Scania K410, Triple Axle Sekaligus Flagship Scania di Indonesia. Rival Berat Mercedes OC 500 RF 2542 24 Maret 2016
Posted by imotorium in Bus, Factory, Karoseri.Tags: 3 axle bus, Adiputro, Adiputro SHD, AKAP, AKDP, Bismania, Bus, Bus Indonesia, Bus Malam, Bus Pariwisata, Golden Dragon XML6145D13, harga mercedes 2542 OC500RF, harga scania k410, Imotorium, indonesia, Jetbus 2+ SHD, Karoseri, Mercedes-Benz, Pariwisata, Scania, Scania 3 axle, Scania K410, Scania K410EB, Scania K410iB
trackback
Readers, kembali lagi setelah kemarin dirilisnya double deck PO. Efisiensi yang sedikit menimbulkan tanda tanya seputar apakah chassis yang digunakan, kini penulis ingin mengangkat profil dari Scania 3 Axle, mesin kubikasi besar dan 3 sumbu roda kini mulai menjadi tren baru di dunia otobus di Indonesia. Walau sebelumnya pernah ada bus 3 axle juga yang merupakan hasil modifikasi seperti yang dimiliki oleh PO. Sumber Alam seperti pada artikel disini, kini tren itu semakin menguat dengan 3 Axle yang menganut 4 Wheel Steering yang berguna kala melakukan manuver – manuver di luas area yang sempit.
Yap, Scania melakukannya dengan baik pada K410EB , chassis ini masuk ke Indonesia medio 2015 lalu tepatnya sekitar bulan Juli 2015 via United Tractor. Chassis ini sendiri merupakan pesanan dari PO. BGS Satria Muda yang kala itu langsung mengaplikasikannya ke Karoseri Adi Putro untuk ditanamkan di body Jetbus 2+ SHD.
Spesifikasi dari Scania K410
- ENGINE
13 litre DC13 107 EURO 3
4-stroke 6-cylinder in-line, 4-valves per cylinder,
turbo-charged, intercooled, Scania PDE injection
(separate electromagnetically controlled unit injectors)
and air cleaner.
Maximum Output
301 kW (410 hp) @ 1,900 r/min
Maximum Torque
2,000 Nm @ 1,000 – 1,350 r/min
Equipped with:
Cruise Control
Speed Limiter
Centrifugal engine oil cleaner - GEARBOX
GR875R, 8-speed Scania Opticruise with kick-down
and oil cooling for gearbox.
RETARDER
Scania Retarder – automatic and manual control.
AXLE GEAR
R660, gear ratio 2.73
COOLING SYSTEM
Hydraulic driven, temperature – regulated cooling fan
at 80°C.
FUEL SYSTEM
500 litres aluminium tank, fuel filter chassis mounted
with water separator. - BRAKES AND SAFETY
Disc brakes on front and rear axle, full air brakes with
independent circuits for front, rear & parking circuits,
with following as standard:
• Electronic Stability Programme (ESP)
• Electronically controlled Anti-lock Braking System
(EBS)
• Traction Control (TC)
• Interlock valve with parking brake
• Asbestos-free linings
• Hill Hold function
AIR DRYER
High capacity air dryer with intelligent compressor
control and oil separator.
SUSPENSION
Front (2) and rear (4) and tag axle (2) air bellows, with
heavy duty shock absorbers, anti-roll bars on all axles.
Total raising and lowering suspension. - STEERING
Hydraulic powered. Fully adjustable steering
wheel column, with air-powered locking mechanism.
Right hand drive.
FIRE ALARM SENSORS
3 (three) fire alarm sensors located in engine
compartment.
ELECTRICAL SYSTEMS
Alternator : Heavy duty 150A + 150A
Master Switch : Located at batteries
Batteries : 2 x 220 Ah capacity
(Maintenance-free) - INSTRUMENT GAUGES
Speedometer km/h; r/min meter; air pressure; fuel;
temperature; LCD multi-display panel, individual start
function key with engine stop request, automatic return
on direction indicator level with button for
windscreen washing.
TYRES AND RIMS
295/80 R22.5 tubeless tyres on 9.00 x 22.5 rims
in the front and rear with spare, splash guard,
front hub cover.
TECHNICAL SPEC
Front axle load (Max) : 7,500 kg
Rear axle load (Max) : 11,500 kg
Tag axle load (Max) : 6,000 kg
Gross vehicle weight : 25,000 kg
DIMENSIONS
Axle distance (A) : 5,850 mm (variable)
Bogie distance (B) : 1,300 mm
Front overhang (I) : 2,500 mm
Rear overhang (J) : 4,000 mm
Chassis length : 12,350 mm (variable)
Chassis width : 2,500 mm
WHEEL LOCK : 52° (max)
TURNING CIRCLE (Ø) : 20.1 m, kerb-to-kerb
*spesifikasi ini untuk Scania K410EB 6×2
*spesifikasi diatas sedikit memiliki perbedaan dengan versi Indonesia, yang mana Indonesia unit yang masuk mengalami penyesuaian sesuai kondisi alam di Indonesia.
