itu adalah “Gengsi”, yap siapa yang tidak kenal dengan nama besar Mercedes – Benz yang terkenal sebagai produsen mobil mewah.. Bus – Bus yang menggunakan mercy ini dahulu identik dengan itu semua, kemewahan. Mesin OM366A Berkapasitas 5.958 cc yang bertenaga berkat pengaplikasian Turbo sanggup menyemburkan tenaga sebesar 180 Hp / 2600 rpm dan torsi sebesar 590 nm / 1600 rpm.
Baca Juga :
Short Trip Tasikmalaya Cimahi Dengan Budiman DL 206 Mercedes OH 1518
Profil Bus PO. Safari Dharma Raya (OBL), Si Gajah Temanggung Pelari Antar Pulau
Penampakan Mercedes OH 1521 Dengan Balutan AdiPutro Jetbus 2+ SHD, Keren Readers !!!
Rangkanya sendiri menggunakan jenis Ladder Frame yang terbukti tangguh, tidak ada hal spesial seperti yang ditemui pada bus – bus jaman sekarang, pada generasi MB OH 1518 ini semua masih sederhana.. suspensi menggunakan tipe daun dengan shock absorber dan stabilizer, penggunaan Power Steering serta Turbo. Sistem rem menggunakan Airbrake dengan tipe rem tromol baik pada roda depan maupun belakang.
Namun berkat kesederhanaan teknologi itulah yang membuat bus ini disukai oleh banyak operator bus – bus di tanah air. Terbukti OH 1518 ini merupakan bus yang awet, tahan banting, mampu digunakan di berbagai kondisi tanpa memerlukan banyak penyesuaian. Sparepart berlimpah dan perawatannyapun terbilang mudah sehingga mampu dikerjakan oleh mekanik internal PO – PO tanpa harus memakan waktu yang amat lama. Bus ini sendiri pada masanya belum melalui uji emisi berstandar Euro, sehingga bus ini nurut – nurut saja diajak lari kencang hingga 120 km/h lebih tanpa terkena limitasi kecepatan. Dibejek secara kasarpun mesin bus ini akan langsung merespon tanpa ada pengaturan – pengaturan apapun dari ECU, makanya tidak heran bila langsung digas dalam – dalam pada pada kecepatan rendah bus ini akan menyemburkan asap hitam sebagai akibat pembakaran tidak sempurna dari mesin diesel OM366A tersebut.
Oleh karena itu tidak heran apabila bus ini jadi Favorit PO – PO yang masih melayani rute jarak jauh ataupun rute – rute pendek yang memiliki medan berat. Karena bus ini fleksibel, mampu menenggak solar di Indonesia yang hingga kini kualitasnya masih bisa dibilang buruk.. apalagi di daerah terkadang secara terpaksa harus menenggak solar yang ngga jelas kualitasnya.. walau terbilang agak boros bbm dibanding bus – bus keluaran sekarang, bus ini masih sanggup melanglang buana. Kenyamanan chassis tua Mercy inipun masih jadi idola bagi banyak kalangan termasuk penulis.. Banyak PO yang mempertahankan chassis tersebut kemudian meremajakannya dengan melakukan rebody, hingga swap mesin. Seperti misalnya PO Raya yang konsisten dengan pelayanan busnya yang terkenal nyaman.. masih mempertahankan banyak armada Mercy Tua mereka karena dianggap memiliki tingkat kenyamanan yang jauh lebih baik dibanding seri – seri Mercy keluaran terbaru.
Mercy pada medio 1990-an juga merilis varian yang lebih bertenaga, identik dengan OH 1518.. Mercy merilis OH 1521 “Intercooler” yang merupakan penyempurnaan dari 1518″King”. Dan kini walaupun produk baru terus dirilis termasuk seri 1518 XBC , 1521 EIII, OH 1525, 1526 dst.. OH 1518 masih menunjukkan keperkasaannya menaklukan perjalanan panjang didepannya.
semoga bermanfaat. (imt)
foto : bismania, google, pribadi
Contact me :
- Twitter : @imotorium
Facebook : Imotorium Fansfage - Email : redaksi@imotorium.com
- Youtube : Imotorium TV
- Blognya tetap, tapi alamatnya ketik imotorium.com saja ya
- Malaysia Cabut Dari Kalender F1 Mulai 2019, Lebih Memilih Fokus Ke MotoGP !!
