Mengenal Volvo B7R, Bus Bertenaga Besar Asal Swedia Yang Masuk Ke Indonesia 28 Januari 2016
Posted by imotorium in Bus, Factory, Mobil, Trip.Tags: B7R, Bismania, Budiman, Bus, Bus Indonesia, Dewi Sri, Euro 2, Euro 3, Facebook, harapan jaya, indonesia, Overhang, Pedal, Power, SAN, Sumber Alam, Torsi, Volvo, Volvo B7R
trackback
Readers, bus Indonesia saat ini memang didominasi oleh 2 pabrikan raksasa yaitu Mercedes-Benz dan Hino. Selain itu banyak juga bus – bus asal negara – negara Scandinavia yang turut serta meramaikan dunia bus – bus di Indonesia. Kita mungkin lebih mengenal Scania untuk saat ini sebagai pabrikan asal swedia yang memang sudah lama malang melintang di dunia truck dan bus. Tetapi jangan lupakan yang satu ini.. Volvo !! ya.. pabrikan yang masih saudara setanah air Scania ini mulai mencengkram aspal Indonesia pada medio 2000-an dengan produknya “Volvo B7R”
Volvo D7E engine
Mengandalkan mesin 7000 cc (pembulatan) volvo mampu menarik perhatian karena busnya bisa dibilang menerapkan banyak teknologi canggih pada masanya, masuk Indonesia pada rentang waktu 2003 – 2007. Generasi Mesin yang digunakan mulai D7A, D7B, D7C dan yang kini digunakan adalah D7E. Volvo menyematkan teknologi Commonrail pada mesinnya selain Turbocharger dan Intercooler, sehingga mesin ini sudah menghasilkan emisi yang tergolong baik yaitu sudah masuk Euro 3 / Euro 4 / Euro 5. Tenaga yang diproduksipun termasuk besar untuk mesin berkubikasi 7000 cc, mampu mencapai 290 Hp dan torsi yang dihasilkan mencapai 1200 Nm di rentang putaran mesin 1050 – 1650 rpm.
Baca juga :
Isuzu LT 1, Penantang Baru MB OH 1526 dan Hino RK8 Di Indonesia
Mitsubishi BM, Bus Chassis Mesin Depan Legendaris Andalan Mitsubishi
Mengenal Varian Mesin dan Chassis Bus Hino RK Series, Inilah Ciri – Cirinya!
Nissan Diesel, Profil Mesin Bus “Pelari” Yang Tidak Terlalu Terdengar Namanya Di Indonesia
Power dan Torsi yang besar bukan? ini masih dilengkapi lagi dengan retarder yang sudah terintegrasi dengan gearbox yang berfungsi menurunkan putaran mesin ketika pedal rem ditekan, yang berefek pada engine brake dan bus melambat kemudian baru diambil alih oleh rem cakram yang melanjutkan perlambatan hingga bus berhenti. Teknologi ini berfungsi untuk mengurangi tingkat keausan perangkat rem pada bus sehingga lebih awet.
chassis volvo b7r pada tahun 2013, sumber bismania
Rangka yang digunakan terbuat dari konstruksi baja kuat dan memiliki permukaan yang datar guna memudahkan karoseri dalam pengerjaan body bus tersebut. panjang maksimum body yang dapat dibangun di atas chassis ini bisa mencapai 12,5 meter.
Instrumen Volvo B7R nya budiman VL263 sebelum rebody 🙄
dan ini versi terbaru dari instrumen volvo B7R (2013), lengkap dengan panel diagnostic digital.. joss
Dari sisi kemudi, driver dimanjakan dengan detailnya informasi yang disajikan dari cluster indikator. tidak hanya Speedometer , Takometer, Odometer, Temperature, Oil meter, Brake Pressure, dan Fuel meter saja.. kita dapat memantau tekanan Turbo juga.. komplit.. jarang ditemui pada bus – bus dari pabrikan lain.
Berikut spesifikasinya 🙄 (volvo india)
Engine:
|
Rear-mounted, 6-cylinder, 7-litre diesel
|
Output:
|
D7E290, 213 kW, 1200 Nm
|
Emissions class:
|
Euro 3/Euro 4/Euro 5
|
Gross weight (GVW):
|
18 metric tonnes
|
Gearbox:
|
6-speed manual, 8-speed manual (choice of 2), 4-speed automatic, 6-speed automatic
|
Retarder:
|
Volvo compact retarder / Voith retarder
|
Suspension:
|
Air
|
Braking system:
|
Disc brakes, ABS, Optional retarder
|
Rear axle:
|
Rear axle with choice of seven ratios for best performance in each application area.
|
Steering angle:
|
50 degrees
|
Sayang, kini jumlah populasi Volvo B7R di indonesia semakin berkurang. dikarenakan mahal dan sulitnya mencari sparepart pengganti untuk mesin – mesin Volvo ini. Adapun yang masih bertahan sekarang biasanya adalah dengan mengakalinya dengan cara mencari subtitusi dari merk lain atau menggunakan parts OEM untuk fast moving sparepart atau impor langsung dan itu tidaklah sebentar.
