jump to navigation

Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia 23 Desember 2015

Posted by imotorium in Bus, History, MERCEDES, Tak Berkategori, Trip.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

als tol

ilustrasi bus als di tol dalam kota – red

Jakarta – Ketika berkendara di sepanjang jalan Gatot Subroto Jakarta, penulis secara tidak sengaja melihat ke arah tol dalam kota yang memang cukup padat, diantara ratusan mobil mata ini tertuju pada sesosok bus dengan penuhnya paketan barang yang memanjang dari depan ke belakang.. Ah memang sudah jadi salah satu ciri khas Perusahaan otobis asal sumatera.. mereka hanya berusaha bertahan agar tetap mampu menyambung rejeki. Apalagi sejak era tiket pesawat murah / LCC booming di Indonesia.. banyak yang tidak mau berhari – hari menghabiskan waktu dijalan untuk bisa sampai ke kampung halaman nan jauh.. toh selisih harganya beda sedikit.. Tetapi sejarah tidak bisa dilupakan begitu saja, inilah salah satu saksi sejarah hidup atas perkembangan transportasi di indonesia

ALS legend

Antar Lintas Sumatera (ALS) ini adalah salah satunya.. inilah bus legendaris asal Sumatra Utara.. Dimana awalnya didirikan di Kotanopan, Mandailing Natal pada september 1966. Pada masa itu ALS memulai kiprahnya dengan membuka trayek dari Muara Sipongi / Kotanopan ke Medan.. Mengikuti jejak FA Sibual – buali yang jauh sebelumnya adalah trayek perluasan dari perusahaan bus tersebut.

als 1

Perkembangannya pun menuju arah positif, respon masyarakat sangat baik dan akhirnya ALS pun memindahkan base-nya dari awalnya di Kotanopan menjadi di Kota Medan hingga sekarang. ALS pun membuka banyak rute – rute baru dan menjadi salah satu pelopor transportasi penghubung antar kota di sumatera.. Pekanbaru, Banda Aceh, Bengkulu, Jambi, Palembang, Padang dan Lampung dengan mantap dijadikan trayek mereka.. Saat itu (1960-1970an) belum bisa menyebrang dari bakauheni ke merak karena kapal yang ada belum memadai untuk mengangkut kendaraan besar.. sehingga penumpang yang mau ke pulau jawa harus menyudahi perjalanannya dengan ALS dan menyambung kembali di Merak setelah menyebrang dengan kapal melewati selat sunda…

*klik di foto untuk memperbesar foto

als 2

AntarLintasSumatra RD

Waktu perjalananpun terbilang cukup lama pada masa itu, karena bisa mencapai 3-5 hari perjalanan.. dikarenakan pada masa itu jalan – jalan yang ada belum semulus sekarang.. dan apabila ada trouble dijalan.. maka awak bus tersebut juga harus memiliki pengetahuan teknis tentang kendaraan.. ya, mereka sendirilah mekaniknya 😀

ponton-ans

ya begini pada masa 70-80 an, tiap ketemu sungai mau ngga mau ngantri nyebrang menggunakan ponton (ans) 

dan kalo ada trouble ya alih fungsi jadi mekanik baik supir ataupun kondektur 🙄

 

als 7

als 8

als 5

bus als ketika di kapal ferry

bus als ketika di kapal ferry

Baca Juga :

Profil PO. Nusantara, Raja Jalanan Asal Muria Raya

Profil Bus PO. Safari Dharma Raya (OBL), Si Gajah Temanggung Pelari Antar Pulau

Mengenal PO. Primajasa, Keluarga Dari Mayasari Grup

Profil PO. Rosalia Indah, PO Ternama Asal Solo Raya

PO Surya Bali, Si Bus Elegan Dari Pulau Dewata

PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam

PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga.

