Mengenal Si Legendaris Mercedes – Benz OF 1113, Bus Mesin Depan Mercedes Di Indonesia 9 Maret 2016
Posted by imotorium in Bus, History, Wawasan.Tags: Bismania, Bus Indonesia, Bus Jadul, German Motor Manufacturing, king, Mercedes benz LP 911, mercedes benz of 1113, mercedes benz oh 1113, mercedes benz oh 1518, mercedes benz oh 1521, mercedes indonesia, mercedes of 1113 remanufacturing, mercy, mercy intercooler, mesin bus mercedes, OF 8000, PO. Bali Indah, PO. Budiman, prima, PT. Adedanmas, sejarah mercedes, tipe bus mercedes benz
trackback
Readers, mohon maaf sebelumnya baru kini penulis bisa kembali online setelah 2 hari kebelakang penulis kembali mendapat teguran dari Yang Maha Kuasa, Alhamdulillah semoga kedepannya penulis bisa lebih hati – hati dan lebih menguatkan Iman. Oke Readers, kali ini kembali kita sejenak mengulas bus yang pastinya populasinya kini semakin berkurang, ya.. salah satunya si Legendaris Mercy OF 1113 atau yang dikenal juga mercy doyok. 😀
Bicara eksistensi Mercedes digunakan sebagai armada bus, dapat kita simak kembali pada artikel salah satunya pada artikel PO Continental, yang mana pada mulanya mercedes merilis varian busnya di Indonesia diawali oleh model LP 911 dan dilanjutkan oleh OF 1113. OF 1113, OF sendiri merupakan Akronim dari Omni Front yang berarti mesin Depan. Ini dapat dimaknakan sebagai chassis bus yang menggunakan konfigurasi mesin depan, OF 1113 sendiri ditenagai oleh mesin OM 352 yang sanggup memuntahkan tenaga 130 – 170 Hp pada putaran maksimal 2800 rpm (sesuai generasi)
Spesifikasi mesin OF 1113
-
Mercedes Benz Type 352
-
Model 353.961
-
Combustion System,Four-stroke diesel with direct injection layout6, vertical in-line Bore97 mm97.5 mmStroke128 mm133 mm
-
Total displacement : 5,672 cc (346.1 cu in)
-
Compression ratio : 17:01
-
Maximum power : 96 kW (131 PS; 129 hp) 2800 rpm
-
Maximum torque : 363 N·m (268 lb·ft) at 1700 rpm
-
Idle Speed : 700 rpm
-
Weight : dry460 kg
*data OF 1113 generasi awal
Diperkenalkan pertama kali medio 1970 – an melalui Mercedes Benz OF 1113 A , OF 1113 lantas naik daun dan menjadi primadona banyak PO pada masanya. Dikarenakan kehandalan mesinnya dan kenyamanan yang ditawarkan lebih baik dibandingkan merk – merk lain. Selama itu pula mercedes merilis varian suksesor dari OF ini dengan menghadirkan OF 1113 B dan OF 1113 generasi ke-3 yang sudah dilengkapi dengan Power Steering dan produksi power yang mencapai 170 HP. Mercedes OF 1113 ini juga merupakan salah satu favorit para driver – driver pada masanya, karena perawatannya sangat mudah sekali, dan tenaga yang dihasilkan pun termasuk besar. Tak ayal banyak Bus – Bus Cepat menggunakan mesin ini untuk Armada mereka.
Saat ini Mercedes OF 1113 semakin sulit ditemui dikarenakan banyak PO – PO yang lebih memilih mengoperasikan bus mesin belakang, ditambah lagi mercedes resmi mengentikan penjualan OF 1113 pada medio 1990-an setelah pasar ternyata lebih meminati seri OH 1113 (prima) yang dilanjut oleh 1518, 1521, 1525 hingga yang kita kenal sekarang 1526.
Baca Juga :
Bus Scania Bermesin Depan Di Indonesia, Scania F Series
Mengenal Mercedes-Benz OH 1525, Pelopor Electrical Engine Management Dari Bus Mercedes Di Indonesia
Mengenang Perkasa (Texmaco), Pabrikan Chassis dan Mesin Bus Asli Indonesia
Mengenal Volvo B7R, Bus Bertenaga Besar Asal Swedia Yang Masuk Ke Indonesia
Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia
Mengenal Varian Mesin dan Chassis Bus Hino RK Series, Inilah Ciri – Cirinya!
Cara Mengidentifikasi Merk dan Tipe Bus Yang Beredar Di Indonesia – Hino AK8
Profil Isuzu LT 1, Penantang Baru MB OH 1526 dan Hino RK8 Di Indonesia
Walau sudah tidak diproduksi lagi, Mercy OF 1113 ini masih digunakan hingga sekarang oleh beberapa PO sebagai armada kesayangan, seperti salah satu contohnya PO Budiman, yang masih memiliki OF 1113 dan masih beroperasi melayani trayek reguler yang penuh tikungan dan tanjakan curam Bandung – Pangandaran. Yang mana OF 1113 ini sudah mengalami rebody menggunakan Laksana sprinter dan menggunakan AC juga. Bukti kehandalan OF ini juga dapat ditemui pada armada – armada bus ekonomi AKDP Jawa Timuran dan bus AKDP di Sumatra Utara.
Bahkan pada penghujung 2011 lalu PT. Adedanmas melakukan remanufacturing dari chassis OF 1113 ini bahkan memberikan garansi hingga 50.000 km atau setahun. Chassis dan Mesin secara keseluruhan dikembalikan kepada kondisi seperti baru. Namun masih bersifat terbatas, dan satu lagi bus – bus lawas ini tentu saja membutuhkan perawatan ekstra dibandingkan armada – armada terbaru saat ini.
semoga bermanfaat. (imt)
foto : bismania, busnesia, google
- Twitter : @imotorium
Facebook : Imotorium Fanspage - Email : imotorium@gmail.com
- Youtube : Imotorium TV
- Blognya tetap, tapi alamatnya ketik imotorium.com saja ya
- Malaysia Cabut Dari Kalender F1 Mulai 2019, Lebih Memilih Fokus Ke MotoGP !!
- Unleash Your Engine To The Max !!! Pertamax Turbo Resmi Hadir di Bali
- Mewahnya Suasana Soft Launching Pertamax Turbo Di Kamandalu, Ubud, Bali.
- Komparasi Bus Hino RK8 R260 Versus Mercedes – Benz OH 1526, Mana Yang Lebih Baik?
- IMOS 2016 : Honda CBR250RR Laris Manis Nih.. Juozzz
- Honda WR-V Resmi Launching, Saingan Berat Yaris Heykers nih !!
- MotoGP : Statistik Crash Pembalap 2016, Rossi Crash 4x Sepanjang Musim, Marquez 16x !!
- Rahayu Santosa Jetliner Double Deck Bertenaga Mercy 2542 Sudah Mengaspal, Joss Tenan !!!
- IMOS 2016 : Launching Suzuki GSX-S150 Beserta Detailnya.. Jozz Banget !!
- SEMA 2016 : Modifikasi Gila Toyota Land Cruiser Tembus 2000 Hp, Veyron Lewat Jauh !!!
- IMOS 2016 : Siap Bantai Ninja 250R dan R25, Honda CBR250RR Dibanderol Paling Murah 62,9 Juta Rupiah
- IMOS 2016 : Suzuki Resmi Perkenalkan GSX-R150. Akhirnya “Sang Penerus FXR” Lahir Juga
- IMOS 2016 : Penampakan Yamaha Aerox 155 VVA, Tricity 155 dan X-Max 250 Makjangg Desainnya Gahar!!
- IMOS 2016 : AHM Suguhkan Tema “Life Style Dalam Berkendara”
Loh bus iki rek
Aneka Modif CB (Japstyle & Schramble) mesin Ninja! – http://wp.me/p3RBTf-4Yd
SukaDisukai oleh 1 orang
Gardan depan
http://singindo.com/2016/03/09/anak-gubernur-banten-rano-karno-tabrak-taksi-dan-motor-di-bandara-soekarno-hatta/
SukaDisukai oleh 1 orang
gede bener mesinnya.. 😀
SukaSuka
masih bandel mesinnya, beresin dikit langsung gasss
SukaSuka
mesin mercy emang awet ya om..
SukaDisukai oleh 1 orang
acan nyobaan nu kieu 😆 … Ngan asa paur teu kuat nanjak di gentong jng nagreg ngoahahaaaaaaa 😆
SukaDisukai oleh 1 orang
wkwkwkwk tapi ngeunah mun datar, larina josss XD
SukaSuka
Dengan tenaga cuma “segitu” top speed bis bisa mencapai 100 km/h.Tapi kenapa bis jaman sekarang dgn tenaga yg hampir 2x lipatnya (diatas 230 hp ) top speed tdk jauh dari 115 km/h ya mas ? Apa memang dibatasi ?
SukaDisukai oleh 1 orang
iya dibatasi mas 🙂 sesuai regulasi keselamatan. Dan dari pabrikanpun sengaha menyematkan rasio gigi yang bisa dibilang hampir sama tiap waktunya walau power terus bertambah. tapi kalo di negeri kita sih jago2 mas.. biasanya jika bus sudah lewat masa garansi dari pabrikan, mekanik langsung modifikasi limiternya.. dijebol.. jadi bus ngga mentok di angka 100 km/h seperti yang dialami MB OH 1836 😀
SukaSuka
Tahun 2009 bolak balik Temanggung-Purwokerto naik bus ini, Po maju makmur mercy of, trayek via wonosobo yg nanjak abis dihajar woles, ongkos cuman 13 ribu, pake seragam sma 😆
SukaSuka
[…] banyak pabrikan mulai menghadirkan produknya, maka langsung PO Nusantara pada 1977 menggunakan OF series Mercedes – Benz. Unit inipun dioperasikan hingga medio 1980-an, dan kemudian seiring masuknya OH series, 1984 […]
SukaSuka
[…] Si Legendaris Mercedes – Benz OF 1113, Bus Mesin Depan Mercedes Di Indonesia […]
SukaSuka
[…] Si Legendaris Mercedes – Benz OF 1113, Bus Mesin Depan Mercedes Di Indonesia […]
SukaSuka
[…] Si Legendaris Mercedes – Benz OF 1113, Bus Mesin Depan Mercedes Di Indonesia […]
SukaSuka
[…] Si Legendaris Mercedes – Benz OF 1113, Bus Mesin Depan Mercedes Di Indonesia […]
SukaSuka
[…] luas dari sisi penumpang. Bus ini sendiri dalam plat penjelasannya disebutkan menggunakan chassis Mercedes – Benz OF 1113. Namun bila di lihat secara seksama, sepertinya malah bus Lorena pertama ini masih menggunakan […]
SukaSuka
[…] luas dari sisi penumpang. Bus ini sendiri dalam plat penjelasannya disebutkan menggunakan chassis Mercedes – Benz OF 1113. Namun bila di lihat secara seksama, sepertinya malah bus Lorena pertama ini masih menggunakan […]
SukaSuka
[…] Ditenagai oleh mesin OM 926 LA, 6 Silinder Inline, Berkapasitas 7.200 cc yang sanggup memproduksi tenaga hingga 320 Hp, tentu angka yang sangat besar pada jamannya. Bus ini juga memiliki chassis yang panjang dibandingkan dengan varian – varian bus Mercedes – Benz lainnya seperti OH 1521 EIII, OH 1525, OH 1526 bahkan 1836. Overhang depannya sendiri mirip dengan bus Scania K series / Volvo B7R . Dan overhang belakang juga lumayan panjang. Oya, bus ini dari sisi pengereman masih terbilang konvensional, masih mengandalkan drum brake seperti lazimnya unit – unit bus Mercedes keluaran lama. […]
SukaSuka