jump to navigation

Mengenal Hino RN 285, Flagship Bus Hino Di Indonesia Saat Ini 17 Maret 2016

Posted by imotorium in Bus, Factory.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

RN 285 dashboard

Readers, Hino di Indonesia kini sudah menjadi salah satu pabrikan terbaik dan pilihan sebagian besar perusahaan otobus. Reliabilitas mesin dan chassisnya sudah tidak diragukan lagi, dukungan aftersalesnya teramat baik di Indonesia, dan lagi adalah Faktor harga, Hino memberikan harga yang lebih murah di kelasnya. Tidak heran begitu banyak PO yang memilih hino, salah satu yang menjadi flagship Hino di Indonesia sekarang adalah RN 285

RN 285 chassis

RN 285 saat ini adalah flagship dari produk bus Hino di Indonesia, Hino merilis varian RN285 ini tentu saja didasari setelah melihat tren bus – bus di Indonesia yang semakin kesini semakin menginginkan varian bus bertenaga besar dan memiliki air suspension untuk dijadikan armada unggulannya. Hino ingin kembali mengulang kesuksesan Hino RK8 dan Hino AK 215 pada varian RN ini. Berikut spesifikasi dari RN 285 :

Spesifikasi Hino RN 285 / RN8JSKA – SJJ

  • Kecepatan Maksimum : 119 (km/jam)
  • Daya Tanjak (tan Ø) : 35
  • Model MesinModel : J08E – VT ,7,684 cc
  • Tipe : Mesin Diesel 4 Langkah Segaris; Common Rail; Turbo Charge Intercooler
  • Tenaga Maksimum (PS/rpm) : 285 /2.500
  • Torsi Maksimum (Kgm/rpm) : 91 / 1.500
  • Jumlah Silinder : 6; Diameter x Langkah Piston (mm) : 112 x 130
  • KoplingTipe : Pelat Kering Tunggal; Hydraulic Operation
  • Diameter Cakram : 380 (mm)
  • TransmisiTipe : ZF6S1000BD
  • Perbandingan Gigi :C : -ke-1 : 7,716 ke-2 : 4,423 ke-3 : 2,854 ke-4 : 1,915 ke-5 : 1,301 ke-6 : 1,000
  • Mundur 7,098
  • KemudiTipe : Integral Power Steering; Minimal Radius Putar : 9.5 m
  • SumbuBelakang : Full Floating Type Hypoid Gear
  • Depan : Reserve Elliot, I-Section Beam
  • Perbandingan Gigi Akhir : 4,300; Sistem Penggerak : Rear , 4 x 2
  • Roda & BanUkuran Rim : 22,5 X 8,25-165; Ukuran Ban : 11R 22,5-16PR
  • Jumlah Ban : 6 (+1); SuspensiDepan & Belakang : Air suspension dilengkapi Stabilizer dengan Double Acting Shockabsorber
  • Accu : 12V-120Ah x 2
  • DimensiKapasitas Tangki Solar : 270 lt
  • Jarak Sumbu Roda : 6000 ; Total Panjang : 11.670; Total Lebar : 2.450 ;
  • Total Tinggi : 2.020; Lebar Jejak Depan : 2.040; Lebar Jejak Belakang : 1.820;
  • Julur Depan : 2.380; Julur Belakang : 3.290;
  • Berat Chassis (kg)Depan : 1.600; Belakang : 3.820; Berat Kosong : 5.420;
  • Harga Off The Road : Rp. 785.000.000   *Harga sewaktu-waktu dapat berubah

Baca Juga :

Mercedes – Benz OH 1521 E III, Penerus Sang Legenda Si “Intercooler” OH 1521

Mengenal Scania K250UB, Bus Yang Akan Menggantikan Keberadaan Metromini

Si Legendaris Mercedes – Benz OF 1113, Bus Mesin Depan Mercedes Di Indonesia

Bus Scania Bermesin Depan Di Indonesia, Scania F Series

Mengenal Mercedes-Benz OH 1525, Pelopor Electrical Engine Management Dari Bus Mercedes Di Indonesia

Mengenang Perkasa (Texmaco), Pabrikan Chassis dan Mesin Bus Asli Indonesia

Mengenal Volvo B7R, Bus Bertenaga Besar Asal Swedia Yang Masuk Ke Indonesia

Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia

Mengenal Varian Mesin dan Chassis Bus Hino RK Series, Inilah Ciri – Cirinya!

