Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trisakti 22 Februari 2016
Posted by imotorium in Bus, History, Karoseri, Pabrikan Karoseri.Tags: AKAP, AKDP, Bismania, Budiman, Bus, Bus Indonesia, Bus Malam, Bus Tingkat Solo, Bus Werkudara, Busway, Imotorium, Karoseri, Karoseri Trisakti, pabrik karoseri, Perum Damri, PO. Santoso, Sejarah Karoseri, Sejarah Karoseri Trisakti, Trans Bandung Raya, Transjakarta, Trisakti Joybus, Trisakti Marcopolo, Trisakti Phoenix, Trisakti Prestise, Trisakti Titan, Trisakti Ultima, Werkudara
trackback
Readers, saat ini khususnya di beberapa kota besar di Indonesia pasti tidak asing lagi dengan bus intercity ataru dikenal juga dengan busway, dan baru – baru ini mengalami penyegaran armada. Baik itu di Kota Jakarta, Bandung dan Kota – Kota besar lainnya. Seperti salah satu yang mudah kita temui adalah Armada Hino RK8 yang dioperasikan TransJakarta yang menggunakan Body Trisakti Ultima.
varian skyliner produksi trisakti 🙄
Awal mulanya karoseri Trisakti ini didirikan oleh Bp. Widodo pada tahun 1983 di Jl. Raya Magelang – Purworejo Km 10, Tempuran, Magelang, Jawa Tengah. Fokusnya dalam body manufacturing bus mengantarkan Trisakti sukses menyebarkan produknya ke seantero Indonesia. Banyak tipe body bus yang telah diproduksi oleh Trisakti. Dan penggunanya pun banyak dari berbagai PO.
salah satu varian paling sukses yang pernah dibuat oleh Trisakti adalah varian Old Setra, yang mana banyak sekali PO yang menggunakannya. Varian ini memiliki perbedaan yang besar dibandingkan varian setra produksi Karoseri lain seperti Adiputro (setra), Laksana (comfort), dan Tugas Anda. Varian setra milik Trisakti ini jika diteliti jendela samping bus mulai dari depan hingga belakang sama ratanya hanya ditambahkan selempang samping saja. Satu ciri khas yang unik dari Setra Trisakti ini adalah diaplikasinya spoiler pada ekor bus. Menambah kesan sporty walau hampir tidak berpengaruh pada aerodinamika.
Baca Juga :
Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trijaya Union
Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri German Motor Manufacturing (GMM)
Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Rahayu Santosa
Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Morodadi Prima
Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem
Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana
Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Adi Putro
Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Restu Ibu
Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri New Armada
Trisakti juga bisa dibilang karoseri pelopor dalam memproduksi bus double decker era modern di Indonesia. Jauh sebelum hingar bingar Double Decker yang kini mulai digunakan oleh beberapa bus AKAP. Produk tersebut adalah bus wisata milik Kota Solo yang dikenal juga dengan nama Werkudara. Bus ini dirilis pada april 2012 🙄
Kini arah desain Trisakti kebanyakan cenderung membuat bus untuk segmen menengah saja. Namun ada beberapa model yang dirasa penulis sangat cocok untuk dijadikan body bus kelas eksekutif ke atas seperti Joybus. Tercatat beberapa PO pengguna setia Karoseri Trisakti diantaranya adalah PO Santoso, PO Ramayana, Perum Damri dan masih banyak lagi.
Untuk medium bus, produk trisakti saat ini bisa dibilang menguasai. Salah satu produk terbarunya adalah Trisakti legend, dan masih ada lagi tipe-tipe lainnya, yang bisa ditemui dengan mudah. Trisakti kini semakin berkembang terbukti dengan didukung oleh 300 karyawan dan tenaga ahli serta area produksi yang kini menempati lahan seluas 20.000 meter persegi. Karoseri Trisakti mampu menggeber produksi hingga 500 unit bus per tahun.
Semoga bermanfaat. (imt)
foto: google, haltebus
- Blognya tetap, tapi alamatnya ketik imotorium.com saja ya
- Malaysia Cabut Dari Kalender F1 Mulai 2019, Lebih Memilih Fokus Ke MotoGP !!
- Unleash Your Engine To The Max !!! Pertamax Turbo Resmi Hadir di Bali
- Mewahnya Suasana Soft Launching Pertamax Turbo Di Kamandalu, Ubud, Bali.
- Komparasi Bus Hino RK8 R260 Versus Mercedes – Benz OH 1526, Mana Yang Lebih Baik?
- IMOS 2016 : Honda CBR250RR Laris Manis Nih.. Juozzz
- Honda WR-V Resmi Launching, Saingan Berat Yaris Heykers nih !!
- MotoGP : Statistik Crash Pembalap 2016, Rossi Crash 4x Sepanjang Musim, Marquez 16x !!
- Rahayu Santosa Jetliner Double Deck Bertenaga Mercy 2542 Sudah Mengaspal, Joss Tenan !!!
- IMOS 2016 : Launching Suzuki GSX-S150 Beserta Detailnya.. Jozz Banget !!
Dede telolet aya nu kieu,ngan jarang pisan http://sakahayangna.com/2016/02/22/konsep-modifikasi-cbr-150-cbu-buritan-all-new-cbr-150-facelift-2016/ 😂
SukaDisukai oleh 1 orang
aya nu ka wonosobo.. banjarsari ge aya 😎
SukaSuka
Cikorong nu anyar body na oge aya
SukaDisukai oleh 1 orang
nu kamari maneh tumpakan lain?
SukaSuka
Heueuh… bolak balik ge numpak body anyar
SukaDisukai oleh 1 orang
joss, pasti cepat nepi nya XD
SukaSuka
Balikeun nu tereh nepi mah cuma 4,5 jam,eta teh gs macet parah di malangbong gara gara aya pj tabrakan+eureun di ropitut 😂😂😂
SukaDisukai oleh 1 orang
meser tahu moal XD
SukaSuka
Najis sieun weureu kawas ngadmin imotoriumtelolet.com 😂😂😂
SukaSuka
om boleh request lagi buat artikel lainnya?
saya masih awam, sering bingung soal perkaroserian ini. khususnya serinya, seperti yg disebut diatas tadi, “setra” Trisakti berbeda dengan “setra” karoseri lain.
nah base model seri setra ini dari mana?
jadi mungkin bisa gitu dibuatkan artikel sejarah permodelan karoseri ini. trus sekalian tampilkan design tiap karoseri masing2 pada tiap model serinya,,hehe
joss terus buat tulisan2nya omm..
SukaDisukai oleh 1 orang
Wah mantap mas masukannya, iya banyak karoseri lokal yang berkiblat pada body produksi pabrikan ternama. saya kumpulin bahan artikel dulu nih, ditunggu ya mas. makasih banyak lhoo 😀
SukaSuka
juoss,,mantab respone, pasti dong om imoo
SukaSuka
sering naik bis karoseri trisakti, entah kenapa aku ngrasa kualitasnya nggak sesolid karoseri lain, cederung lebih berisik aka grombyangan lol:
SukaDisukai oleh 1 orang
kualitas sesuai harga sih mas 😀 sesuai spek yang PO minta..
SukaDisukai oleh 1 orang
Bisa jadi, tapi biasane pembeda spek cuman fitur/fasilitas kan ya, kalo rancang bangun karoseri harusnya standar
SukaDisukai oleh 1 orang
kalo bisa ulasin karoserinya sks bus nya yg punya malaysia dong,penasaran nih apalagi dah banyak di export ke luar malaysia, india,nepal, thailand terutama sks yg type e5,saya pengen tau nih
SukaDisukai oleh 1 orang
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trisakti […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trisakti […]
SukaSuka
[…] menjadi tren baru semenjak awal kebangkitannya kembali melalui produk Double Deck dari karoseri Trisakti dan Nusgem era 2011 – 2013 an, yang kemudian diikuti kembali oleh dirilisnya Jetbus 2+ SDD […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trisakti […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trisakti […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trisakti […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trisakti […]
SukaSuka
[…] – Absen dulu, setelah lahirnya era Double Deck modern yang diawali oleh karoseri Trisakti dengan bus kota Werkudara pada 2011 an.. kemudian diikuti lahirnya Double Deck yang dibuat oleh […]
SukaSuka