jump to navigation

Mengenal Mercedes – Benz OC 500 RF 2542, Bus 3 Axle Terpopuler Di Indonesia 10 Mei 2016

Posted by imotorium in Bus, Factory.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

Mercedes Benz OC500RF 2542

Alhamdulillah akhirnya penulis bisa kembali merilis artikel setelah sebelumnya terkendala masalah sinyal internet, saat ini sedang di desa mengurus keperluan adik yang baru saja lulus sekolah :D, kali ini penulis akan membahas bus yang lagi jadi Primadona di jagat transportasi darat Tanah Air.. ya.. siapa lagi kalau bukan 3 Axle Mercedes – Benz OC 500 RF 2542. 

Mercedes Benz OC500RF 2542 PO Kurnia

2542 Pertama yang mengaspal di Indonesia, sempat terkendala izin jalan

Bus yang awalnya sempat dijuluki “tronton” ini hadir ke Indonesia pada medio 2014 dan kemunculannya di jalanan ditandai melalui salah satu PO Ternama asal Serambi Mekah, PO. Kurnia, berbalutkan karoseri AdiPutro Jetbus 2 HD. Yang mana saat itu tentu saja menggemparkan karena belum habis hype bus bertenaga besar seperti Scania K Series dan Mercedes O 500 R 1836 yang digunakan di PO – PO besar seperti Nusantara, Harapan Jaya, Budiman.. malah muncul sesuatu yang lebih wah.

Mercedes Benz OC500RF 2542 Engine cooling

2542 ini sendiri khusus untuk yang beredar di Indonesia hadir dalam standar yang disesuaikan dengan kondisi negara kita. Mesin berkubikasi bersih 11.967 cc yang menghasilkan tenaga hingga 422 Hp / 2000 rpm dan torsi sebesar 1.900 nm / 1.100 rpm cukup besar untuk menghela bus ini hanya dengan sentuhan kaki yang lembut. Mesin OM457LA yang tertanam di chassis modular Mercedes – Benz ini sendiri khusus indonesia “hanya” sudah lolos Euro III, dengan Bluetec yang merupakan sistem pembuangan emisi mesin diesel dengan metode selective catalytic reduction (akan dibahas pada artikel khusus selanjutnya). Berbeda dengan yang beredar di luar negeri yang sudah Euro 4 dan 5.. wajar saja dilakukan penyesuaian mengingat kualitas bahan bakar di negeri ini belum begitu baik.

Mercedes Benz OC500RF 2542 Raised Floor Electrical

Teknologi yang tertanam di chassispun tidak bisa dibilang biasa saja. Chassis 2542 ini menggunakan sistem elektronik RF (Raised Floor) yang mana memiliki perbedaan dengan chassis bus kebanyakan.. chassis 2542 ini memiliki “otak” yang mana semua komponen elektronik terintegrasi dengan sebuah sistem yang diberi nama IES CAN. Yang mana fungsinya adalah memudahkan pemantauan kondisi semua unit kontrol dari bus cukup melalui IES Onboard, sistem diagnostik ini juga membantu menekan biaya perawatan bus sehingga lebih murah karena mekanik / teknisi langsung dapat mengetahui part mana yang butuh perbaikan tanpa harus memeriksa secara menyeluruh.

Baca Juga :

Scania K410, Triple Axle Sekaligus Flagship Scania di Indonesia. Rival Berat Mercedes OC 500 RF 2542

Mercedes Benz OC500RF 2542 as roda

OC 500 RF ini sudah mengadopsi suspensi independen untuk menambah kenyamanan dan kestabilan kendaraan, dan air suspension tentunya menjadi fitur wajib. Bus ini bisa disetel ketinggiannya untuk menyesuaikan medan jalan yang dilalui. Axle roda ketiga juga berfungsi untuk membantu manuver bus kala menemui tikungan tajam atau kala berputar di area yang tidak begitu luas, terbukti walau bus 3 axle ini memiliki panjang kurang lebih 15 meter, memiliki radius putar sekitar 23,9 meter.

Disamping itu, pengereman bus juga semakin ciamik dengan diaplikasinya disk brake, tentu dilengkapi dengan berbagai penunjang keselamatan dan kenyamanan seperti Electronic Stability Program (ESP), Electronic Brake System (EBS), Antilock Braking System (ABS) dan Retarder yang mengatur distribusi pengereman di setiap roda serta ASR.

Mercedes Benz OC500RF 2542 Pricelist

harga chassis 2542 per 2016

Saat ini user 2542 terus bertambah.. bodynya dikreasikan oleh berbagai karoseri seperti AdiPutro, New Armada, Nusgem, RS dan lainnya..  tercatat banyak PO Besar yang menggunakannya baik dalam format SHD ataupun Double Deck seperti PO Pelangi, Sempati Star, Efisiensi, Marissa Holiday dan masih banyak lagi. OC500RF 2542 sendiri di Indonesia dijual dalam 4 varian, yang mana tersedia juga pilihan yang menggunakan transmisi ZF Ecolife.

pandawa iims2542 Efisiensi SDD adiputro.jpg

New Armada Highlander 2542

Semoga bermanfaat (imt). 😀

foto : google, hartono motor, bismania, fb,  pribadi

Contact me :

 

Komentar»

1. FЭЯY - 10 Mei 2016

telolet toronton 😆

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 10 Mei 2016

awaassssss mingggiiiirrr *telolet

Suka

FЭЯY - 10 Mei 2016

Ciye nu menang telolet 15 gb, jkt-bjs-cimahi 😂😂😂

Suka

2. techtonime - 10 Mei 2016

baru tau kalo bus torsinya bisa lebih dari 1500Nm di rpm nggak nyampe 1500…
dipasang dimobil kecil buat drag race udah njengat njengat tuh…

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 10 Mei 2016

over torque ya pastinya :p

Suka

3. ocor - 10 Mei 2016

gmbr sasis nomer 1 kok pndek amat ya? sasis bis tuh??

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 10 Mei 2016

itu memang aslinya sebelum disambung ulang, namanya chassis modular, semua bus yang memakai jenis chassis ini sebelum masuk sesi perakitan body di karoseri hampir semuanya pendek.

bisa baca disini seputar jenis – jenis chassis 😀

Mengenal Tipe – Tipe Chassis Bus Yang Beredar Di Indonesia

Suka

4. Mas Sayur - 10 Mei 2016
imotorium - 10 Mei 2016

akas malah rung jajal saya 😛

Suka

5. TBSC - 10 Mei 2016

Sempat ngobrol kemarin sama salah satu crew PO asal Aceh, menurut beliau kualitas Mercy sekarang tidak sebagus dulu lagi. 1836 & 2542 sering kali trouble, entah itu ringan atau besar. Makanya sekarang PO di Aceh mulai beralih ke Scania, bahkan ada yang ngeborong banyak chassis K410IB.

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 10 Mei 2016

benar mas, kelemahan sejak masuk generasi elektrik memang itu.. agak rewel. Beda sama generasi lama yang tahan banting.. yang buktinya sampai sekarang masih banyak beredar. Ngga heran juga sih kenapa PO – PO yang punya trayek jauh lebih senang pakai mercy – mercy tua misal 1518 dan 1521.

Suka

6. FZR OH 1626 - 11 Mei 2016

Min request OH 1626

Disukai oleh 1 orang

7. bmspaces - 16 Mei 2016
imotorium - 16 Mei 2016

Parung indah masi punyanya agra mas kan ya

Disukai oleh 1 orang

8. handoyo25 - 17 Mei 2016

Kira2, apa ya benefit penggunaan 3 axle ini? (dibanding 2 axle)

Suka

imotorium - 19 Mei 2016

Axle belakangnya itu membantu pas manuver sempit.. Sekaligus juga menopang bobot yang lebih berat, walau ngga terlalu kearah sana sih.. Kemampuannya sanggup bawa hingga 25 ton

Suka

9. Fawwas Zulfian Riko - 19 Mei 2016

Bus triple Axle ini ada keuntungannya karena pada saat di tikungan sempit bisa bermanuver dengan mudah berkat ban belakang, tapi beloknya kebalik, yg depan ke kanan, yg belakang ke kiri, begitu juga sebaliknya. 😊😊😊

Suka

10. Fawwas Zulfian Riko - 19 Mei 2016

Bahas juga dong si O 500 RSDD 2741, si quad Axle.

Suka

11. Yoyo - 24 Juni 2016

Kalo chasis dengan mesin emisi euro 3 dan perangkat elektrik secanggih itu jangan di minumin bio solar ntar cepet rusak.. kalo udah rusak biaya nya selangit. Di luar negeri sana bis2 dng chasis premium seperti itu di kasih solar dengan settan yg tinggi. Klo do indo minimum ya dex, paling bagus shell diesel. Beda cerita kalo kayak hino RK8 yg perangkatnya masih konvensional dan masih euro 2, di kasih solar masih mau. Euro 3 harus sering2 ganti filter solar aja kalo mau awet di minumin solar.

Suka

imotorium - 24 Juni 2016

nah itu dia, makanya mecy – mercy lawas masih jadi favorit apalagi untuk bus yang rutenya jauh – jauh..

Suka

12. GIIAS 2016 : Berani Berubah, Transjakarta Laksana Cityline 2 Scania K310 6×2 !!! | imotorium - 22 Agustus 2016

[…] adalah salah satu dari sekian merk tenar lainnya seperti Mercedes-Benz, Hino, Toyota yang kini mengisi slot – slot bus Transjakarta. Scania yang diajak mejeng di […]

Suka

13. Mengenal Lebih Dekat PO Pahala Kencana Dan Sejarahnya, Salah Satu Barometer Bus Nyaman Di Indonesia | imotorium - 7 Oktober 2016

[…] Executive. Kekuatan armadanya kini sudah mencapai 300-an unit bus, yang diisi oleh 2 merk raksasa Mercedes – Benz (1521, 1525, 1526, 1626, dan 1830) dan Hino (RK8, […]

Suka

14. Profil dan Sejarah PO Efisiensi, Primadona Jalur Selatan Jateng Dengan Armada Terbaru | imotorium - 10 Oktober 2016

[…] – Medan. Efisiensi sendiri baru merilis armada barunya ini bulan kemarin. Dengan menggunakan Mercedes – Benz OC500RF 2542 yang diberi body Adiputro Jetbus 2+ SDD, tentu saja mengundang antusiasme para penumpang untuk […]

Suka

15. Rahayu Santosa Jetliner Double Deck Bertenaga Mercy 2542 Sudah Mengaspal, Joss Tenan !!! | imotorium - 8 November 2016

[…] resmi diuji coba di jalan raya setelah bus sudah selesai dikerjakan. Dibangun diatas chassis 3 axle Mercedes – Benz OH 2542 , bus ini merupakan pesanan perusahaan bus & travel yang lahir di kota Siantar, Sumatra Utara.. […]

Suka


Tinggalkan Balasan ke Profil dan Sejarah PO Efisiensi, Primadona Jalur Selatan Jateng Dengan Armada Terbaru | imotorium Batalkan balasan