Pandawa 87, Pendatang Baru Asal Pasuruan Nan Elegan Di Segmen Bus Pariwisata

Profil PO. Siliwangi Antar Nusa (SAN), Perusahaan Otobus Asal Bengkulu Yang Terus Berinovasi

PO Sempati Star, Evolusi Dari Bintang Sempati .. Kini Mulai Mendobrak Dunia Otobus Indonesia

ALS mencapai masa jayanya di era 80 – 90 an, ketika merak dan bakauheni terhubung berkat pelayaran Kapal Ferry.. ALS pun seolah tidak puas dengan trayek yang ada.. dengan menunjukkan semangat asli masyarakat mandailing dalam menghubungkan kota-kota di Nusantara ini.. mereka memperpanjang lagi jangkauan hingga masuk ke kota Jakarta, Surabaya, hingga sampai ke Denpasar.. Bali :0 artinya, dalam satu kali perjalanan.. mereka memiliki jarak tempuh trayek hingga lebih dari 3000 km !! Luar biasa.. 😀

ALS 90

ini livery awal 90 – an 🙄

ALS Intalan MB 1

nah, penulis dulu sempat beruntung naik bus als dengan body intalan seperti ini tahun 1996, kelas SE 2-1 hanya 18 seat saja.. sehingga benar – benar nyaman. waktu itu pulang ke medan bertiga dengan ayah dan ibu 😀

ALS-165-D

proses uploading barang.. dari paket inilah mereka mampu bertahan

ALS pun terkenal dengan semua armadanya yang menggunakan Mercedes – Benz. Pure Mercedes – Benz, hingga saat ini penulis belum pernah sekalipun melihat armada bus besar ALS yang menggunakan mesin dan chassis non Mercedes.. 😀 kecuali dulu ketika awal sejarah mereka dimulai.. mereka menggunakan mesin – mesin amerika semisal GMC, Chevrolet, Dan Dodge. Uniknya lagi.. semua armada ALS ini adalah titipan, tidak ada pemilik tunggal dari seluruh bus als ini.. ini adalah milik beberapa keluarga besar. Jadi bisa dicirikan dari nomor body bus tersebut.. semisal dari nomor 26x jika akhiran nomor adalah angka 1 maka bus itu milik ketua dari PT ALS tersebut, nomor ujung 2 diketahui milik keluarga H.Kolol, nomor ujung 5 milik keluarga Japarkayo, nomor ujung 7 maka itu milik keluarga Raja Ali Lubis, nomor ujung 8 milik keluarga Abdul Wahab Lubis, dan seterusnya.. (CMIIW) 🙄

als 6

als 3

als 4

Untuk awak bus sendiri, biasanya ALS akan dilengkapi oleh 2 supir dan 2 kondektur (terkadang ditambah 1 mekanik) untuk saling memback-up selama perjalanan. Rute yang sangat panjang dan menguras tenaga ini sudah dianggap seperti hiburan oleh mereka. Malah bus yang mereka bawa sudah seperti rumah bagi mereka.. dimana rejeki mereka dapatkan dari bus ini. untuk tempat istirahat mereka biasanya rolling, ada yang tidur di bangku kondektur, di smoking area, dan balkon pun mereka sulap jadi tempat tidur untuk kru. 🙄

als interior 264als 264 interior

als 264

Transportasi merupakan sarana penting dalam membantu roda perekonomian. Suatu daerah tidak dapat berdiri sendiri, suatu daerah akan membutuhkan daerah lain.  Sebagai penghubung antar daerah tersebut dibutuhkan sarana transportasi, baik prasarana jalan maupun sarana alat transportasi. Kini ALS memang sudah tidak masuk lagi ke Banda Aceh 😦 dikarenakan ekspansi PO asal aceh yang bisa dibilang gila.. mereka kuat sekali dalam mengadakan armada terbaru sehingga ALS kalah bersaing. namun bagi penduduk asli Sumatera Utara khususnya Tapanuli selatan, Mandailing Natal dan sekitarnya.. Bus ini tetap dicinta.

als 1836

Seolah sudah menjadi tradisi, kini pun ALS berusaha mengikuti zaman dengan me-regenerasi banyak armadanya.. Dan dengan perhitungan yang matang.. armada – armada terbaik mereka seperti Mercedes 1525. 1526, 1836 kini hanya melayani trayek seperti Medan – Padang, Medan – Pekanbaru, Medan – Palembang.. namun tidak menghilangkan ciri khasnya dengan tetap menjadikan Medan – Jember sebagai trayek terjauh yang mereka miliki saat ini. Walaupun disupport armada yang sudah berumur (Mercedes 1518 , 1521, 1525).. mereka tetap berani dan menjamin akan selalu sampai ke tujuan. Joss (imt)

foto : bismania, blogger pencinta bus

Iklan

Komentar»

1. FЭЯY - 23 Desember 2015
Sing Indo - 23 Desember 2015
jbminerva.com - 23 Desember 2015

wah jd kangen kampung nenek 😦

http://jbminerva.com/

Suka

2. FЭЯY - 23 Desember 2015
imotorium - 23 Desember 2015

mb semua kalo als

Suka

3. Bro Ndes 94 - 23 Desember 2015

2009-2012 msih sempt naik bus kyk gini, jmn sekolh PO Moedah… ncen enak. saiki kyke wes g ono

Suka

Bro Ndes 94 - 23 Desember 2015

Yg intalan

Suka

imotorium - 23 Desember 2015

susah bersaing.. sekarang sebentar – sebentar rebody

Suka

4. lamik gemini - 23 Desember 2015

nyimak..

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 23 Desember 2015

joss

Suka

5. Alki Rahmatullah - 23 Desember 2015

Dulu sering ketemu ngeblong di lintas sumatera,skrg dah jarang pas terakhir pulang kemaren.. 😦

http://indoride.com/2015/11/19/seperti-inikah-yamaha-aerox-125-dengan-pernak-pernik-ala-motorsport/

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 23 Desember 2015

kalah saing sama pesawat 😦

Suka

Alki Rahmatullah - 23 Desember 2015

Betoel mbah,kayake orang2 lebih nyaman naik pesawat tuh drpd naik bis dgn harga beda 200-300rebu

Suka

imotorium - 23 Desember 2015

iya, asumsinya jangan dihitung cuma tiket bis tok.. biaya makannya itu lho yang luar biasa 😛

Suka

Alki Rahmatullah - 23 Desember 2015

Hahaha,waktunya juga mbah,pesawat cuma 1,5 jam aja. Tp pengalaman asik selama di perjalanan itu gak bisa terganti kalo ke sumatera.. 😀

Suka

imotorium - 23 Desember 2015

itu dia.. syahdu ki.. apalagi momen pas subuh – subuh di jalan… duh 😀

Suka

6. coey91 - 23 Desember 2015

jember – medan josss 3hr ng njero bis….

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 23 Desember 2015

Satu bis serasa jadi keluarga. susah senang bersama 😛

Suka

7. bangdullede - 23 Desember 2015

gak sengaja ketemu blog pecinta bus… 🙂

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 23 Desember 2015

terimakasih mas 😀

Suka

8. ndesoedisi - 23 Desember 2015

dulu waktu masih tinggal di Sampang-Cilacap sering banget lihat bis ini, soalnya agennya ada di deket rumah 😆

Suka

imotorium - 23 Desember 2015

numpak dong mang nde ke medan sekali – kali XD

Suka

ndesoedisi - 23 Desember 2015

nyampe Medan balik lagi ya ? 😀

Suka

imotorium - 23 Desember 2015

iya mang XD kan pake dollar 😛

Suka

ndesoedisi - 23 Desember 2015

nunggu dollar pertama Blog ini ah 😆

Suka

9. udin - 23 Desember 2015

mantap kang, ditunggu cerita dunia perbis-an lainnya

Suka

imotorium - 23 Desember 2015

makasih banyak kang 😀

Suka

10. winnymarlina - 23 Desember 2015

nemu aja mas photo als jadul

Disukai oleh 2 orang

fiesta7 - 24 Desember 2015

Hasil bongkar sana sini mba 😀

Suka

11. gc133hijrah - 23 Desember 2015

Pengalaman bbrapa kali naik bis sumatra dilempar batu….

