Mengenal Lebih Dekat Mercedes – Benz OH 1526, Andalan Perusahaan Otobus Masa Kini 25 Oktober 2016
Posted by imotorium in Bus.Tags: AKAP, AKDP, Bismania, Bus, Bus andalan perusahaan otobus di Indonesia, Bus Indonesia, bus kota, Bus Malam, Bus Pariwisata, Fitur Standar Bus Mercedes-Benz Oh1526, Harga Bus Mercedes Benz 2016, Harga Bus Mercedes-Benz OH1526, Imotorium, Karoseri, mercedes oh1526, Mercedes-Benz, Mercy OH1526 vs Hino RK8, Merk bus paling terkenal di Indonesia dan di Dunia, PO Mana saja yang menggunakan OH1526, Spesifikasi lengkap bus OH1526
trackback
imotorium.com – Mohon maaf untuk pembaca setia imotorium, penulis akhirnya baru sempat lagi menulis artikel bus setelah sebulan kebelakang penulis disibukkan dengan aktivitas baru, ya.. bekerja di bidang pelayanan yang sebelumnya sudah lama penulis tinggalkan.. jadi harus adaptasi lagi dari awal.. banyak waktu tersita untuk bekerja. Alhamdulillah baru sempat menulis lagi artikel bus. Masbro semua tentunya tidak akan berkata “tidak tahu” dengan Chassis andalan Mercedes – Benz yang kini sangat populer.. OH 1526, yang mana hampir setiap PO di Indonesia kini menggunakan chassis tersebut untuk armada andalan mereka.
OH 1526, yang hadir menggantikan OH 1525 yang mana mendapatkan penyempurnaan dari berbagai sisi baik itu pada elektrikal dan teknologi pembuangan yang lebih advance, sehingga OH 1526 ini layak mendapatkan sertifikasi Euro 3 yang mana sesuai dengan regulasi standar emisi di Eropa beberapa tahun silam. Mesin yang digunakan masih sama dengan seri 1525 yaitu menggunakan OM906LA berkapasitas 6374 cc 6 silinder segaris yang sanggup memuntahkan tenaga sebesar 260 hp pada 2200 rpm dan torsi sebesar 950 nm pada 1200-1600 rpm. Cukup menjanjikan dari spesifikasi di atas kertas untuk melahap tanjakan dengan torsi sebesar itu.. tapi mengapa di lapangan kadang masih kalah dengan RK8 ya yang merupakan rival sepadannya? bakal dibahas di artikel komparasi deh nanti
OH 1526 sendiri dengan spesifikasi standarnya masih menganut chassis tipe ladder frame yang menjanjikan kekuatan yang baik, dibantu dengan peredaman menggunakan leaf spring yang dilengkapi shock absorber dan stabilizer.. membantu mengurangi gejala body roll kala digunakan menikung. Chassis OH 1526 ini sangat adaptif dengan berbagai desain body sehingga akan mudah sekali menemukan 1526 baik itu dalam balutan karoseri Adiputro, Rahayu Santosa, Laksana, New Armada, Tentrem, Morodadi, Restu Ibu dan lain – lain.
Dari sisi fitur, tentu saja yang langsung dapat dirasakan adalah cluster speedometer yang lebih cantik berkat kehadiran Multi Information Display (MID) yang lumayan detail dalam memberikan kondisi terkini seputar bus. Desain cluster speedometernya simple dan terasa lumayan mewah saat malam hari. Mercedes – Benz OH 1526 juga memiliki keunggulan dalam suara mesin yang halus.. walau ini agak terkesan subjektif, bagaimana karoseri mengerjakannya dengan baik urusan peredaman suara.. semakin rapih pengerjaan dan berkualitas bahan peredamannya tentu akan semakin halus suaranya.
Baca Juga :
Mengenal Scania K250UB, Bus Yang Akan Menggantikan Keberadaan Metromini dan Kopaja
Scania K410, Triple Axle Sekaligus Flagship Scania di Indonesia. Rival Berat Mercedes OC 500 RF 2542
Mengenal Bus Scania Bermesin Depan Di Indonesia, Scania F Series
Berikut spesifikasi Singkat dari Mercedes-Benz OH 1526 :
Mesin |
Mercedes Benz OM 906 LA Euro III Diesel, 6 silinder segaris, injeksi langsung dengan turbo charger dan intercooler. |
Diameter/langkah |
102/130mm |
Total isi silinder |
6374 cc |
Daya maks |
194kW (260PS)/ 2200 rpm |
Torsi maks |
950Nm/ 1200-1600 rpm |
Kopling |
MF395, plat kering tunggal, pegas diaprahma digerakan secara hidraulis |
Transmisi |
G85-6 Manual, 6 kecepatan maju |
Perbandingan gigi |
6.70/3.81/ 2.29/ 1.48/ 1.00/ 0.73 R : 6.29 |
Kecepatan maks |
120km/jam |
Kemampuan tanjak |
35% |
Gandar depan Kapasitas |
VL 3/7 D-5 5000kg |
Gandar belakang Perbandingan gigi Kapasitas |
HH4/08 D-10,5 5.22 (47:9) 10000kg |
Suspensi: Depan Belakang |
Pegas daun trapesoidal dengan peredam kejut dan stabilizer Pegas daun trapesoidal dengan peredam kejut dan stabilizer |
Rem utama |
Rem tromol, dua jalur-udara tekanan penuh |
Rem parkir |
Pegas, kendali udara tekan pada gandar belakang |
Rem mesin |
Gas buang, kendali udara tekan |
Kemudi |
Power Streering ZF 8097 |
Ban & Pelek |
8.25 x 22.5 & 11.00 R 22.5 |
Kelistrikan Sistem Alternator Baterai |
24 Volt 28V/ 80 A 2 x 150Ah, 12V |
Kapasitas tangki BBM |
300 liter |
Jarak sumbu roda |
5950 mm |
Julur depan |
2200 mm |
Julur belakang |
3350 mm |
Panjang total |
11500 mm |
Lebar keseluruhan |
2498 mm |
Jarak pijak roda depan |
1961 mm |
Jarak pijak roda belakang |
1882 mm |
Radius putar |
9.440 mm |
Berat kotor kendaraan (GVW) |
15000 kg |
Untuk masalah harga, Mercedes-Benz OH 1526 berdasarkan update terbaru dari Hartono Raya Motor, salah satu Dealer Mercedes-Benz di Indonesia membanderol chassis ini seharga Rp 765.000.000 Off the road yang berlaku per bulan Juni 2016. Tidak heran mengapa OH1526 kini begitu laris manis di pasaran karena dengan nama besar Mercedes-Benz dan pengalaman puluhan tahun di Industri bus sudah menjadi bukti akan keperkasaan OH1113, OH 1518, OH1521, OH1525 dalam menaklukkan berbagai rute di tanah air, juga mengantarkan OH1526 sebuah kepercayaan yang amat tinggi dari para pengguna bus akan kehebatannya, didukung juga dengan layanan purna jual yang sangat baik. Jadi kangen lagi nih pengen pulkam naik bus.. udah lumayan lama juga..
Semoga berguna. (imt)
foto : bismania.com, bmc, npm, gapuraningrahayu, rosin, budiman, google
- Blognya tetap, tapi alamatnya ketik imotorium.com saja ya
- Malaysia Cabut Dari Kalender F1 Mulai 2019, Lebih Memilih Fokus Ke MotoGP !!
- Unleash Your Engine To The Max !!! Pertamax Turbo Resmi Hadir di Bali
- Mewahnya Suasana Soft Launching Pertamax Turbo Di Kamandalu, Ubud, Bali.
- Komparasi Bus Hino RK8 R260 Versus Mercedes – Benz OH 1526, Mana Yang Lebih Baik?
- IMOS 2016 : Honda CBR250RR Laris Manis Nih.. Juozzz
- Honda WR-V Resmi Launching, Saingan Berat Yaris Heykers nih !!
- MotoGP : Statistik Crash Pembalap 2016, Rossi Crash 4x Sepanjang Musim, Marquez 16x !!
- Rahayu Santosa Jetliner Double Deck Bertenaga Mercy 2542 Sudah Mengaspal, Joss Tenan !!!
- IMOS 2016 : Launching Suzuki GSX-S150 Beserta Detailnya.. Jozz Banget !!
- SEMA 2016 : Modifikasi Gila Toyota Land Cruiser Tembus 2000 Hp, Veyron Lewat Jauh !!!
- IMOS 2016 : Siap Bantai Ninja 250R dan R25, Honda CBR250RR Dibanderol Paling Murah 62,9 Juta Rupiah
- IMOS 2016 : Suzuki Resmi Perkenalkan GSX-R150. Akhirnya “Sang Penerus FXR” Lahir Juga
- IMOS 2016 : Penampakan Yamaha Aerox 155 VVA, Tricity 155 dan X-Max 250 Makjangg Desainnya Gahar!!
- IMOS 2016 : AHM Suguhkan Tema “Life Style Dalam Berkendara”
Koyone sing bis Pt.Rapi kui oh 1525 ..kl oh 1526 airintake ada di sblh kiri(pintu belakang) kl 1525 yg lama air intake di sebelah kanan
tp oh 1525 sekarang uda di kiri jg alias sama dgn oh 1526 (pernah liat di bis Rosalia Indah)
SukaDisukai oleh 1 orang
Mungkin sudah dimodifikasi karoseri ya?
SukaSuka
Harganya fantastis moga awet
SukaDisukai oleh 1 orang
Makin nyaman ya
SukaSuka
persaingan makin ketat, tiap merk makin meningkatkan kualitas produknya 😀
SukaSuka
OH 1526 NG apa bagasinya yg tembus tengah itu bukan?
Sekalian request OH 1626 (lama & baru), adik baru OH 1526😄
SukaSuka
OH 1526 masih pakai ladder frame, jadi ngga tembus kanan kiri bagasinya. ok siap mas artikelnya menyusul.
SukaSuka
trus klo udah bentuk bus dibandrol kisaran berapa
SukaSuka
bisa di angka 1,3 Milyar atau lebih
SukaSuka
[…] catatan, sebelumnya Mercedes-Benz sudah lebih dahulu melakukan uji coba serupa.. diberi nama Future Bus, yang mana saat itu menempuh […]
SukaSuka
Oh ya mau nanya ni, bedanya OH 1526 yg lama dengan yang baru apa ya? Perubahannya dari dimensi apa aja? Kan sama2 main di Output 260 HP
Makasih sebelumnya
*maafbanyaknanya 😁😁
SukaDisukai oleh 1 orang
Untuk medan “Wild Sumateran” kenyamanan masih jadi Milik OH1521. Leaf Spring yang lebih panjang plus model yang oval kebawah memungkinkan peredam kejut yang efektif. Memang dari segitunya torsi dan dorongan agak lemah, disisi kenyamanan masih nomer Wahid. Sedikit perbincangan dengan beberapa driver muda, mereka mengharapkan Sasis 1526 ini ditopang suspensi OH 1521. Dengan Harapan torsi besar dan rasa nyaman…
Sekarang aja buat tambahan..
SukaDisukai oleh 1 orang
[…] – Hino RK8 R260 dan Mercy OH1526 memiliki raport yang sama – sama bagusnya dalam penjualan bus besar di tanah air. Keduanya […]
SukaSuka