Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem 27 Januari 2016
Posted by imotorium in Bus, History, Karoseri, Pabrikan Karoseri.Tags: bejeu, Bis, Bismania, Bus, Bus Malam, Galaxy, harapan jaya, Jawa Timur, Karoseri, Malang, maxX, NPM, Scorpion King, Scorpion Series, Scorpion X, shantika, Tentrem
trackback
Malang, bisa dijuluki kota “industri” karoseri di Indonesia. Selain AdiPutro yang sangat terkenal saat ini, ada nama lain yang juga sama – sama menguasai industri manufaktur body kendaraan khususnya bis. Iya inilah dia.. Tentrem. Hampir semua Peruasahaan Otobis di Indonesia menggunakan buah karya Karoseri yang sudah berdiri sejak medio 1980-an ini
Workshop Tentrem di Malang Utara, Jawa Timur 🙄
Kisah mulanya adalah dari PO Tentrem yang beroperasi di Kota Malang pada 1986, semula ini hanyalah bengkel maintenance bagi seluruh armada bus PO Tentrem kala itu.. dan pada 1988 PO yang dipimpin oleh Pak Tatang Wahyudi ini, Tentrem memutuskan untuk membuka bengkelnya ini kepada umum, tidak hanya untuk Internal PO Tentrem saja, mereka mulai melayani pembuatan, service dan maintenance body bus untuk seluruh pelanggannya dari berbagai perusahaan.
Baca Juga :
Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Adi Putro
Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana
Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ?
Jerih payah inipun semakin terlihat hasilnya kala Tentrem berhasil menerima sertifikat resmi dari Mercedes-Benz untuk standarisasi bus body builder di chassis Mercedes – Benz dan juga Tentrem menjadi Karoseri Pertama di Indonesia yang membangun body untuk chassis Scania K380iB.
Tentrem Jupiter 🙄
Varian – Varian karoseri tentrem juga banyak, salah satunya adalah Jupiter yang awal peluncurannya sempat mencuri perhatian dan bisa dibilang laris, Jupiter mengambil basis dari Mercedes-Benz New Travego kemudian tenar kembali di Indonesia oleh AdiPutro dengan membangun Travego – Marco – hingga Jetbus.
Scania Touring 🙄 ini body asli scania, bukan buatan karoseri Tentrem
nah ini Scania Scorpion dari Tentrem
pilar A dicat hitam sudah menjadi identitas
Varian lainnya yang menjadi ciri khas Tentrem adalah Scorpion Series, yang menjadi favorit dari beberapa PO diantaranya Bejeu dan Harapan Jaya. Scorpion mengambil basis dari Scania Touring yang sangat khas dengan “floating roof” nya.. terlihat bukan dari pilar A selalu dicat hitam.. di PO manapun selalu dicat hitam bagian pilar A ini.. untuk mensamarkan pilar body, dan membuat seolah atapnya melayang dan hanya ditopang oleh kaca jendela.. penulis suka ini.. Scorpion sendiri terbagi beberapa varian yaitu Scorpion X, Scorpion King dan Scorpion Kid untuk medium busnya.
PO Tentrem dengan body maxX
Harapan Jaya dengan body Scorpion X 🙄
Hafana dengan body Galaxy 🙄
Tentrem Actor, grillnya sangat khas begitu pula desain rear lampnya yang horizontal. Cocok untuk bus dengan Mesin Depan
Tentrem Inspiro, sekilas mengingatkan dengan Laksana Proteus bukan?
Dan masih ada lagi beberapa seperti Varian Inspiro, Actor, Galaxy, MaxX, yang beredar. Model – model seperti ini lebih mudah ditemui di Jawa Tengah dan Timur, persebarannya memang belum seluas scorpion series yang sudah menyebar hingga kemana – mana. Kelebihan tentrem adalah kekedapan kabin yang dimiliki sangat baik (untuk bus AC terutama). Kini karoseri yang digawangi oleh Pak Tatang Wahyudi dan Putranya Pak Yohan Wahyudi ini terus berkembang dan berfokus dalam menambah kapasitas produksi guna tercapainya target dari Orderan para pelanggannya. Semoga artikel ringkas ini bermanfaat bagi kita semua :D, ciaooo (imt)
foto : google, bismania, haltebus
- Blognya tetap, tapi alamatnya ketik imotorium.com saja ya
- Malaysia Cabut Dari Kalender F1 Mulai 2019, Lebih Memilih Fokus Ke MotoGP !!
- Unleash Your Engine To The Max !!! Pertamax Turbo Resmi Hadir di Bali
- Mewahnya Suasana Soft Launching Pertamax Turbo Di Kamandalu, Ubud, Bali.
- Komparasi Bus Hino RK8 R260 Versus Mercedes – Benz OH 1526, Mana Yang Lebih Baik?
- IMOS 2016 : Honda CBR250RR Laris Manis Nih.. Juozzz
- Honda WR-V Resmi Launching, Saingan Berat Yaris Heykers nih !!
- MotoGP : Statistik Crash Pembalap 2016, Rossi Crash 4x Sepanjang Musim, Marquez 16x !!
- Rahayu Santosa Jetliner Double Deck Bertenaga Mercy 2542 Sudah Mengaspal, Joss Tenan !!!
- IMOS 2016 : Launching Suzuki GSX-S150 Beserta Detailnya.. Jozz Banget !!
dekat rumah tuh, saia tahunya malah cuma buat internal tentrem, hasil karoserinya
SukaDisukai oleh 1 orang
Joss
http://singindo.com/2016/01/27/ngatain-pengunjung-kere-lippo-mall-puri-dibully-netizen/
SukaDisukai oleh 1 orang
aku tatang hahahaaaaa :v
SukaDisukai oleh 1 orang
:v
SukaSuka
pernah sekali naik scorpion X nya puspa jaya dari lampung ke jogja.. enak sih, sayangnya di kelas eksekutif suspensinya krengkit-krengkit..
SukaDisukai oleh 1 orang
jangan lupakan scorkingnya mira, salah satu yang membuat jalur jatim semakin warna warni.. 🙄
SukaDisukai oleh 1 orang
tinggal morodadi ya ni om yg blm diulas?
SukaDisukai oleh 1 orang
masih banyak lg oms 😀
SukaSuka
Bahas juga om nusantara gemilang karoseri yg pake bodi aluminium tuhh 😀
SukaDisukai oleh 1 orang
ok nusgem nanti menyusul yaa artikelnya
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem […]
SukaSuka
scorking salah satu model yang saya suka
SukaDisukai oleh 1 orang
joss
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem […]
SukaSuka
[…] PO. Sinar Jaya yang memadukannya dengan Laksana Legacy SR-1 , PO. Agra Mas, PO. Harapan Jaya dengan Tentrem Scorpion, PO. Shantika dengan Adi Putro Jetbus HD 2, PO. Subur Jaya dan lain – […]
SukaSuka
[…] Dengan body yang juga bervariasi dari berbagai karoseri besar semisal Adiputro, Rahayu Santosa, Tentrem, dll. Kelas yang dilayani oleh NPM saat ini ada 2 kelas yaitu Jumbo non AC, dan kelas […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem […]
SukaSuka
[…] 1836), Scania (K360) dan Golden Dragon. Karoseri bus yang digunakan Gunung Harta dominan Adi Putro, Tentrem, dan New Armada. Kelasnya pun lumayan lengkap mulai AC tarif biasa (ATB) yang digunakan untuk line […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem […]
SukaSuka
[…] Golden Dragon dan mempercayakan body busnya dari Karoseri – Karoseri besar seperi Adiputro, Tentrem, Laksana. Untuk kelas sendiri sejauh ini Bejeu mengoperasikan single class yaitu Executive. Service […]
SukaSuka
[…] menemukan 1526 baik itu dalam balutan karoseri Adiputro, Rahayu Santosa, Laksana, New Armada, Tentrem, Morodadi, Restu Ibu dan lain – […]
SukaSuka
[…] apa nih.. udah banyak varian Double Deck meluncur.. next bisa jadi datang double deck dari Laksana, Tentrem, Morodadi Prima dll yang mana tentunya akan menambah semarak dunia bus tanah air.. hehehe semakin […]
SukaSuka