Sekarang bis sumatra, ana biasa naik ANS berasa naik kendaraan PHH…..

Salam telolet…..

Disukai oleh 1 orang

fiesta7 - 24 Desember 2015

Atlit lempar batu memang banyak. Sampai pake tameng skrg 😀

Suka

12. Selamat Datang Libur Panjang, Selamat Natal dan Tahun Baru 2016 Semuanya!! | imotorium - 24 Desember 2015

[…] Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia […]

Suka

13. wangi - 24 Desember 2015

Wah beberapa kali pernah naaik bis ini shocknya empuk…msklum bawa barang diatas kap.pernah dari lahat sampai pemslang 4 hari.gara2 bis rusak dijalan.banyak kenangan nih bis

Disukai oleh 1 orang

14. Mengenal PO Budiman, Penguasa Jalur Selatan Jawa Barat | imotorium - 27 Desember 2015

[…] Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia […]

Suka

15. PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga. | imotorium - 1 Januari 2016

[…] Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia […]

Suka

16. Nissan Diesel, Profil Mesin Bus “Pelari” Yang Tidak Terlalu Terdengar Namanya Di Indonesia | imotorium - 2 Januari 2016

[…] Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia […]

Suka

17. Foto – Foto Progress Tol Lintas Sumatra (Bakauheni – Terbanggi Besar) | imotorium - 5 Januari 2016

[…] Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia […]

Suka

18. Sutopo Sasuke - 7 Januari 2016

keren mas, lengkap wkwkw,

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 8 Januari 2016

makasih masbro 😀

Disukai oleh 1 orang

19. AwanRock - 13 Januari 2016

Untuk Jalur Lintas Sumatra ,ALS selalu bawa barang di atas ya? sampe banyak bnaget 😀

Suka

imotorium - 25 Agustus 2016

sekarang sih ada tiga kelas ,eko non ac, ekonomi ac sama eksekutif. tapi begitu di jalan wallahu alam.. yang exe bisa naikin barang juga by request. wkwkwkwk

Suka

20. Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Adi Putro | imotorium - 14 Januari 2016

[…] Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia […]

Suka

21. nbsusanto - 15 Januari 2016

khas ALS penuh muatan di atas.. kadang nonton armada tuanya masuk jogja.. behh.. ini berapa hari di jalan.. tapi tetep wae, nggak ada ALS nggak ada ciri khas bus bawa barang segaban..

Suka

22. Doli - 30 Januari 2016

Rute pertama ALS Kota nopan – Bukit Tinggi
Sebelum menjadi ALS masih bernama ABS (Aek Batang Gadis). Dari ALS ini melahirkan beberapa PO yg sempat TOP di era 90an sebut saja Mawar Selatan 🌹 dan Satu Nusa yg nota bene masih group dari ALS sendiri.

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 17 Juni 2016

satu nusa masih ada ya.. tapi udah jarang kelihatan sekarang ini 🙂

Suka

DK Siregar - 31 Agustus 2016

Pas ma naidokon ni lae on bah

Suka

23. Mengenang PO Bus Yang Terkenal Di Masa Lalu, PO Continental | imotorium - 2 Februari 2016

[…] Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia […]

Suka

24. PO Surya Bali, Si Bus Elegan Dari Pulau Dewata | imotorium - 23 Februari 2016

[…] Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia […]

Suka

25. Profil PO. Rosalia Indah, PO Ternama Asal Solo Raya | imotorium - 26 Februari 2016

[…] Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia […]

Suka

26. PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam | imotorium - 26 Februari 2016

[…] Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia […]

Suka

27. Tematis GIIAS 2015 : Impressi Cabin Bus Mewah Scania K360 – Adiputro | imotorium - 1 Maret 2016

[…] Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia […]