- Unleash Your Engine To The Max !!! Pertamax Turbo Resmi Hadir di Bali
- Mewahnya Suasana Soft Launching Pertamax Turbo Di Kamandalu, Ubud, Bali.
- Komparasi Bus Hino RK8 R260 Versus Mercedes – Benz OH 1526, Mana Yang Lebih Baik?
- IMOS 2016 : Honda CBR250RR Laris Manis Nih.. Juozzz
- Honda WR-V Resmi Launching, Saingan Berat Yaris Heykers nih !!
- MotoGP : Statistik Crash Pembalap 2016, Rossi Crash 4x Sepanjang Musim, Marquez 16x !!
- Rahayu Santosa Jetliner Double Deck Bertenaga Mercy 2542 Sudah Mengaspal, Joss Tenan !!!
- IMOS 2016 : Launching Suzuki GSX-S150 Beserta Detailnya.. Jozz Banget !!
- SEMA 2016 : Modifikasi Gila Toyota Land Cruiser Tembus 2000 Hp, Veyron Lewat Jauh !!!
- IMOS 2016 : Siap Bantai Ninja 250R dan R25, Honda CBR250RR Dibanderol Paling Murah 62,9 Juta Rupiah
- IMOS 2016 : Suzuki Resmi Perkenalkan GSX-R150. Akhirnya “Sang Penerus FXR” Lahir Juga
- IMOS 2016 : Penampakan Yamaha Aerox 155 VVA, Tricity 155 dan X-Max 250 Makjangg Desainnya Gahar!!
- IMOS 2016 : AHM Suguhkan Tema “Life Style Dalam Berkendara”
welok 1518 king berbaju new setra..
SukaDisukai oleh 1 orang
Budi naek RG 😂😂😂
SukaSuka
legendaris ya mbah? masih banyak memang di tempat saia..meski gak hafal tipenya 😉
ijin njemur boleh? https://aselimalang.com/2016/05/11/cadas-cara-ekstrim-membuat-roda-ruji-jari-jari/
SukaDisukai oleh 1 orang
Awet mercedes benz …
SukaSuka
Apa iya nyaman?
https://macantua.com/2016/05/11/motor-pinjaman/
SukaSuka
hmm
SukaSuka
MB walau chassis udah tua, tapi tetep nyaman ☺
SukaDisukai oleh 1 orang
MB walau chassis udah tua, tapi tetep nyaman ☺, salut sama MB, tapi kelemahannya MB sekarang (Generasi electric) udah g sekokoh dulu 😭😭
SukaSuka
[…] Banten. Dan memiliki pool cabang di Ngembal, Kudus. PO. Haryanto kini dominan menggunakan chassis Mercedes OH Series (1521, 1525, 1526, 1830) dan Hino RK8 sebagai Armadanya dengan body buatan beberapa […]
SukaSuka
[…] Mercy OH 1836 Adiputro SHD adalah salah satu armada unggulan yang dimiliki oleh GH […]
SukaSuka
[…] Mengenal Bus Mercedes Benz OH 1518 King, Sang Legendaris Nan Nyaman […]
SukaSuka
[…] karena memiliki banyak varian Mesin dan Chassis sebut saja yang digunakan sekarang mulai dari Mercedes – Benz (OH 1526, 1626, 1836), Hino (RK8, RN285) , Volvo (B7R) , dan Scania (K310, K360, K380). Kelas yang […]
SukaSuka
[…] dan pengalaman puluhan tahun di Industri bus sudah menjadi bukti akan keperkasaan OH1113, OH 1518, OH1521, OH1525 dalam menaklukkan berbagai rute di tanah air, juga mengantarkan OH1526 sebuah […]
SukaSuka