Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana 17 Januari 2016
Posted by imotorium in Bus, History, Karoseri, Pabrikan Karoseri.Tags: Bismania, Bus, Bus Indonesia, Cityline 1&2, Discovery, jawa tengah, Karoseri, karoseri laksana, Legacy, Legacy Sky, Legacy SR-1, New Proteus, Nucleus 3, Panorama, proteus, Semarang, Sonic 3, Sprinter, Tourista, ungaran
trackback
kondisi perakitan di workshop Laksana, Ungaran 🙄
Bagi penglaju komuter Kota satelit seperti Bekasi, Bogor menuju Jakarta pasti tidak asing dengan Body bus buah karya pabrikan asal Ungaran, Jawa Tengah. Ya, Karoseri Laksana. Kini banyak sekali bertebaran di ibu kota ketika banyak APTB mempercayakan Karoseri ini untuk membalut chassis – chassis bus Intercity di Jakarta Raya. Tidak hanya di jakarta saja, Body bus produksi Laksana ini juga mendominasi bus – bus yang memiliki trayek Antar Kota Antar Provinsi.
Sejarah Panjang Karoseri ini dimulai sejak 1967. Dahulu, di salah satu bilangan kota Semarang, berdiri sebuah toko mesin yang lebih berfokus kepada kebutuhan otomotif. Hingga pada 1970, toko ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dan akhirnya pindah ke lokasi baru yang lebih luas. Beberapa divisi yang berhubungan dengan otomotif didirikan hingga pada 1977, Laksana memasuki tahap manufacturing, untuk Mitsubishi Colt T 120-ss yang kala itu banyak permintaan untuk mobil minivan (sama seperti artikel karoseri Adiputro).
colt t120 ss minivan (?) 🙄
Pada 1978, setelah satu tahun usaha perakitan body ini akhirnya pindah Ke Ungaran, dengan menempati lahan yang jauh lebih luas seluas 5000 m2, seiring waktu berjalan, kapasitas produksi pun semakin ditingkatkan. Tentunya perluasan pun dilakukan demi memenuhi target produksi.. lepas 2010 tidak terasa luas plant dari Karoseri ini sudah mencapai kurang lebih 70.000 m2 dan hingga kini menjadi base dari Karoseri Laksana hingga kini.
Dengan kapasitas produksi yang mampu mencapai angka 1000 bus pertahunnya, Laksana terus berimprovisasi memberikan produk yang terbaik bagi customernya, Laksana sangat teliti akan detail dari setiap produknya sehingga menjamin Kepuasan, Kenyamanan dan Keselamatan penumpangnya. Kini Laksana sudah bekerjasama dengan banyak Perusahaan Otobis, dan Badan – Badan Pemerintahan untuk Korporasi – Korporasi Internasional. Tercatat sejak 2009 Laksana sudah banyak mengekspor produknya untuk Pasar Asia Tenggara
Desain Dashboard Laksana Legacy Sky 🙄
Laksana sadar akan detail, terutama build quality, penilaian pribadi penulis sendiri bus yang menakai Karoseri Laksana ini Terasa lebih padat dan redaman suara dari luar juga tereduksi dengan baik. Laksana sendiri sudah merilis banyak varian dari Karoseri bus, diantaranya adalah : Legacy Sky, Sonic 3, Discovery, New Proteus, Nucleus 3, Legacy SR-1, Cityline 1&2, Legacy, Tourista, Proteus, Sprinter, Panorama series (DX, 2, 3), Comfort, dan juga pernah membuat custom Body untuk Sumber Alam limo bus, 3-Axle berbasis Mercedes-Benz OH 1521.
Baca Juga :
Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Adi Putro
Jenis – Jenis Air Conditioner (AC) Yang Terdapat Pada Bus Besar Maupun Kecil
Cara Mengidentifikasi Tipe, Merk, Dan Mesin Bus Yang Kita Naiki
Laksana Comfort pada Budiman OH 1518 Short Chassis
Great Panorama, Sulit mencari keberadaannya sekarang
Panorama 2, dibilang juga laksana travego, membalut sinar Jaya Hino RKT
Panorama dx, Membalut Mercy OH 1521 Gunung Mulia
Gajah Mungkur dengan body Proteus 🙄
Setia Negara yang lagi terkenal nih videonya, Hino AK dibalut dengan Laksana Nucleus 3 🙄
Sumber Selamat (Sumber Kencono), Hino AK Dengan Balutan Legacy 🙄
Bejeu Golden Dragon berbalut Legacy Sky
ALS Bertenagakan Mercy 1836 dibalut All New Legacy Sky
Armada APTB Mayasari Hino AK215 berbalut body Laksana Discovery
Laksana Cityline 2 Inobus Articulated Busway
sumber alam limo – 1521 custom dengan karoseri Laksana 🙄
Insyaallah dalam tulisan – tulisan yang akan datang Penulis akan membahas lebih dalam mengenai ciri khas dari setiap tipe armada Karoseri Laksana. Semoga Bermanfaat ya 🙂 . (imt)
foto : bismania, facebook, instagram, berbagai media
Klik disini untuk bahasan menarik tentang bus
- Blognya tetap, tapi alamatnya ketik imotorium.com saja ya
- Malaysia Cabut Dari Kalender F1 Mulai 2019, Lebih Memilih Fokus Ke MotoGP !!