Di facebook malah ada yang menshare unit B7R milik Pahala Kencana yang sudah perpal cukup lama.. tidak terawat.. sangat menyedihkan mengingat ini bisa dibilang termasuk bus yang sangat “keren” pada masanya, bahkan melampaui teknologi yang diusung pesaingnya kala itu.. Di Indonesia sendiri saat itu (2003-2007) tenar istilah “euro 2” terbukti pada bus – bus khususnya yang menggunakan Mercedes (OH 1525, yang lulus tingkat emisi euro 2) pada menempelkan stiker Euro 2. Sedang Volvo B7R adem ayem tanpa membawa embel – embel apapun padahal bisa dilihat sendiri pada spesifikasinya (untuk mesin D7E)..
pedalnya 4 🙄
Ada beberapa keunikan yang dimiliki oleh Volvo, salah satunya adalah menggunakan 4 pedal pada kemudi.. Bukan hanya 3.. apakah fungsinya? ternyata pedal ke empat tersebut adalah untuk mengatur posisi setir. ya.. berfungsi untuk tilt & telescopic. mengatur sudut kemudi dan tinggi rendahnya posisi setir. 🙄
semua bus yang menggunakan chassis volvo memiliki ciri khas overhang depan panjang, persis scania K series
Banyak PO yang menggunakannya di Indonesia, Budiman , SAN, Sumber Alam, Dewi Sri, Nusantara, Shantika, Harapan Jaya, Pahala Kencana, Metropolitan dan lain – lain.
Semoga berguna (imt)
foto : bismania, google, pribadi
- Blognya tetap, tapi alamatnya ketik imotorium.com saja ya
- Malaysia Cabut Dari Kalender F1 Mulai 2019, Lebih Memilih Fokus Ke MotoGP !!
- Unleash Your Engine To The Max !!! Pertamax Turbo Resmi Hadir di Bali
- Mewahnya Suasana Soft Launching Pertamax Turbo Di Kamandalu, Ubud, Bali.
- Komparasi Bus Hino RK8 R260 Versus Mercedes – Benz OH 1526, Mana Yang Lebih Baik?
- IMOS 2016 : Honda CBR250RR Laris Manis Nih.. Juozzz
- Honda WR-V Resmi Launching, Saingan Berat Yaris Heykers nih !!
- MotoGP : Statistik Crash Pembalap 2016, Rossi Crash 4x Sepanjang Musim, Marquez 16x !!
- Rahayu Santosa Jetliner Double Deck Bertenaga Mercy 2542 Sudah Mengaspal, Joss Tenan !!!
- IMOS 2016 : Launching Suzuki GSX-S150 Beserta Detailnya.. Jozz Banget !!
Harjay 😀
http://ru88ercookie.com/2016/01/28/ngobrol-bareng-nicky-hayden-sang-legenda-moto-gp-dan-pendatang-baru-di-world-superbike-2016/
SukaDisukai oleh 1 orang
sayang beli tiket ga bisa milih jenis mesin apa yang mau dinaikin 😛
SukaDisukai oleh 1 orang
imotorium emang joss….
http://singindo.com/2016/01/29/terbongkarnya-sindikat-jual-beli-ginjal/
SukaDisukai oleh 1 orang
joss kang irfan 😀
SukaSuka
Ooo..baru tau harapan jaya bisnya dr swedia
http://sebarkan.org/2016/01/28/dua-siswa-siswi-smansa-bali-iseng-buat-surat-teror-bom-dari-isis-sudah-tertangkap-2/
SukaDisukai oleh 1 orang
sayang tidak diback up dengan ASS yang baik sehingga konsumen kesulitan untuk mendapatkan kebutuhan parts
SukaDisukai oleh 1 orang
nah itu.. aftersalesnya buruk.. coba diambil alih grup besar seperti scania dibawah naungan united tractor (astra) pasti makin berkembang sekarang
SukaSuka
secara output engine juga nanggung diantara OH1626, hino RK8 serta goldrag 300hp
SukaSuka
iya output memang sebenarnya tanggung.. disini sih yang menjadi keunggulannya itu torsi.. 1200 NM itu lumayan besar lho.. apalagi rentang 1050 – 1650 rpm sudah dapat angka segitu.. untuk mesin 7000 cc pula.. 😛 masih lebih kecil dibanding hino RK dan cuma sedikit lebih besar dari OH 1626 / OM 906 LA II
kapasitas mesinnya maksud saya
SukaSuka
Coy teraktir atuh ka priok kana volvo b7r 😂😂😂
SukaSuka
Ka cikorong weh nya 😂
SukaSuka
Mewah mbah
http://setia1heri.com/2016/01/28/galeri-valentino-rossi-ketika-peluncuran-motor-motor-baru-yamaha-di-bali-tahun-2015/
SukaSuka
naik yuk mbah 😛
SukaSuka
biker…suka naik motor ajah…xxiiixiixix
SukaSuka
motornya naikin ke bis *maksa*
SukaSuka
gakpapa kalau pas bawa diecast
SukaDisukai oleh 1 orang
Purwo Widodo Juga Pemakai Volvo lo, tapi seakarang malah semakin terpuruk,
SukaSuka
iya mas, banyak ketemu juga pas di solo. ya itu susahnya miara volvo…
SukaDisukai oleh 1 orang
wiiihhhh … dewi srii 😀
SukaDisukai oleh 1 orang
Bis2 parwis ibukota diulas jg dong om, yg double decker itu. penasaran Man nya nih, blm sempet nyobain jg.