Didapati informasi di beberapa blog menyebutkan K410 ini dengan akhiran K410iB , sedangkan merujuk pada Website Scania langsung, Varian yang ada untuk K410 ini adalah K410EB. Yang mana varian E memiliki sisi lebih pada kenyamanan dan diperuntukkan untuk perjalanan jarak jauh, dibandingkan varian i yang merupakan akronim dari intercity (antar kota) yang memiliki range jarak dekat – jauh.
Baca Juga :
Hino RN 285, Flagship Bus Hino Di Indonesia Saat Ini
Mercedes – Benz OH 1521 E III, Penerus Sang Legenda Si “Intercooler” OH 1521
Mengenal Scania K250UB, Bus Yang Akan Menggantikan Keberadaan Metromini
Si Legendaris Mercedes – Benz OF 1113, Bus Mesin Depan Mercedes Di Indonesia
Bus Scania Bermesin Depan Di Indonesia, Scania F Series
Mengenal Mercedes-Benz OH 1525, Pelopor Electrical Engine Management Dari Bus Mercedes Di Indonesia
Mengenang Perkasa (Texmaco), Pabrikan Chassis dan Mesin Bus Asli Indonesia
Mengenal Volvo B7R, Bus Bertenaga Besar Asal Swedia Yang Masuk Ke Indonesia
Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia
Mengenal Varian Mesin dan Chassis Bus Hino RK Series, Inilah Ciri – Cirinya!
Cara Mengidentifikasi Merk dan Tipe Bus Yang Beredar Di Indonesia – Hino AK8
Profil Isuzu LT 1, Penantang Baru MB OH 1526 dan Hino RK8 Di Indonesia
klik gambar untuk memperjelas :
Scania K410EB ini selayaknya menjadi penantang terkuat dari Mercedes – Benz OC 500 RF 2542. Karena memiliki range power yang sama di angka 400 – 420 hp, sepatutnya perbedaan 10 horsepower tidak akan begitu berarti. Hanya PR besar bagi Scania yang bernaung dibawah United Tractor (Astra Group) adalah bagaimana caranya mempopulerkan K410EB ini sebagaimana Mercedes – Benz berhasil melakukannya pada 2542. Disamping itu jangan lupakan juga si “naga emas” Golden Dragon XML6145D13 yang merupakan varian termurah dari bus 3 axle yang beredar di Indonesia saat ini..
PO. Satria Muda yang kini menggunakan Scania K410 AdiPutro Jetbus2+ SHD ini menggunakan bus ini sebagai armada Bus Pariwisata, saat ini penulis belum mendapatkan kabar yang beredar PO mana yang akan menggunakan Scania K410 ini untuk dijadikan Bus Reguler antar kota, desas – desus hanya datang dari PO. SAN yang berniat meminang K410 ini untuk memperkuat jajaran armada regulernya. Mungkin readers disini ada yang bisa memberi info lebih?
semoga berguna. (imt)
foto : busnesia, bismania, google
Contact me :
- Twitter : @imotorium
Facebook : Imotorium Fansfage - Email : redaksi@imotorium.com
- Youtube : Imotorium TV
- Blognya tetap, tapi alamatnya ketik imotorium.com saja ya
- Malaysia Cabut Dari Kalender F1 Mulai 2019, Lebih Memilih Fokus Ke MotoGP !!
- Unleash Your Engine To The Max !!! Pertamax Turbo Resmi Hadir di Bali
- Mewahnya Suasana Soft Launching Pertamax Turbo Di Kamandalu, Ubud, Bali.
- Komparasi Bus Hino RK8 R260 Versus Mercedes – Benz OH 1526, Mana Yang Lebih Baik?
- IMOS 2016 : Honda CBR250RR Laris Manis Nih.. Juozzz
- Honda WR-V Resmi Launching, Saingan Berat Yaris Heykers nih !!
- MotoGP : Statistik Crash Pembalap 2016, Rossi Crash 4x Sepanjang Musim, Marquez 16x !!
- Rahayu Santosa Jetliner Double Deck Bertenaga Mercy 2542 Sudah Mengaspal, Joss Tenan !!!
- IMOS 2016 : Launching Suzuki GSX-S150 Beserta Detailnya.. Jozz Banget !!
- SEMA 2016 : Modifikasi Gila Toyota Land Cruiser Tembus 2000 Hp, Veyron Lewat Jauh !!!