- Unleash Your Engine To The Max !!! Pertamax Turbo Resmi Hadir di Bali
- Mewahnya Suasana Soft Launching Pertamax Turbo Di Kamandalu, Ubud, Bali.
- Komparasi Bus Hino RK8 R260 Versus Mercedes – Benz OH 1526, Mana Yang Lebih Baik?
- IMOS 2016 : Honda CBR250RR Laris Manis Nih.. Juozzz
- Honda WR-V Resmi Launching, Saingan Berat Yaris Heykers nih !!
- MotoGP : Statistik Crash Pembalap 2016, Rossi Crash 4x Sepanjang Musim, Marquez 16x !!
- Rahayu Santosa Jetliner Double Deck Bertenaga Mercy 2542 Sudah Mengaspal, Joss Tenan !!!
- IMOS 2016 : Launching Suzuki GSX-S150 Beserta Detailnya.. Jozz Banget !!
Josss.. pertamak
SukaDisukai oleh 1 orang
Hino….lagi…
http://macantua.com/2016/01/17/yamaha-aerox-125-details-versi-supermoto-nya-xride
SukaDisukai oleh 1 orang
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
Sejarah yang sangat panjang ya gan mengenai karoseri. Makasih infonya gan, jadi nambah-nambah ilmu nih 🙂
SukaDisukai oleh 1 orang
terimakasih gan , semoga dunia bus – bus indonesia terus maju yah 😀
SukaSuka
Gunung mulia bukanya panorama dx ya om??
Kalo panoramaa 3 kayaa clurit bodi sampingnya
SukaDisukai oleh 1 orang
oya salah tulis mas, suwun koreksinya, panorama 3 yang selempangnya agak mirip setra
SukaSuka
bru tau klo buatan ungaran… dlu pernah punya daihatsu zebra karoseri laksana ditabrak belakangnya, krna ga ada yg jual body belakangnya akhirnya malah dimutilasi jadiin pick up lagi
SukaSuka
wkwkwk balik ke asalnya ya
SukaSuka
Kerennn mbah….like this
SukaSuka
laksana legacy sky.. mengingatkan pada sinar jaya kemaren dit.. ada damri bandara.. sugeng rahayu golden star juga.. behh.. kapan naik bis lagi ya.. 🙄
SukaSuka
Ralat:Yang SCANIA Transjakarta itu gambarnya salah,klo yang di gambar itu yang buatan Gemilang Coachorks
SukaSuka
suwun mas bro koreksinya. Laksana Cityline busway articulatednya yang kerjasama dengan Inka ya. sippp
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
Dibahas yg sumber alam 3 axle nya dong
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
[…] satu armada Perkasa B 07 B berkaroseri Laksana milik PO Sumber Alam […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
[…] Tentu saja kita berharap agar bus ini nantinya mampu memenuhi semua kebutuhan akan transportasi di ibukota, dan tentunya dengan bus baru ini diharapkan juga SDA nya yaitu si operator bus juga memiliki awareness, iya sikap dan kesadaran dalam berlalu lintas, ngga seenak udel menaik – turunkan penumpang, dan tidak ugal – ugalan di Jalan. Bus Scania K250UB yang dijajal langsung oleh Pak Gubernur ini menggunakan bodi produksi dari Karoseri ternama asal Ungaran, Karoseri Laksana. […]
SukaSuka
[…] sudah digunakan oleh beberapa PO besar seperti diantaranya PO. Sinar Jaya yang memadukannya dengan Laksana Legacy SR-1 , PO. Agra Mas, PO. Harapan Jaya dengan Tentrem Scorpion, PO. Shantika dengan Adi Putro Jetbus HD […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
[…] yang merupakan hasil modifikasi seperti yang dimiliki oleh PO. Sumber Alam seperti pada artikel disini, kini tren itu semakin menguat dengan 3 Axle yang menganut 4 Wheel Steering yang berguna kala […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
[…] – bus produksi Karoseri dalam negeri seperti misalnya Adi Putro, Morodadi Prima, Tugas Anda, Laksana dan dari perusahaan Karoseri yang terbilang pendatang baru.. Gunung […]
SukaSuka
[…] SUMBER : Imotorium […]
SukaSuka
[…] yang dihadirkan sama dengan bus kota Scania K250UB berbody Laksana yang dipajang pada Event IIBT lalu. dilabur livery dominan putih – orange bus ini tampil […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
[…] Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana […]
SukaSuka
Pantess gunung mulia puenaak ya. Pake Laksana toh 😮
SukaDisukai oleh 1 orang
[…] Dragon dan mempercayakan body busnya dari Karoseri – Karoseri besar seperi Adiputro, Tentrem, Laksana. Untuk kelas sendiri sejauh ini Bejeu mengoperasikan single class yaitu Executive. Service yang […]
SukaSuka
[…] sehingga akan mudah sekali menemukan 1526 baik itu dalam balutan karoseri Adiputro, Rahayu Santosa, Laksana, New Armada, Tentrem, Morodadi, Restu Ibu dan lain – […]
SukaSuka
[…] apa nih.. udah banyak varian Double Deck meluncur.. next bisa jadi datang double deck dari Laksana, Tentrem, Morodadi Prima dll yang mana tentunya akan menambah semarak dunia bus tanah air.. hehehe […]
SukaSuka