Suka

28. Tematis GIIAS 2015 : Impressi Bus Double Decker Mercedes OC 500 RF 2542, Adiputro | imotorium - 1 Maret 2016

[…] Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia […]

Suka

29. Mengenal PO. Primajasa, Keluarga Dari Mayasari Grup | imotorium - 3 Maret 2016

[…] Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia […]

Suka

30. Rizky Prasmana - 4 Maret 2016

Als,kenangan pulkam sumsel-banten tahun 2004

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 4 Maret 2016

wah ikut mobil yang dari medan ya mas? biasanya kondisinya udah agak kotor kabinnya karena udah perjalanan 2 hari 😀

Suka

31. Profil Bus PO. Safari Dharma Raya (OBL), Si Gajah Temanggung Pelari Antar Pulau | imotorium - 10 Maret 2016

[…] Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia […]

Suka

32. Profil PO. Nusantara, Raja Jalanan Asal Muria Raya | imotorium - 11 Maret 2016

[…] Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia […]

Suka

33. Profil PO. NPM, Perusahaan Bus Tertua Di Indonesia Asal Sumatra Barat | imotorium - 18 Maret 2016

[…] Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia […]

Suka

34. Lorena 001, Bus Pertama Milik PO. Lorena Yang Masih Dalam Kondisi Baik Hingga Kini(Galeri Foto) | imotorium - 4 April 2016

[…] Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia […]

Suka

35. Lorena 001, Bus Pertama Milik PO. Lorena Yang Masih Dalam Kondisi Baik Hingga Kini (Galeri Foto) | imotorium - 4 April 2016

[…] Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia […]

Suka

Arrizqi Fadhilah - 16 April 2016

Naikin foto yg SE nya yg masa kini dong admin, biar nampak keren.. hehehe
Comot aja dari foto koleksi ane, ane punya foto ALS SE 2-1 Nomor 271 : http://goo.gl/wraFCg , interior: http://goo.gl/JIJgUi

Foto2 ALS lain waktu ane touring Medan – Padang: http://goo.gl/HRFU6L

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 16 April 2016

wah mantapps, ALS tujuan padang busnya banyak yang baguss

Suka

36. aga bonardo a hasibuan - 20 April 2016

als tetap no 1 di indonesia ,,

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 25 Agustus 2016

salam satu aspal 😀

Suka

37. Hendri ramve - 23 April 2016

Sampai tujuan si pasti..namun masalah ketepatan waktu selalu telat.maklum dah banyak mbl tua.

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 17 Juni 2016

untuk jarak jauh antar pulau memang masih banyak menggunakan mobil yang sudah tua, namun untuk jarak – jarak menengah seperti medan – padang dll armadanya sudah banyak yang bagus kok.. sudah diisi dengan mobil baru 😀

Suka

38. Stevan - 10 Juni 2016

Ada istilah plesetan bahasa batak ALS = “Asal Lao Sega” artinya “asal pergi rusak” wkwkwk

Disukai oleh 1 orang

39. Launching #1 Sleeper Bus di Indonesia, PO Brilian.. Pilihan Bobomania nih | imotorium - 5 Juli 2016

[…] Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia […]

Suka

40. DK Siregar - 31 Agustus 2016

Supirna pe boto malo mardongan-dongan
Dengan sude di jago salama pardalanan
Juguk muda di topi ima si boru Regar
Na ro sian Medan manuju Ujung Gading

Disukai oleh 1 orang

41. Mengenal Bus PO Harapan Jaya, Si “Kuda” Oranye Asal Tulungagung. | imotorium - 4 Oktober 2016

[…] Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia […]

Suka

42. Sejarah Karoseri Ternama di Indonesia, Karoseri Cipta Karya | imotorium - 10 Oktober 2016

[…] menjadi pelanggan setianya sejak dahulu. Semisal PO Intra / Sejahtera, PMH, Sampagul, Makmur, Rapi, ALS, Transport Express (LBJ) dan lain – lain. Populasinya juga banyak kok.. dan kabarnya kini CK […]

Suka


Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: