Mengenal Mercedes-Benz OH 1525, Pelopor Electrical Engine Management Dari Bus Mercedes Di Indonesia 11 Februari 2016
Posted by imotorium in Bus, History, MERCEDES.Tags: Adiputro, AKAP, AKDP, Bismania, Bus, Bus Budiman, Bus Indonesia, Bus Makmur, Bus Malam, bus rosalia indah, Bus Terbaru Mercedes, ECU, Engine Management, Karoseri, Mercedes OH 1525, Mercedes-Benz, Mesin dan Chassis, Pariwisata
trackback
Sekarang, siapa yang tidak mengenal chassis andalan Mercedes – Benz di Indonesia saat ini.. 1521 E3, 1526, 1626.. yang menjadi favorit dari hampir seluruh PO yang ada di Indonesia, namun tentu chassis tersebut tidak akan ada tanpa sang predecessor yang menyeruak di medio 2000-an, Mercedes OH 1525.. yang membawa bus Mercedes-Benz di Indonesia memasuki era baru setelah sekian lama bertahan dengan teknologi yang terbilang konvensional namun sudah teruji
Mercedes-Benz OH 1525 masuk pada 2004 dengan membawa hal baru, yaitu penggunaan Engine Control Unit, yang mana pada generasi sebelumnya OH 1521 Intercooler belum mengadopsi teknologi ini. walau sempat muncul bus mercedes yang sudah terbilang membawa teknologi terbaru seperti 1632 pada tahun 2003 yang diusung operator bus Pariwisata, Bluestar.. namun 1525 inilah yang dipasarkan secara resmi karena harganya jauh lebih murah
Berikut Spesifikasi Mercedes-Benz OH 1525 (Euro 2) 🙄
Mesin
Model OM 906 LA II
Tipe 6 Silinder, Inline, Turbocharged, Intercooler
Daya Maksimum 180 kW (245 PS) @2300 rpm
Torsi Maksimum 900 Nm (92 m/kgf) @1200-1500 rpm
Volume 6374 ccKopling MF 395, Pelat kering tunggal, digerakan dengan sistem hidraulis-pneumatis
Transmisi G 85 – 6 / 6.7 – 0.73 Manual, 6 gigi kecepatan maju – Sinkromes penuh
Gandar Depan VL3/7D-5, forged steel I-beam
Gandar Belakang HH4/05D-10, dengan diameter crown wheel 410 mmRem
Rem Utama Sirkuit Ganda – Udara tekan penuh, Rem Tromol
Rem Parkir Tekanan pegas pada silinder rem, dengan kendali udara tekan, bekerja pada roda belakang
Rem Tambahan Rem Gas buang, digerakan dengan elektro-pneumatisSuspensi
Depan&Belakang Semi elliptic leaf spring dengan shock absorbers dan stabilizerBerat Total (kg)
Gandar Depan 5000
Gandar Belakang 10000
Total 15000Dimensi (mm)
Jarak Sumbu Roda 5950
Julur Depan 2100
Julur Belakang 3350
Panjang Keseluruhan 11400Unjuk kerja Kendaraan
Kecepatan Maksimum 116 Km/jam
Kemampuan Tanjak maks. 36%
Baca Juga :
Mengenang Perkasa (Texmaco), Pabrikan Chassis dan Mesin Bus Asli Indonesia
Mengenal Volvo B7R, Bus Bertenaga Besar Asal Swedia Yang Masuk Ke Indonesia
Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia
Mengenal Varian Mesin dan Chassis Bus Hino RK Series, Inilah Ciri – Cirinya!
Cara Mengidentifikasi Merk dan Tipe Bus Yang Beredar Di Indonesia – Hino AK8
Profil Isuzu LT 1, Penantang Baru MB OH 1526 dan Hino RK8 Di Indonesia
Mesin baru ini pada masanya mendapat sambutan baik, terutama karena produksi powernya yang meningkat lumayan besar dari generasi sebelumnya 210 Hp (pada 1521) menjadi 250 Hp. Dan koreksi pada sistem pembuangan yang jauh lebih bersahabat.. Namun munculnya OH 1525 ini bukannya tanpa keluhan.. banyak yang merasakan penurunan kualitas kenyamanan khas Mercedes khususnya di suspensi yang terbilang keras, tidak senyaman 1521, 1518.. Dan masih adanya mekanik yang belum terbiasa dengan mesin baru ini.. membuat OH 1525 kala itu belum banyak digunakan untuk trayek – trayek lintas pulau semisal jawa – sumatra karena masalah maintenance terutama apabila terjadi kerusakan.. Sehingga banyak operator yang memilih tetap mengoperasikan mesin tua OM366 series seperti OH 1518 dan OH 1521 Intercooler.. walau ada pilihan baru yang irit dan canggih seperti 1518 XBC dan 1521 EIII.. operator tetap lebih tertarik pada mesin lama tersebut dikarenakan “sudah mengerti teknologinya”.
Ciri khas 1525 yang bisa kita lihat cukup mudah pada eksterior maupun interior,dari sisi eksterior terletak pada panjang overhang depan yang tidak sepanjang 1526, namun lebih panjang dari 1521 intercooler. Panjang overhang depannya hampir mirip Hino RK-T.. untuk dibagian belakang memang agak susah mencirikannya.. karena sama persis dengan 1526. Hanya bila dilihat dengan lebih seksama lagi.. ada perbedaan pada as roda belakang (?) yang mana bila dilihat jelas, memiliki bentuk oktagon / segi delapan dengan logo mercedes ditengahnya.. dan juga menjadi yang terakhir dari generasi bus Mercedes yang memakai As roda belakang seperti itu.. sejak 1526 sudah polos
OH 1525 sendiri akhirnya direplace dengan hadirnya OH 1526 pada tahun 2010 sebagai suksesor dari chassis / mesin revolusioner tersebut.. dan kini keberadaan OH 1525 masih sering ditemui namun secara kasat mata, populasinya memang tidak sebanyak OH 1521 Intercooler dan OH 1526.. Penulis sendiri masih merasakan bila Mercedes – Benz OH 1525 terasa lebih mengisi torsinya dikala menanjak dibandingkan 1526, sepertinya perbedaan memang terletak pada mapping ECU.
Semoga bermanfaat. (imt)
foto: bismania, google, PO Nusantara
- Blognya tetap, tapi alamatnya ketik imotorium.com saja ya
- Malaysia Cabut Dari Kalender F1 Mulai 2019, Lebih Memilih Fokus Ke MotoGP !!
- Unleash Your Engine To The Max !!! Pertamax Turbo Resmi Hadir di Bali
- Mewahnya Suasana Soft Launching Pertamax Turbo Di Kamandalu, Ubud, Bali.
- Komparasi Bus Hino RK8 R260 Versus Mercedes – Benz OH 1526, Mana Yang Lebih Baik?
- IMOS 2016 : Honda CBR250RR Laris Manis Nih.. Juozzz
- Honda WR-V Resmi Launching, Saingan Berat Yaris Heykers nih !!
- MotoGP : Statistik Crash Pembalap 2016, Rossi Crash 4x Sepanjang Musim, Marquez 16x !!
- Rahayu Santosa Jetliner Double Deck Bertenaga Mercy 2542 Sudah Mengaspal, Joss Tenan !!!
- IMOS 2016 : Launching Suzuki GSX-S150 Beserta Detailnya.. Jozz Banget !!
nyimak mang ..
http://bmspaces.com/wp/2016/02/11/program-ini-bisa-menanggulangi-bencana-banjir/
SukaDisukai oleh 1 orang
Bis andalan.. 😀
http://sebarkan.org/2016/02/11/realita-dibalik-foto-foto-apik-dan-menarik-ini-ngocol-abis/
SukaSuka
Telolet…
http://traktordohc.com/2016/02/11/kawasaki-mematenkan-desain-motor-sport-fairingnya/
SukaSuka
Lanjutkan mas
http://thegreenblog.net/2016/02/11/ini-akibat-freestyle-tanpa-safety-gear/
SukaSuka
mantap…
http://uhabangetblog.com/2016/02/06/pegolf-wanita-yang-super-cantik-dan-seksi/
SukaSuka
Sinau sek…
Jadwal bal-balan
http://sportupdate5.com/2016/02/11/jadwal-liga-inggris-dan-klasemen-sementara-pekan-kedua-februari-2016-matchday-ke-26/
SukaDisukai oleh 1 orang
Bus apik iki…
http://karismauyy.com/2016/02/11/pesawat-garuda-nyaris-tabrakan-dengan-lion-air-di-langit-bali-benarkah/
SukaSuka
1525 rs evo favorit penulis 😂
SukaDisukai oleh 1 orang
joss XD
SukaSuka
Paling favorit tetep 3e117 😂
SukaDisukai oleh 1 orang
XD
SukaSuka
knp bus 1525 karoseri adiputro jet bus 2 hd kok limbung y seperti kapal kena gelombang
SukaDisukai oleh 1 orang
ketinggian sama bobot dari body bus itu yang berperan besar sama tingkat kelimbungan atau dikenal juga dengan istilah body roll.. bus memang tidak dirancang untuk menikung dengan kecepatan tinggi seperti mobil kecil, apalagi semakin tinggi bodynya.. konsekuensinya ya pasti makin limbung saat menikung.
SukaSuka
Ah mosok ?
Aku naik budiman 1525 kalau di tanjakan keok mulu sama hino Rg primjas. Tapi pas trek lurus bru menang
SukaDisukai oleh 1 orang
hehehe Hino diatas kertas sama di lapangan memang beda, walau diatas kertas spesifikasi power dan torsi beda tipis sama mercy.. dilapangan terutama tanjakan memang lebih ngacir Hino.. kalau dilihat dari cc memang beda lumayan.. mercedes di 6000 an cc hino nyaris 8000 cc.
😀 Primajasa sekarang banyak pakai RK8 untuk body RS Evo, RG untuk body travego Mayasari Utama, sama RKT untuk armada kelas ekonomi.
SukaSuka
[…] Mengenal Mercedes-Benz OH 1525, Pelopor Electrical Engine Management Dari Bus Mercedes Di Indon… […]
SukaSuka
[…] Mengenal Mercedes-Benz OH 1525, Pelopor Electrical Engine Management Dari Bus Mercedes Di Indonesia […]
SukaSuka
[…] Mengenal Mercedes-Benz OH 1525, Pelopor Electrical Engine Management Dari Bus Mercedes Di Indonesia […]
SukaSuka
[…] Mengenal Mercedes-Benz OH 1525, Pelopor Electrical Engine Management Dari Bus Mercedes Di Indonesia […]
SukaSuka
[…] Mengenal Mercedes-Benz OH 1525, Pelopor Electrical Engine Management Dari Bus Mercedes Di Indonesia […]
SukaSuka
[…] memiliki 4 silinder dan kapasitasnya hanya 4800 cc. Namun berkat “otak pintar” alias engine management yang disematkan oleh Mercedes, mesin yang lebih kecil ini sanggup memproduksi tenaga yang sama […]
SukaSuka
[…] Mengenal Mercedes-Benz OH 1525, Pelopor Electrical Engine Management Dari Bus Mercedes Di Indonesia […]
SukaSuka
[…] digunakan oleh NPM didominasi oleh Mercedes – Benz, Mulai varian OH 1113, OH 1518, OH 1521, OH 1525, OH 1526 dan yang terbaru kini NPM mengoperasikan Mercedes -Benz 1836 O 500 R dengan body RS […]
SukaSuka
[…] Mengenal Mercedes-Benz OH 1525, Pelopor Electrical Engine Management Dari Bus Mercedes Di Indonesia […]
SukaSuka
[…] yang manis tanpa mengorbankan kenyamanan penumpang. Untuk bus yang dipamerkan ini menggunakan Chassis Mercedes – Benz OH 1526 (?) , yang mana penempatan tuas rem tangan dipindahkan ke sisi kanan driver, tidak di […]
SukaSuka
[…] bus shuttle / urban Double Deck seperti pendahulunya New Armada Paradise, Bus ini dibangun diatas Chassis Mercedes – Benz OC 500 RF 2542 triple axle. Perbedaannya pada sektor facia adalah diaplikasikannya headlamp persis […]
SukaSuka
[…] dibandingkan dengan varian – varian bus Mercedes – Benz lainnya seperti OH 1521 EIII, OH 1525, OH 1526 bahkan 1836. Overhang depannya sendiri mirip dengan bus Scania K series / Volvo B7R . Dan […]
SukaSuka
[…] cabang di Ngembal, Kudus. PO. Haryanto kini dominan menggunakan chassis Mercedes OH Series (1521, 1525, 1526, 1830) dan Hino RK8 sebagai Armadanya dengan body buatan beberapa karoseri besar seperti […]
SukaSuka
[…] Harta sendiri didominasi dari bus keluaran pabrikan Hino (AK, RG, RK8), Mercedes-Benz (OH 1521, 1525, 1526, 1626, 1836), Scania (K360) dan Golden Dragon. Karoseri bus yang digunakan Gunung Harta […]
SukaSuka
[…] kini sudah mencapai 300-an unit bus, yang diisi oleh 2 merk raksasa Mercedes – Benz (1521, 1525, 1526, 1626, dan 1830) dan Hino (RK8, […]
SukaSuka
[…] PO. Bejeu kini memiliki armada sudah mencapai puluhan unit, dari berbagai Merk besar seperti Mercedes – Benz, Hino, Yuchai, Golden Dragon dan mempercayakan body busnya dari Karoseri – Karoseri besar […]
SukaSuka
[…] bus dengan nomor lambung sekian.. karena pakai body yang udah SHD, atau karena pakai mesin scania, mercedes, hino, atau ada mania mitsubishi dll.. wkwkwkw) atau susah dapat tiket (berkaca pada kereta api […]
SukaSuka
[…] puluhan tahun di Industri bus sudah menjadi bukti akan keperkasaan OH1113, OH 1518, OH1521, OH1525 dalam menaklukkan berbagai rute di tanah air, juga mengantarkan OH1526 sebuah kepercayaan yang amat […]
SukaSuka
[…] teknologi yang digunakan sudah lebih advanced ketimbang Hino RK8 yang masih lebih konvensional, Mercedes sudah mengaplikasikan ECU pada mesin OM906LA sehingga proses pembakaran dalam mesin jauh lebih efisien dan lebih menghasilkan […]
SukaSuka