Cara Mengidentifikasi Merk dan Tipe Bus Yang Beredar Di Indonesia – Hino AK8

Profil Isuzu LT 1, Penantang Baru MB OH 1526 dan Hino RK8 Di Indonesia

klik untuk memperbesar :

RN 285 engine RN 285 brochure

Harga untuk sebuah bus yang memiliki output besar dan Air Suspension ini terbilang murah, bahkan harganya hanya selisih sedikit dengan varian Mercedes OH 1526 yang kini berada di angka Rp. 765.000.000; dengan selisih itu perbedaan yang didapat cukup besar. Tidak heran perlahan varian RN 285 ini mulai mencuri minat para pengusaha bus baik itu bus pariwisata atau bus reguler. Sedikit tips untuk mengidentifikasi RN285 ini adalah dengan melihat jumlah baut roda, bila bus Hino yang beredar di Indonesia baik itu Varian RK, RG, atau AK hanya menggunakan 8 baut roda, Hino RN285 ini menggunakan 10 Baut. Yap, persis Mercedes.. dan bila melongok ke area kemudi akan mudah sekali.. setirnya memiliki bagian tengah / klakson yang cukup besar, dan konsol speedometer meninggalkan ciri khas yang melekat pada varian Hino sebelumnya, Kini lebih simple dan ukurannya lebih kecil. Oya, untuk overhang belakang juga sedikit lebih panjang dibanding RK8 🙄

Tercatat saat ini Hino RN 285 sudah digunakan oleh beberapa PO besar seperti diantaranya PO. Sinar Jaya yang memadukannya dengan Laksana Legacy SR-1 , PO. Agra Mas, PO. Harapan Jaya dengan Tentrem Scorpion, PO. Shantika dengan Adi Putro Jetbus HD 2, PO. Subur Jaya  dan lain – lain.

RN 285 3

RN 285 ini juga cocok disandingkan dengan berbagai karoseri

Hino RN285 ini sayangnya hadir dengan chassis yang masih bertipe ladder frame, bila kedepannya Hino mau menelurkan opsi modular chassis bukan tidak mungkin persaingan akan semakin panas, keleluasaan kustomisasi bisa dibuat karoseri dengan modular chassis / spaceframe. Tentu saja varian bus semisal double deck atau super high deck akan sering berseliweran di jalanan Indonesia kedepannya dari beragam merk. Dan Hino memiliki keunggulan yaitu di harga yang lebih murah dibanding pesaingnya dari tanah eropa.

semoga bermanfaat. (imt)

foto & src : bismania, hino.co.id, haltebus, flickriver, google

Contact me :

Komentar»

1. macantua.com - 17 Maret 2016

Eh ada RN di sini….

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 17 Maret 2016

di kandangnya mang maung RN semua malah 😛

Suka

2. nbsusanto - 17 Maret 2016

rn285 ne sinar jaya legacy sr-1 penak dit.. ra kurang-kurang tenaga dan kenyamananne..

http://dolanotomotif.com/2016/02/16/ke-jakarta-bersama-bus-sinar-jaya-berkaroseri-laksana/

Disukai oleh 1 orang

FЭЯY - 17 Maret 2016

Budi naek Rg 😂😂😂

Suka

nbsusanto - 17 Maret 2016

huss, harusnya kenceng.. harusnya…..

Suka

FЭЯY - 17 Maret 2016

Iya harus nya iso kenceng 😂

Suka

nbsusanto - 17 Maret 2016

ngebut ala operatornya Eka atau Sugeng Rahayu Golden Star dijamin deh.. lebih menyenangkan.. huft..

Suka

FЭЯY - 17 Maret 2016

Siapa suruh budi naek budi 😂😂😂

Suka

nbsusanto - 17 Maret 2016

njir.. adit tu per! 😈

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 17 Maret 2016

joss ya, reviewnya mantap XD

Disukai oleh 1 orang

FЭЯY - 17 Maret 2016

Sookkoorrr 😂😂😂

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 17 Maret 2016

ngoahahahahah

Suka

3. Zuhrul Anam - 17 Maret 2016

keren gan 😀 lengakp banget ni thanks infonya 😀

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 17 Maret 2016

makasi banyak mas zuhrul anam 😀 joss

Suka

4. heri - 17 Maret 2016

mau rn, mau rg, sing penting tekan

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 17 Maret 2016

joss

Suka

5. awansanblog - 17 Maret 2016

Dashboardnya wes rodo apikan, nk dibanding seri lain

Suka

6. Mas Sayur - 17 Maret 2016

Nyimak ,mbah.
Ra mudeng bis… 😉

Suka

7. Jildhuz - 17 Maret 2016

Wah ini perbisan, bis mania nih, ane taunya ngebis yg penting empuk om, wkwkkwkw

Kaboor

http://jildhuz.com/2015/03/02/kelakuan-member-mlm-membuat-dalil-sendiri-dan-menkafirkan-muslim/

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 17 Maret 2016

Enak mas ketiduran di bus 😂 tau2 nyampe

Suka

8. cah kds - 18 Maret 2016

Masih kenceng bus haryanto om… gak tau pakai hino seri apa digeber sampai 125km/jam di tol cikampek.ngeri2 sedap rasanya…

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 18 Maret 2016

joss, biasanya RK8 atau RG kalau bukan seri RN 😀

Suka

9. khsblog - 18 Maret 2016
10. Niko AdamP - 18 Maret 2016

Subur jaya kan rata” stickernya yang RN kalo itung baut mah 8 min alias RK 😂

Suka

imotorium - 18 Maret 2016

ketutup dop velg jadi ga keliatan XD berarti mesti naik ke dalam dulu ya baru ketauan apa 😀

Suka

11. Scania K410, Triple Axle Sekaligus Flagship Scania di Indonesia. Rival Berat Mercedes OC 500 RF 2542 | imotorium - 24 Maret 2016

[…] Hino RN 285, Flagship Bus Hino Di Indonesia Saat Ini […]

Suka

12. anief mahanani - 25 Maret 2016

ada yang tau tentang sejarah bis MUNCUL yang berlokasi disolo jawa tengah…?????monggo dishare klo da yg tau…

Disukai oleh 1 orang

13. Impresi Singkat Bus Blue Star OH 1632 Di IIBT 2016, The One and Only Mercedes – Benz OH 1632 Di Indonesia | imotorium - 5 April 2016

[…] Hino RN 285, Flagship Bus Hino Di Indonesia Saat Ini […]

Suka

14. Mengenal Bus PO Harapan Jaya, Si “Kuda” Oranye Asal Tulungagung. | imotorium - 4 Oktober 2016

[…] saja yang digunakan sekarang mulai dari Mercedes – Benz (OH 1526, 1626, 1836), Hino (RK8, RN285) , Volvo (B7R) , dan Scania (K310, K360, K380). Kelas yang ditawarkan juga beragam sekali mulai […]

Suka

15. Tomi - 9 Oktober 2016

Jelas ini nambah pengetahuan saya ttg per bis san. Maturnuwun sangat mas adi 😂

Suka

16. Terminal Purabaya, Kota Surabaya Bakal Adopsi Sistem Online Ticketing. Check-In ala Bandara, Setuju? | imotorium - 13 Oktober 2016

[…] nomor lambung sekian.. karena pakai body yang udah SHD, atau karena pakai mesin scania, mercedes, hino, atau ada mania mitsubishi dll.. wkwkwkw) atau susah dapat tiket (berkaca pada kereta api sekarang […]

Suka

17. Komparasi Bus Hino RK8 R260 Versus Mercedes – Benz OH 1526, Mana Yang Lebih Baik? | imotorium - 13 November 2016

[…] Mengenal Hino RN 285, Flagship Bus Hino Di Indonesia Saat Ini […]

Suka

18. joe - 18 November 2016

kemarin ngobrol sama driver bus parwis, RN285 tarikan bawah y kurang, enak y buat kecepatan tinggi/tol aja, itu katanya.

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 21 November 2016

Wah berarti karakternya mirip2 RG ya

Suka


Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: