jump to navigation

Cara Mengidentifikasi Tipe, Merk, Dan Mesin Bus Yang Kita Naiki 14 Desember 2015

Posted by imotorium in Bus, Trip.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

Jakarta – Pernahkah masbro / sis memesan tiket bus kelas executive ataupun kelas super executive dengan harapan mendapatkan armada yang masih baru, dengan mesin yang bertenaga namun harus tepok jidat keheranan dikala perjalanan, bus tidak mampu untuk melahap tanjakan dengan baik, bahkan terkesan loyo? pada beberapa kasus bahkan bus tersebut mogok !! Padahal dari luar sekilas bus tersebut kelihatan baru..

Inilah yang sering dikeluhkan oleh penumpang yang awam akan tipe bus yang beredar, Maklum saat ini banyak sekali bus yang sangat bagus tampilannya.. sehingga menggoda penumpang untuk cenderung memilih bus dengan body yang bagus tersebut. Perusahaan Otobus saat ini cukup sulit bersaing dikarenakan tren penumpang yang cenderung memilih tampilan luar yang bagus, sehingga mereka perusahaan yang masih memiliki armada lama dan dalam kondisi masih mampu melayani perjalanan.. memutar otak dengan melakukan rebody di karoseri – karoseri ternama

Alasan lain perusahaan melakukan rebody juga untuk memudahkan dikala ada sparepart body yang sekiranya perlu diganti, didapat dengan mudah. Karena umumnya spare part untuk body bus yang sudah tua rata – rata sulit dicari dan sudah tidak diproduksi lagi.

Dashboard mercedes 1518 / 1521 masih mengadopsi steer 2 spoke yang khas. dengan instrumen panel, speedometer + takometer yang sederhana

Panel meter 1525, Speedometer masih full analog, dengan perubahan di bentuk steer, lebih berisi

Panel indikator Mercedes 1526 / 1521 XBC / 1518 XBC. sudah gabungan analog dengan digital, tampak di tengah odometer yang sudah digital, dan versi terbaru dari 1526 / 1521 terjadi di model steer yang menganut 4 spoke, seperti 1836

Mode identifikasi paling mudah adalah dengan memperhatikan interior khususnya dashboard. ya, seperti foto diatas, panel indikator dan Setir biasanya akan dibiarkan tetap sesuai aslinya, walau direbody dengan body terbaru sekalipun. Yang kedua adalah dengan mengidentifikasi dari penampilan eksteriornya .. melalui overhang. baik depan maupun belakang, karena rangka – rangka bus saat ini cenderung mengadopsi overhang lebih panjang di depan.

Baca Juga :

Mengenang Perkasa (Texmaco), Pabrikan Chassis dan Mesin Bus Asli Indonesia

Mengenal Volvo B7R, Bus Bertenaga Besar Asal Swedia Yang Masuk Ke Indonesia

Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia

Mengenal Varian Mesin dan Chassis Bus Hino RK Series, Inilah Ciri – Cirinya!

Cara Mengidentifikasi Merk dan Tipe Bus Yang Beredar Di Indonesia – Hino AK8

Sebagai contoh, penulis melampirkan perbedaan overhang antara bus lama mercedes (oh 1521 / 1518) dengan bus keluaran 2005 keatas (1525 / 1526)

Bagus bukan ? Bahkan ada stiker “euro 3-nya” eitss, jangan salah ini bus rebody lho.. aslinya adalah Mercedes 1521 versi lama. yang mana belum lolos euro 2 sekalipun. terlihat overhang depan yang pendek. Jarak roda depan ke pintu sangat dekat

hmm, bodinya udah aga ketinggalan jaman ya. eitss jangan salah.. ini bus yang benar2 bermesin “galak ” lho, dan langka.. itulah 1725.. lihatlah overhangnya.. panjang bukan? salah satu pengguna mesin dengan konfigurasi V diantara bertaburnya mesin inline. Walau memang diakui boros bbm, dan akhirnya tidak sesukses 1526, 1525 dan 1830/36 yang berkonfigurasi inline

Terlihat bedanya kan? jadi jika ada stiker yang mengklaim mesin baru atau apa jangan langsung dipercaya.. ya karena itu cuma gimmick untuk menarik penumpang saja.. tidak lebih. Namun asal terawat sebenarnya bus bus lama itu malah lebih kuat, tahan banting dan ngga rewel dibanding keluaran terbaru. karena biasanya sih, masalah bus – bus baru itu adalah elektrikal. 😀

Semoga Berguna (imt)

Iklan

Komentar»

1. FЭЯY - 14 Desember 2015
Sing Indo - 14 Desember 2015
Alki Rahmatullah - 14 Desember 2015
2. FЭЯY - 14 Desember 2015
imotorium - 14 Desember 2015

au nih settingan terasinya aneh XD

Suka

FЭЯY - 14 Desember 2015
imotorium - 14 Desember 2015

Tah eta nu alusna..

Suka

FЭЯY - 14 Desember 2015

Seragam adiputri na alus teu 😂😂😂

Suka

3. dimensiontripper - 14 Desember 2015

awas modif bodi kena 24juta :mrgreen:

Suka

imotorium - 14 Desember 2015

wakakakakaakakakakak XD

Suka

4. gaplek mania - 14 Desember 2015

PO di wonogiri rata2 rebody semua.. bus2 nya bahkan kebanyakan tahun 90an ..

Suka

imotorium - 14 Desember 2015

iya mas, malah masih ada yang udah rebody tapi bentuk AC nya masih pake yang klasik. benar – benar melestarikan legenda ceritanya 😀

Suka

gaplek mania - 14 Desember 2015

rata2 thermoking ya

Suka

imotorium - 14 Desember 2015

iya, yang bentuknya tinggi kotak itu. adem sih tapinya.. joss

Suka

5. kenthoet - 14 Desember 2015

ati2 jgan naik bus kelas eksekusi 😀

Suka

imotorium - 14 Desember 2015

Wakakakakakak

Suka

6. muhammad efendik - 14 Desember 2015

bus sekarang kebanyakan rebody an contohnya po sumber selamet yang dulunya body sprinter mesin hino ak3 jadi body discovery yang sexy,,, tp walaupun bgitu tetap nyaman dan larinya masih kencang,,,,

#pecintabusbanter

Suka

7. mbah darmo - 14 Desember 2015

Wes dadi bismanua to cong??
Zlubhhh!!

Suka

8. Dunia Traveling - 14 Desember 2015

mantap nih ulasannyaa

http://www.duniatraveling.co.id
Your Best Traveling Solution

Suka

imotorium - 14 Desember 2015

terimakasih gan 😀

Suka

9. Ngurah Manik - 14 Desember 2015
imotorium - 14 Desember 2015

Salam Kenal juga 😀

Suka

10. Ramainya Stiker – Stiker di Bus Yang Ada Di Indonesia | imotorium - 14 Desember 2015

[…] Baca Juga : Cara Mengidentifikasi Tipe, Merk, Dan Mesin Bus Yang Kita Naiki […]

Suka

11. ndesoedisi - 14 Desember 2015

asyik Mbah Dharmo pindah lapak dari motor jadi bus 😆

Suka

imotorium - 14 Desember 2015

Wkwkwkwkkw, mang nde pitnah XD

Suka

ndesoedisi - 14 Desember 2015

ngoahahahahaaaaa

Suka

12. andhi_125 - 17 Desember 2015

busmania 🙂

Suka

13. Cara Mengidentifikasi Merk dan Tipe Bus Yang Beredar Di Indonesia – Hino AK8 | imotorium - 18 Desember 2015

[…] Baca Juga : Cara Mengidentifikasi Tipe, Merk, Dan Mesin Bus Yang Kita Naiki […]

Suka

14. Jenis – Jenis Air Conditioner (AC) Yang Terdapat Pada Bus Besar Maupun Kecil | imotorium - 19 Desember 2015

[…] Baca Juga : Cara Mengidentifikasi Tipe, Merk, Dan Mesin Bus Yang Kita Naiki […]

Suka

15. Lagu_Lagu Everlasting Musisi Indonesia Yang Enak Didengar Kala Perjalanan Jauh | imotorium - 20 Desember 2015

[…] Cara Mengidentifikasi Tipe, Merk, Dan Mesin Bus Yang Kita Naiki […]

Suka

16. Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana | imotorium - 17 Januari 2016

[…] Cara Mengidentifikasi Tipe, Merk, Dan Mesin Bus Yang Kita Naiki […]

Suka

17. Inilah Alasan Mengapa Banyak Bus / Mobil Diesel Tidak Mematikan Mesin Saat Mengisi BBM Solar di SPBU | imotorium - 18 Januari 2016

[…] Cara Mengidentifikasi Tipe, Merk, Dan Mesin Bus Yang Kita Naiki […]

Suka

18. Fawwas Zulfian Riko - 18 Mei 2016

Jirr, Lorena MB OH 1725 P 202 tuh, jagoan tu di masanya, plus air suspension asli Pabrikan lagi 😊😊

Suka


Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: