jump to navigation

Mengenal PO Budiman, Penguasa Jalur Selatan Jawa Barat 27 Desember 2015

Posted by imotorium in Bus, History, Trip.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tasikmalaya – Jalur selatan jawa barat identik dengan pegunungan dan terkenal dengan tikungan – tikungan yang tajam, Jalur selatan sendiri mulai menantang selepas pintu tol cileunyi, Karena setelah melewati dataran tinggi bandung raya.. kita akan disuguhkan trek menanjak dan menurun yang lumayan curam.. beberapa point yang terkenal adalah Nagrek dan Gentong (Tasikmalaya Kabupaten), Bisa dihitung hanya beberapa operator bus yang mau mengoperasikan armadanya di jalur ini, salah satunya adalah Budiman.

OF budiman

Bus yang menjadi saksi perjuangan PO ini sedari awal hingga saat ini 🙄

Budiman, PO asal tasikmalaya ini mulai memasuki persaingan jalur selatan yang awalnya diisi oleh Merdeka Group (Gardena, Bahagia, Satria, DLL), Aladdin, Perkasa (alm), dan Harum. Dengan armada awal 4 Unit bus bermesin depan, Mercedes – Benz OF 1113. Keempatnya diberi nomor sesuai urutan OF 001, OF 002, OF 003, OF 004. Uniknya, seiring berjalan waktu.. ketika armadanya bertambah banyak dan sudah mencapai kurang lebih 700 unit hingga kini.. keempat bus “pelopor” ini masih dipertahankan untuk melayani trayek yang cukup berat.. yaitu Pangandaran – Bandung.. tentunya sudah mengalami Rebody dengan karoseri laksana.. dan menggunakan AC dengan formasi seat 2-3.

budiman tasik semarang

Dipimpin oleh wakil Walikota Tasikmalaya H. Dede Sudrajat, yang merupakan Putra kedua dari H.Saleh Budiman, perusahaan ini terus berkembang waktu demi waktu dengan mengoptimalkan jumlah armada, tidak ugal – ugalan kala perjalanan, dan selalu mengikuti tren yang sedang hype dalam dunia otobis.

1521 budiman

Armada Budiman Mercedes OH 1521 yang sudah mengalami rebody new setra 🙄

Baca Juga :

PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam

Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia

PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga.

Budiman juga terkenal dengan kode khasnya untuk panggilan masing – masing tipe armadanya. Berikut adalah sediki rinciannya :

OF – Mercedes-Benz OF 1113, Mesin depan

DS – Mercedes-Benz OH 1518, Donking Short Chassis

DL – Mercedes-Benz OH 1518, Donking Long Chassis

IL – Mercedes-Benz OH 1521, Intercooler

E – Mercedes-Benz OH 1525 (hampir didominasi body RS, dengan ciri khas stiker euro 2. ada bebrapa yang menggunakan Laksana), 1518 XBC (1518 yang sudah tersertifikasi euro 3, dengan perbedaan dari 1518 sebelumnya yaitu CC lebih kecil – hanya 4000-an cc 4 silinder-)

2E – Mercedes-Benz OH 1525 Euro 2 (khusus dengan karoseri adiputro travego)

3E – Mercedes-Benz OH 1526 (NG dan NX)

BT – Mercedes-Benz OH 1836 (Bluetec)

R – Hino RG

HP – Hino AK 215

RM – Mitsubishi RM

RT – Mitsubishi RM Turbo

BM – Mitsubishi BM 117L (?) (Mesin Depan)

VL / V – Volvo B7R

W – Wisata / Weichai (?)

budiman seri w

salah satu dari seri W budiman, menggunakan mesin weichai dengan chassis Mercedes 1521 (?) 🙄

Bus – bus budiman juga menggunakan berbagai karoseri untuk seluruh armadanya, untuk saat ini Budiman sendiri didominasi dengan produk Karoseri dari Adiputro dengan travego, jetbus, jetbus hi-deck dan jetbus hi-deck 2 dan setra.

Untuk masalah transaksi, budiman ini dikenal dengan pola bayar di bus, artinya kita tidak perlu memesan tiket. Dan untuk saat ini budiman juga sudah membuka online ticketing untuk tujuan seperti tasik – jakarta, tasik – yogya, walau sistem ticketing online ini masih terus mengalami improvisasi. Pola sebaran trayek saat ini sudah mencapai Merak hingga Wonogiri. Cukup luas.. bahkan budiman di beberapa daerah priangan timur sendiri cukup mendominasi, ada trayek yang beberapa diantaranya dimonopoli oleh budiman seperti Pangandaran – Bekasi, Banjarsari – Bogor – Parung, dll.

budiman colt

budiman medium ac

Budiman armada 3/4 atau dikenal juga dengan medium bus 🙄

Disisi lain, budiman juga memiliki armada medium bus yang berpusat di Tasik, yang juga memiliki trayek ke berbagai daerah seperti cijulang, cirebon, dan ada yang memiliki trayek lumayan jauh seperti Tasik-Cikampek, dan Yogya – Pangandaran.

macet nagreg

Sebagai armada bus asal priangan, budiman sendiri tidak pernah membuka line ke Kota Garut. Sepertinya sudah ada persetujuan antar sesama pengusaha PO asal priangan agar mereka saling berbagi rejeki. Namun disaat – saat tertentu seperti musim liburan panjang idul fitri, tahun baru. bus budiman ini melewati rute singaparna –  garut kota untuk menghindari macet berlebih di jalur limbangan – malangbong. (imt)

foto :bismania, google

Baca juga artikel menarik paling update :

Komentar»

1. Sing Indo - 27 Desember 2015
sebarkan.org - 27 Desember 2015
imotorium - 27 Desember 2015

joss

Suka

2. Alki Rahmatullah - 27 Desember 2015
imotorium - 27 Desember 2015

joss

Suka

3. FЭЯY - 27 Desember 2015
nbsusanto - 9 Februari 2016

ternyata di bawah ekspektasi mang per.. aku kemaren sabtu nyampe kulonprogo udah 14.30 lebih.. 9 jam cuy.. 😦

Suka

FЭЯY - 11 Februari 2016

Buseetttt….lama amat,tapi ya gmna lagi jkt-tasik-jogja kan pilihan alternatif ketimbang ga pulang 😂

Disukai oleh 1 orang

nbsusanto - 11 Februari 2016

kata kata itu jurus terakhir yak 😆

Suka

FЭЯY - 11 Februari 2016

Hahahaahahaha….. budi naek budi 😂😂😂

Suka

4. FЭЯY - 27 Desember 2015

Alfie paling doyan numpak 3e117 istirahat di ropita 😂 http://sakahayangna.com/2015/12/27/modifikasi-honda-cbr-150-cbu-ala-scrambler/

Suka

imotorium - 27 Desember 2015

asem XD

Suka

5. boled - 27 Desember 2015

Bahas juga bus EFISIENSI donk, yg jadi primadona warga cilacap, purwokerto&sekitarnya.

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 27 Desember 2015

ditunggu ya kang 😀

Suka

6. Forester - 27 Desember 2015

Ulasannya lengkap Om …

Suka

imotorium - 27 Desember 2015

makasih kang 😀

Suka

7. ndesoedisi - 31 Desember 2015

wah ane dulu pengguna Setia Budiman, Cikampek-Tasik, Tasik-Cilacap.. sekarang ganti jadi pengguna Sumber Alam Purwakarta-Kebumen 😀

Suka

8. dody - 31 Desember 2015

Katanya sih kang, agum gumelar juga punya saham di po budiman.

Suka

9. PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga. | imotorium - 1 Januari 2016

[…] Mengenal PO Budiman, Penguasa Jalur Selatan Jawa Barat […]

Suka

10. Nissan Diesel, Profil Mesin Bus “Pelari” Yang Tidak Terlalu Terdengar Namanya Di Indonesia | imotorium - 2 Januari 2016

[…] Mengenal PO Budiman, Penguasa Jalur Selatan Jawa Barat […]

Suka

11. Kisah Mitsubishi BM, Bus Chassis Mesin Depan Legendaris Andalan Mitsubishi | imotorium - 4 Januari 2016

[…] Mengenal PO Budiman, Penguasa Jalur Selatan Jawa Barat […]

Suka

12. Aksi Nekat Kondektur Bus Setia Negara “ALFARRUQ” Ini Membuat Deg – Degan Masbro !!! | imotorium - 8 Januari 2016

[…] Mengenal PO Budiman, Penguasa Jalur Selatan Jawa Barat […]

Suka

13. PO Sempati Star, Evolusi Dari Bintang Sempati .. Kini Mulai Mendobrak Dunia Otobus Indonesia | imotorium - 9 Januari 2016

[…] Mengenal PO Budiman, Penguasa Jalur Selatan Jawa Barat […]

Suka

14. Profil PO. Siliwangi Antar Nusa (SAN), Perusahaan Otobus Asal Bengkulu Yang Terus Berinovasi | imotorium - 11 Januari 2016

[…] PO Budiman, Penguasa Jalur Selatan Jawa Barat […]

Suka

15. Kisah Bus Merdeka Utama Group, Mantan Penguasa Jalur Selatan Priangan Timur | imotorium - 9 Februari 2016

[…] Mengenal PO Budiman, Penguasa Jalur Selatan Jawa Barat […]

Suka

16. fadhil_arayone13 - 31 Mei 2016

Di Depok juga ada loh min pool Budiman 3/4 😁😁

Disukai oleh 1 orang

17. Mengenal Bus PO Harapan Jaya, Si “Kuda” Oranye Asal Tulungagung. | imotorium - 4 Oktober 2016

[…] Mengenal PO Budiman, Penguasa Jalur Selatan Jawa Barat […]

Suka

18. Mengenal Lebih Dekat PO Pahala Kencana Dan Sejarahnya, Salah Satu Barometer Bus Nyaman Di Indonesia | imotorium - 7 Oktober 2016

[…] Mengenal PO Budiman, Penguasa Jalur Selatan Jawa Barat […]

Suka

19. Profil dan Sejarah PO Efisiensi, Primadona Jalur Selatan Jateng Dengan Armada Terbaru | imotorium - 10 Oktober 2016

[…] Mengenal PO Budiman, Penguasa Jalur Selatan Jawa Barat […]

Suka

20. Terminal Purabaya, Kota Surabaya Bakal Adopsi Sistem Online Ticketing. Check-In ala Bandara, Setuju? | imotorium - 13 Oktober 2016

[…] PO Budiman dari Jawa Barat, juga sudah menerapkan sistem online ticket.. walau belum begitu baik dalam praktek lapangannya […]

Suka


Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: