jump to navigation

Profil dan Sejarah PO Efisiensi, Primadona Jalur Selatan Jateng Dengan Armada Terbaru 19 Mei 2016

Posted by imotorium in Bus, History.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

Profil dan Sejarah PO Efisiensi - livery 2010 - 2011

Bagi penglaju di Pulau Jawa khususnya yang berdomisili di sekitaran lintas selatan Jawa Tengah.. siapa yang tidak kenal dengan PO asal Kebumen ini? yup.. armada yang digunakan selalu dalam kondisi baru.. dan hampir tidak ada armada yang berumur tua di dalam jajaran bus – bus Patas yang rutin beroperasi sepanjang rute Cilacap / Purwokerto menuju Yogyakarta dan sebaliknya.

Profil dan Sejarah PO Efisiensi - Livery lawas

Ya.. ada yang bilang bagai dealer berjalan. Karena bus – bus yang digunakan selalu unit terbaru.. PO yang digawangi oleh Pak Teuku Eri Rubiansah.. yang merupakan alumni dari Ekonomi Manajemen UII ini berawal dari kisah Pak Eri yang meneruskan usaha keluarga yang sudah turun temurun, yaitu jasa Kursus setir mobil dan montir. “Efficiëntie” inilah nama yang diberikan oleh sang Kakek untuk usahanya tersebut. Di tangan Pak Eri.. lantas usaha yang ada ini dikembangkan kembali hingga akhirnya berganti nama menjadi Efisiensi.. yang mana kosakatanya adalah serapan dari bahasa belanda menjadi bahasa indonesia, artinya tetap sama..

Pertama kali terjun ke dalam dunia bus dimulai pada 1996 dengan awalnya menggunakan bus 3/4 melayani segmen pariwisata. Tentu saja dengan pertimbangan kala itu peluang akan pariwisata sedang ramai – ramainya.. dan setelah beberapa waktu menjalani pola bisnis tersebut, barulah Efisiensi merubah kebijakan dengan menjual semua bus – bus 3/4 nya karena minat masyarakat yang dirasa kurang dengan bus medium tersebut. Dan Efisiensi memutuskan berfokus pada bus – bus besar saja. 1998 Efisiensi pernah mengambil langkah berani bekerjasama dengan HS membuka Trayek jarak jauh yakni Yogyakarta – Liwa , sebuah kota di Lampung barat yang merupakan penghubung dari 3 provinsi besar yaitu Sumatra Selatan, Bengkulu, dan tentu saja Lampung.. juga dengan PO Bengkulu Indah membuka trayek Yogyakarta – Bengkulu. Efisiensi juga menyediakan antar – jemput karyawan setelah memenangkan tender dari Caltex (Chevron) pada saat itu..

Profil dan Sejarah PO Efisiensi - Livery lawas 2

Namun pasca krismon dan mulai munculnya penerbangan LCC membuat Efisiensi menutup trayek jarak jauh ini.. karena tidak dapat mendatangkan profit sama sekali. Dan akhirnya pada 2002 lah Efisiensi mulai membuka trayek Yogyakarta – Cilacap PP, yang disusul dengan Yogyakarta – Purwokerto PP pada 2008. Memang terbilang dekat walaupun sudah masuk kategori AKAP, namun trayek inilah yang kemudian menjadi tulang punggung Efisiensi dalam menjalankan bisnisnya.

Efisiensi sendiri membidik segmen menengah-atas untuk usahanya ini, terbukti dengan armada Patasnya yang selalu tampil segar dan pelayanan yang prima. Walau demikian tarif yang dikenakan justru tarif yang bisa dibilang sangat merakyat. Efisiensi menyiapkan segala sesuatunya dengan baik.. membangun Rest area yang nyaman bagi penumpang, melayani antar gratis ke beberapa area tertentu di Yogyakarta, Purwokerto, dan Cilacap.. Efisiensi juga terkenal royal karena dengan harga tiket yang merakyat kita masih akan mendapatkan snack dan fasilitas free wifi onboard selama perjalanan.

Baca Juga :

Profil PO. NPM, Salah Satu Perusahaan Bus Tertua Di Indonesia Asal Sumatra Barat

Profil PO. Rosalia Indah, PO Ternama Asal Solo Raya

Profil PO. Siliwangi Antar Nusa (SAN), Perusahaan Otobus Asal Bengkulu Yang Terus Berinovasi

Mengenal PO Budiman, Penguasa Jalur Selatan Jawa Barat

Profil Bus PO. Safari Dharma Raya (OBL), Si Gajah Temanggung Pelari Antar Pulau

Profil dan Sejarah PO Efisiensi - shuttle bus

Shuttle bus antar moda pun disediakan Efisiensi untuk mempermudah akses dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta menuju rest area Ambar Ketawang di Gamping, Sisi barat Kota Yogyakarta.. Tentu saja ini dimaksudkan untuk mempermudah penumpang yang datang atau hendak berangkat melalui Bandara Adi Sucipto.

Bicara ke armada yang digunakan oleh Efisiensi.. Jangan salah lho readers.. seluruh armada bus Efisiensi saat ini dalam kondisi baru. Yap, Efisiensi juga terkenal karena sering menjual unit – unit busnya dalam kondisi kinyis – kinyis kepada beberapa PO lain, salah satu pengguna terbanyak armada eks Efisiensi yang paling mudah ditemui adalah PO besar asal Ciamis, Gapuraning Rahayu.

Profil dan Sejarah PO Efisiensi

Efisiensi selalu meremajakan armadanya dengan batas waktu maksimal penggunaan adalah 3 tahun, setelah itu bus dijual ke PO lain dan mendatangkan bus baru langsung dari Karoseri langganan Efisiensi saat ini.. Adiputro. Tentu saja hal ini dapat diartikan bahwa manajemen selalu ingin memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada para penumpang setianya. Hal ini juga membuat perusahaan dapat menghemat pengeluaran dalam perawatan bus – bus tersebut karena semakin tua bus tentu saja cost untuk merawatnya semakin besar.. hal ini tentu tidak sejalan dengan nama PO ini sendiri yang bernama Efisiensi.. dan tentu saja untuk menjaga image Efisiensi yang selalu melekat dengan bus – bus baru yang mewah..

Profil dan Sejarah PO Efisiensi - SHD Hino RK8

Efisiensi sendiri pada akhir tahun 2015 hingga 2016 ini memberi beberapa kejutan dengan meluncurnya armada SHD yang terbilang “efisien”. dibangun diatas chassis Hino RK8 yang merupakan pilihan hemat namun teruji.. Tapi fitur yang ditawarkan jangan dibilang hemat juga.. selain Super High Deck yang tinggi dengan bagasi luas, Bus ini juga memberikan pengalaman entertain yang baik bagi setiap penumpangnya dengan hadirnya Entertainment on Demand, berupa layar touchscreen di setiap bangkunya yang dapat diset up sehingga bisa memberikan hiburan sesuai dengan minat si penumpang, yaa bisa putar playlist musik sendiri atau nonton film.. So ngga melulu sepanjang perjalanan kita disuguhkan dengan lagu – lagu dangdut koplo atau tembang kenangan.. Seru kan!!

Profil dan Sejarah PO Efisiensi - OC500RF 2542 SDD

Ada lagi unit teranyarnya.. bisa dibilang Efisiensi adalah PO kedua yang mengoperasikan bus Double Deck untuk rute antar kota setelah sebelumnya dimulai dengan Sempati Star yang melakukan tugasnya bersama Mercy 2542 SDD di Banda Aceh – Medan. Efisiensi sendiri baru merilis armada barunya ini bulan kemarin. Dengan menggunakan Mercedes – Benz OC500RF 2542 yang diberi body Adiputro Jetbus 2+ SDD, tentu saja mengundang antusiasme para penumpang untuk mencoba bus ini. Penulis sendiri amat penasaran, semoga dalam waktu dekat bisa lah coba jalan – jalan dengan kedua armada terbaik dari Efisiensi ini.

Jadi, kapan kita jajal efisiensi ini. :mrgreen: (imt)

foto : facebook grup efisiensi lovers, bismania, google

Contact me :

Komentar»

1. nbsusanto - 19 Mei 2016

he? efisiensi nganggo legacy sr1? baru tau dan baru liat di gambar ini.. bukannya mereka pelanggan setia adiputro?
kalo kata pakdeku, efisiensi itu bakul bus.. :mrgreen:

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 19 Mei 2016

unit langka itu.. wkwkwkw..

selalu anyar busnya.. favorit tenan

Suka

nbsusanto - 19 Mei 2016

nemu nendi koe dit? tep percaya ra percaya.. seumur umur weruh adiputro kabeh.. wagu sih ra cocok ro livery efisiensi soale wkwk..

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 19 Mei 2016

ada yang post di grup.. armada anyar kui.. tapi agak gimana gitu ya.. soalnya dari dulu memang melekat sama AP 😀

Suka

nbsusanto - 19 Mei 2016

nah itu dia dit.. setauku armada terbaru setelah jetset3 ya jetset shd.. lha kok ujug-ujug legacy sr1.. ra nyambung.. nggak sekeren PO lain wkwkwk

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 19 Mei 2016

mungkin kasusnya bakal sama kalau SRGS pakai baju selain Legacy.. wkwkwkwk

Suka

nbsusanto - 19 Mei 2016

koe ngerti wae arah omonganku ning SRGS wkwkwk.. ya misalnya SRGS pake new setra, masih cakep walau nggak secakep legacy.. yg legacy bukan kaca belah aja kalah cakep dari kaca belah ala ATB.. :mrgreen:

Suka

imotorium - 19 Mei 2016

kebayang misal ada bus SHD pakai kaca belah… wkkwkwkwkwk

Suka

FЭЯY - 19 Mei 2016

Budi telolet 😂

Suka

nbsusanto - 19 Mei 2016

hai gan, kapan nemenin adit cari telolet? wkwk

Suka

FЭЯY - 19 Mei 2016

Kan udah ente temenin di pinggir tol…paling jauh dari jakarta ampe tasik hunting Telolet 😂

Suka

nbsusanto - 19 Mei 2016

ckckck ntar tol bocimi udah jadi bisa-bisa bis bandung/tasik lewat jagorawi kalo cikampek-cipularang macet.. 😆

Suka

FЭЯY - 19 Mei 2016

Ngoahahaaaa… bisa jadi

Suka

awansans - 21 Mei 2016

Kayaknya kalau ngggak salah unit Efi SR1 ada sebelum new setra, dulu ane sering liat efisinesi legacy sr1 wara wiri di kebumen, unitnya ijo semua, tp katanya sekarang sudah sold out semua.

Disukai oleh 1 orang

2. mandirajati - 19 Mei 2016

mantabh mbah !

Disukai oleh 2 orang

imotorium - 19 Mei 2016

joss mas 😎

Suka

3. sebarkan.org - 19 Mei 2016
imotorium - 19 Mei 2016

sebulan setengah lagi lebaran.. yoo pulkam

Disukai oleh 1 orang

sebarkan.org - 20 Mei 2016

Hayokkk..😀

Suka

4. Fawwas Zulfian Riko - 19 Mei 2016

Rest area ambar ketawang, gamping deket tu ama halaman kampung ibuku 😊😊😊😊

Disukai oleh 1 orang

5. Fawwas Zulfian Riko - 19 Mei 2016

Rest area ambar ketawang, gamping deket tu ama halaman kampung ibuku 😊😊😊😊
Disitu Setiap pulkam pasti armadanya baru baru