- IMOS 2016 : Siap Bantai Ninja 250R dan R25, Honda CBR250RR Dibanderol Paling Murah 62,9 Juta Rupiah
- IMOS 2016 : Suzuki Resmi Perkenalkan GSX-R150. Akhirnya “Sang Penerus FXR” Lahir Juga
- IMOS 2016 : Penampakan Yamaha Aerox 155 VVA, Tricity 155 dan X-Max 250 Makjangg Desainnya Gahar!!
- IMOS 2016 : AHM Suguhkan Tema “Life Style Dalam Berkendara”
suka suka sangat suka sama scania.. apalagi crane trucknya.. 😀
SukaSuka
ehh truck conteiner kamsudnya 😆
SukaDisukai oleh 1 orang
truknya memang syangar – syangar mas 😎
SukaSuka
fiturnya juga canggih canggih om dibanding buatan j*pang..
jadi rebutan para sopir truck.. hehee
SukaSuka
Telolet Telolet 😂😂😂
SukaSuka
Wew
http://macantua.com/2016/03/24/kuras-air-radiator-kawasaki-z250-sl-with-pertamina-coolant
SukaDisukai oleh 1 orang
😎
SukaSuka
Nyimak..
http://bakulkangkungjpr1.com/2016/03/24/suzuki-satria-fu-150-fi-telah-mendarat-di-papuaharganya-wow/
SukaDisukai oleh 1 orang
Hapik tenan…
SukaDisukai oleh 1 orang
joss
SukaSuka
Pernah naik Mercedez benz entah tipe apa. Aluss banget 😃
SukaDisukai oleh 1 orang
joss, mercy bawaannya nyaman walau udah tua. 🙂
SukaSuka
Sayangnya masih buat parwiss, nunggu ada yg ngelen deh biar bisa nyobain
SukaDisukai oleh 1 orang
PO mana yah kira – kira yang mau buka reguler-an pakai K410 😎
SukaSuka
Always like a Scania vehicle.. Pernah bawa Truck seri P340 nya tahun 2012 kemarin, emang beda jauh dengan Japanese Truck yang banyak beredar.. josss pokoknya.
SukaDisukai oleh 1 orang
setra.. jetbus 2 mulai pasaran.. sekarang ndeloknya lebih fresh MP new GT walau bokongnya tetep lebih berwarna adiputro jetbus..
http://dolanotomotif.com/2015/11/20/nyicip-all-new-grand-tourismo-po-eka-trayek-cilacap-surabaya-dari-yogya/
SukaDisukai oleh 1 orang
ada eranya mbud.. dulu medio 2000 an sebelum AP keluar bareng new travego seriesnya RS evo begitu menguasai… dimana – mana ada..
SukaSuka
ya begitulah.. setidaknya setra masih sedap dipandang dari segala sisi dibanding travego..
btw udah tau kalo Eka mau pake SHD sasis RN285? katanya udah masuk workshop morodadi prima..
SukaDisukai oleh 1 orang
joss, kapan ya rilisnya
SukaSuka
ganteng mbah…
SukaDisukai oleh 1 orang
[…] Scania K410, Triple Axle Sekaligus Flagship Scania di Indonesia. Rival Berat Mercedes OC 500 RF 2542 […]
SukaSuka
Saya masih bingung sama jenis chassis K410 ini. Di brosur dari UT jenis nya Scania K410EB. Tapi di TPT malah Scania K410IB.
SukaSuka
di websitenya sih K410EB.. 😀
SukaSuka
menanggapi ini “Scania K410 ini untuk dijadikan Bus Reguler antar kota” bentar lagi bakalan ada ini. PO asal sumatra, udah jadi 80%
SukaSuka
Klo g salah, yg Bener itu K 410IB.
SukaSuka
[…] spesial sekali, karena jarang – jarang ada unit Scania K410 yang beredar di jalanan (saat ini K410 hanya dimiliki Satria Muda, Pelangi dan Sempati Star […]
SukaSuka
[…] Scania K410, Triple Axle Sekaligus Flagship Scania di Indonesia. Rival Berat Mercedes OC 500 RF 2542 […]
SukaSuka
[…] Scania K410, Triple Axle Sekaligus Flagship Scania di Indonesia. Rival Berat Mercedes OC 500 RF 2542 […]
SukaSuka
[…] line jauh, GH mengandalkan Scania K360 selain MB OH 1526, Hino RK8, dan MB OH […]
SukaSuka
[…] naik bus dengan nomor lambung sekian.. karena pakai body yang udah SHD, atau karena pakai mesin scania, mercedes, hino, atau ada mania mitsubishi dll.. wkwkwkw) atau susah dapat tiket (berkaca pada […]
SukaSuka
[…] Scania K410, Triple Axle Sekaligus Flagship Scania di Indonesia. Rival Berat Mercedes OC 500 RF 2542 […]
SukaSuka