bawanya ugal2an jg tuh drivernya, suka masuk (otomatis naik sparator) jalur busway, walaupun rendah emang, cuma krn liat gc yang rendah & bodynya yg tinggi was2 jg liatnya.
SukaDisukai oleh 1 orang
siap mas, ditunggu ya 😀
SukaSuka
mantap nih untuk jalur provinsi kaltim kalsel
SukaDisukai oleh 1 orang
wah kalau samarinda – balikpapan banjarmasin bagus itu.. cuma sayang jalan – jalan di kaltim khususnya.. bagusnya cuma sampai samarinda – bontang saja.. tenggarong arah kubar padahal banyak perusahaan batu bara dan kota – kota kecil.. jika kondisi jalannya lebih baik dan sedikit diperlebar sepertinya bagus itu potensinya.. apalagi dibuat terusan sampai kota muara teweh.. sekarang masih didominasi travel minibus
SukaSuka
Makmur juga sempat pakai chasis B7R baju celcius 2 unit. Tapi miris melihat kondisi nya sekarang
SukaDisukai oleh 1 orang
iya pernah selisih jalan bang pas ke medan tahun 2009.. sekarang udah ga nampak lagi.. mantap padahal nampaknya 😦
SukaSuka
[…] Mengenal Volvo B7R, Bus Bertenaga Besar Asal Swedia Yang Masuk Ke Indonesia […]
SukaSuka
[…] Mengenal Volvo B7R, Bus Bertenaga Besar Asal Swedia Yang Masuk Ke Indonesia […]
SukaSuka
[…] Mengenal Volvo B7R, Bus Bertenaga Besar Asal Swedia Yang Masuk Ke Indonesia […]
SukaSuka
[…] Mengenal Volvo B7R, Bus Bertenaga Besar Asal Swedia Yang Masuk Ke Indonesia […]
SukaSuka
[…] Mengenal Volvo B7R, Bus Bertenaga Besar Asal Swedia Yang Masuk Ke Indonesia […]
SukaSuka
[…] bus tidak perlu membeli chassis – mesin premium semisal Mercy 1836, Scania K Series, Volvo dll untuk menggunakan Jetbus 2+ SHD […]
SukaSuka
[…] Mengenal Volvo B7R, Bus Bertenaga Besar Asal Swedia Yang Masuk Ke Indonesia […]
SukaSuka
[…] Mengenal Volvo B7R, Bus Bertenaga Besar Asal Swedia Yang Masuk Ke Indonesia […]
SukaSuka
[…] Mengenal Volvo B7R, Bus Bertenaga Besar Asal Swedia Yang Masuk Ke Indonesia […]
SukaSuka
[…] Mengenal Volvo B7R, Bus Bertenaga Besar Asal Swedia Yang Masuk Ke Indonesia […]
SukaSuka
[…] Mengenal Volvo B7R, Bus Bertenaga Besar Asal Swedia Yang Masuk Ke Indonesia […]
SukaSuka
[…] Mengenal Volvo B7R, Bus Bertenaga Besar Asal Swedia Yang Masuk Ke Indonesia […]
SukaSuka
yg punya unit volvo b7r 2013 siapa min???
apa di indonesia bb7r yg lawas semua??
SukaSuka
[…] EIII, OH 1525, OH 1526 bahkan 1836. Overhang depannya sendiri mirip dengan bus Scania K series / Volvo B7R . Dan overhang belakang juga lumayan panjang. Oya, bus ini dari sisi pengereman masih terbilang […]
SukaSuka
Volvo kyknya bakal masukin chassis baru lg ke Indonesia. B11R 370 6×2 buat proyek bus maxi transjakarta.
SukaDisukai oleh 1 orang
akhirnya volvo bakal balik lagi ya setelah dulu dipakai jadi bus tingkat untuk DKI. joss.. 😀
SukaSuka
[…] yang digunakan sekarang mulai dari Mercedes – Benz (OH 1526, 1626, 1836), Hino (RK8, RN285) , Volvo (B7R) , dan Scania (K310, K360, K380). Kelas yang ditawarkan juga beragam sekali mulai dari Super Luxury, […]
SukaSuka