Suka

imotorium - 21 Mei 2016

woh enak dong mas bisa nyicip bus baru terus tiap pulkam. jozzz
😀

Suka

Fawwas Zulfian Riko - 21 Mei 2016

Belum pernah nyoba sih mas, tapi lebaran nanti dah nyicip, ga SDD ya SHD lah 😀😀😀

Disukai oleh 1 orang

6. Mase - 19 Mei 2016
7. kangyuli - 19 Mei 2016

Bus Efisiensi udah jadi favorit bro, pelayanannya semakin oke, pesan tiket busnya juga semakin mudah.

Cara Mudah Memesan Tiket Bus Efisiensi

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 21 Mei 2016

pelayanannya memang nomor 1. kapan ya efi berani buka trayek lebih jauh.. 😀

Suka

kangyuli - 21 Mei 2016

Udah pernah naik om?

Suka

8. coey91 - 20 Mei 2016

d jalan raya kletek ane sering liat bus ini lw lg ngopi n sesekali jg liat als….. lw sering si sumber grub dan jeng mira dan eka dgn armada terbarunya kekekeke

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 21 Mei 2016

sekarang persaingan lintas selatan jateng semakin sengit.. bisa pilih mau nyicip bus yang banter atau mau bus yang punya armada selalu baru terus.. wkwkwk

Suka

coey91 - 25 Mei 2016

sayang ane.ngk.pernah naik bus mbah kcuali pariwisata la ngk punya kampung halaman smuanya sidoarjo….. kekekekekeke

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 25 Mei 2016

turing dong PP, sekali – kali mah gapapa kan
😀

Suka

coey91 - 16 Juni 2016

kapan mbah iso turing smpyn jarene sobo.e sidoarjo yo mbah…. aku melu

Suka

9. Fawwas Zulfian Riko - 21 Mei 2016

Wow, SHD keneknya cewek 😱 😱 😄 😄, jadi pingin naik sekarang 😄😄😄

Disukai oleh 1 orang

10. awansans - 22 Mei 2016

Kayaknya kalau ngggak salah unit Efi SR1 ada sebelum new setra, dulu ane sering liat efisinesi legacy sr1 wara wiri di kebumen, unitnya ijo semua, tp katanya sekarang sudah sold out semua.

Disukai oleh 1 orang

11. aditya7869 - 27 Mei 2016

bang, profil + sejarah scorpion holiday ato purnayasa dong

Disukai oleh 1 orang

12. Melihat Suasana H+7 Lebaran Di Pool Budiman Tasikmalaya, Rame Yang Berangkat Ke Perantauan | imotorium - 15 Juli 2016

[…] Profil dan Sejarah PO Efisiensi, Primadona Jalur Selatan Jateng Dengan Armada Terbaru […]

Suka

13. Mengenal Lebih Dekat PO Pahala Kencana Dan Sejarahnya, Salah Satu Barometer Bus Nyaman Di Indonesia | imotorium - 7 Oktober 2016

[…] Profil dan Sejarah PO Efisiensi, Primadona Jalur Selatan Jateng Dengan Armada Terbaru […]

Suka

14. yoga - 2 November 2016

kereen bisnya efesiensi,… sering lewat mojokerto tuh bus,.. tapi kayaknya pariwisata..

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 4 November 2016

Trayeknya efi masih di jawa tengahan saat ini mas 😁

Suka

15. Rahayu Santosa Jetliner Double Deck Bertenaga Mercy 2542 Sudah Mengaspal, Joss Tenan !!! | imotorium - 8 November 2016

[…] Jetbus 2+ SDD saja yang terdengar digunakan sebagai armada reguler bus AKAP (oleh Sempati Star dan Efisiensi), yang mana umumnya Double Deck lebih digunakan sebagai armada bus dalam kota. dilihat dari format […]

Suka


Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)