Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ? 22 Desember 2015
Posted by imotorium in Bus, News.Tags: 12000 CC, 360 Hp, Bismania, Bus, Bus bertenaga besar di Indonesia, Bus Indonesia, Bus Malam, Bus Mewah, bus scania k360 lawan mercedes oh1836, bus terbaru, Executive, indonesia, Jerman, K360, K360-IB, Mercedes, Mercedes O500R 1836, OH 1836, Scania, Swedia
trackback
Walaupun rasanya agak telat, namun penulis rasa masih sangat menarik untuk dibahas… kini bus – bus kelas intercity/coach semakin menonjolkan sisi power sebagai pemuas keinginan para konsumen. Karena jujur saja… era telah bergeser.. dahulu bus hanya dianggap sebagai moda transport yang mampu mengangkut penumpang dalam jumlah banyak, bahkan pabrikan dengan ala kadarnya membuat bus bermodalkan chassis truk. Bisa dibayangkan bukan? 😀 , ok masuk ke pokok bahasan.. medium-high power bus yang kebetulan memiliki spesifikasi yang “mirip – mirip” Scania K360 IB vs Mercedes Benz 1836
Mercedes-Benz OH 1836 Punya Putra Pelangi 🙄
Scania K360 IB punya Siliwangi Antar Nusa (SAN) 🙄
Sama sama berkubikasi diatas 10.000 cc, dan memiliki output power di angka 360 Hp (pembulatan) membuat kedua merk asal eropa ini bersaing panas. Mari kita coba mendalami ringkasan spesifikasi dari masing masing merk
Mercedes – Benz OH 1836 / O 500 R
Cylinder : 6 (Euro 4)
Displacement (cc) : 11967
Maximum Power (hp) : 354
Maximum Torque (nm) : 1600Scania k360 IB 4×2 Opticruise
Cylinder : 6 (Euro 3)
Displacement (cc) : 12700
Maximum Power (hp) : 360
Maximum Torque (nm) : 1750
Dari spesifikasi diatas dapat dilihat Scania memiliki sedikit keunggulan dari sisi torsi dan horsepower yang dihasilkan. tentu saja ini juga peran dari kubikasi yang lebih besar sekitar 733 cc dari Mercedes. Namun pastinya selisih itu tidak akan begitu berarti ketika di lapangan.
Baca Juga :
Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia
PO Pandawa 87, Pendatang Baru Asal Pasuruan Nan Elegan Di Segmen Bus Pariwisata
PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam
Tipe – tipe Air Conditioner (AC) Yang Terdapat Pada Bus Besar
Mengidentifikasi Merk dan Tipe Bus Yang Beredar Di Indonesia – Hino AK8
Ketika berbicara raihan top speed, Mercedes sepertinya sangat konsen dengan safety.. inilah yang bagi sebagian orang dirasa menjadi kelemahan dari 1836, yaitu dilimitasinya kecepatan sehingga maksimal bus bisa berlari 100 km/h saja.. beda dengan Scania K360 yang masih sanggup melewati angka 125 km/h dengan mudah. Namun dikala menemui tanjakan panjang.. disinilah keduanya saling bersaing, final rasio gearbox Mercedes lebih panjang (6-speed), sehingga tidak terlalu sering mengganti gear seperti Scania (7 & 8-speed) untuk berlari di kecepatan yang sama (80-100 km/h).. tapi ini juga tidak bisa menjadi acuan karena pada praktek di lapangan bisa saja berbeda.. yang pasti close ratio pastinya sangat membantu dikala menghadapi tanjakan yang curam
kesimpulannya diantara kedua bus diatas ini.. jika diadu lari di trek datar.. menang yang atas XD
Baik Scania maupun Mercedes, keduanya juga menggunakan air suspension, dan dilengkapi retarder yang berperan dalam mengatur pengereman, distribusi power dan mengatur kestabilan bus kala bermanuver. Selain itu dari sisi kenyamanan dan kemewahan.. sepertinya Scania bisa dibilang unggul dalam hal ini..
Berikut foto Dashboard dalam balutan body karoseri Laksana :
Abaikan bentuk dashboard, karena itu karya dari karoseri sehingga terlihat serupa dengan tambahan lapisan wood panel. mari kita fokus pada Persneling, Cluster indikator dan speedometer, serta setir, tampak scania jauh lebih terasa aura mewahnya.. satu poin lebih buat scania. Karena disini mercedes kurang memberikan sedikit detail pada setirnya.. logo mercedes hanya sekedar cat warna putih saja.. bukan menggunakan emblem chrome seperti khas mercedes… walau sepele tapi ini mampu menambah aura kemewahan bila mercedes mau mengaplikasinya.
Terakhir, dari aftersales, scania masuk ke indonesia melalui Astra Group.. Yaitu dibawah naungan United Tractors selaku APM Scania untuk Indonesia. Mercedes sendiri sudah lama mencengkramkan kaki di Indonesia sehingga rasanya penulis tidak usah menjelaskan lagi karena pasti sudah pada tahu . So, keduanya disini sama kuat dalam sisi branding dan aftersales sehingga hasilnya bagi penulis : seimbang.
- Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tugas Anda
- Sejarah Karoseri Ternama di Indonesia, Karoseri Cipta Karya
- Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Nusantara Gemilang (NusGem)
- Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trisakti
- Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Mayasari Utama
- Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trijaya Union
- Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri German Motor Manufacturing (GMM – Mercedes Benz )
Masalah harga.. nah inilah yang menjadi keunggulan Mercedes-Benz.. berkat pabrik perakitan di wanaherang, Mercedes mampu menekan harga sehingga lebih murah daripada Scania yang masuk dengan cara impor, yang berimbas pada harga jual yang lebih mahal. Kabarnya Mercedes pun mampu memproduksi hingga 10 unit bus perharinya.. wah disini unggul telak .. pantas saja populasi 1836 kian hari kian banyak.. 😮
yang di foto ini K380 IB lho.. keren doffnya
Kedua – duanya pun rata – rata digunakan oleh perusahaan otobis di jawa sebagai armada dengan kelas executive keatas.. kecuali pada PT. ALS (Antar Lintas Sumatra, red) yang menggunakan 1836 sebagai armada AC Ekonomi Trayek Medan-Padang (nomor body 94) dan Medan-Bukittinggi (nomor body 206) XD .
Jadi, yang mana pilihan pemirsa? monggo coret-coret di kolom komentar.. 😀
(imt)
foto : bismania, google, fotografi bus
- Komparasi Bus Hino RK8 R260 Versus Mercedes – Benz OH 1526, Mana Yang Lebih Baik?
- Rahayu Santosa Jetliner Double Deck Bertenaga Mercy 2542 Sudah Mengaspal, Joss Tenan !!!
- Singapura Akan Ujicoba Bus Besar Yang Berjalan Otomatis Tanpa Pengemudi
- Mengenal Lebih Dekat Mercedes – Benz OH 1526, Andalan Perusahaan Otobus Masa Kini
- Terminal Purabaya, Kota Surabaya Bakal Adopsi Sistem Online Ticketing. Check-In ala Bandara, Setuju?
- Menuai Keluhan, Formasi Seat Rangkaian Baru KA Ekonomi Komersial Dinilai Tidak Manusiawi
- Mengenal Lebih Dekat PO Pahala Kencana Dan Sejarahnya, Salah Satu Barometer Bus Nyaman Di Indonesia
- Mengenal Bus PO Harapan Jaya, Si “Kuda” Oranye Asal Tulungagung.
- Update : Google Street View Indonesia Sudah Makin Meluas, Sumatra, Sebagian Kalimantan dan Sulawesi Sudah Tercover
- Wow, Harapan Jaya Rilis Bus Terbarunya, Scania K360 Opticruise Berbody Tentrem Avante SHD
- Imbas Cadas Pangeran Longsor, Tarif Bus Bandung – Cirebon dan Sekitarnya Meroket
- Mengenal Si Bus “Hijau” Asal Pulau Dewata, PO Gunung Harta
- GIIAS 2016 : Berani Berubah, Transjakarta Laksana Cityline 2 Scania K310 6×2 !!!
- GIIAS 2016 : Melihat Lebih Dekat AdiPutro Jetbus 2+ SHD Scania K410 Skyview Coach
- GIIAS 2016 : Lebih Dekat Dengan All New Laksana Legacy Sky SR2 Scania K310, Mewah !!!!
compare sama bis volvo om yang sekarang kayaknya ga dimasukin lagi sama indotruck . .
SukaSuka
Volvo B12M ? iya nih indomobil grup kayaknya ga serius… 😦
SukaDisukai oleh 1 orang
B9R sama B6R juga bisa di compare sama yang sekelasnya om…
SukaSuka
Telolet 😀 http://macantua.com/2015/12/21/sentul-gagal-gelar-motogp-wajar-kalau-pun-itu-terjadi/
SukaSuka
http://sakahayangna.com/2015/12/22/kira-kira-seperti-ini-saat-cbr-cbu-pakai-fairing-cbr-500-2016/
SukaSuka
ralat om,itu dashboard karoseri laksana bukan new armada.
SukaSuka
wah iya .. thanks mas agus koreksinya 😀
SukaDisukai oleh 1 orang
Setau ane k360ib yang comfort shift 7 speed dah om. Kalo yang manual sama opticruise baru 8 speed om hehehe
SukaDisukai oleh 1 orang
Jozz, makasih penjelasan detailnya mas 😀
SukaDisukai oleh 1 orang
Keren euy spesialis nih,out of the box. Landjoetkan mbah
SukaDisukai oleh 1 orang
Jozz.. 😀
SukaDisukai oleh 1 orang
Jozzzz…
SukaDisukai oleh 1 orang
ane sudah tiga kali menikmati SAN Scania padang bengkulu, mak joss, sayang kehadiran toilet justru mengganggu istri saya , karena baunya masih bocor ke kabin, entah mungkin penumpang ngga disiplin siram toilet atau memang airnya kurang hehe
SukaDisukai oleh 1 orang
toilet itu sebenarnya butuh – butuh ngga sih mas.. pastinya kalo saya pribadi sih lebih suka buang air di rumah makan atau pas lagi singgah di rumah makan
SukaDisukai oleh 1 orang
Mas spesifikasinya tolong dilengkapi donk, Max HP … @ … RPM, Mas Torque … @ … RPM.
Kalo soal gear lebih banyak, menurut saya lebih bagus krn bisa menyesuaikan max torque dgn kecepatan dan kecuraman jalan, ujung2nya kendaraan bisa dioperasikan dgn best economy.
Walaupun kalo cuma datar kayak Pantura Jawa, gear banyak kurang manfaat, tapi kalo di pegunungan, gear banyak akan sangat membantu.
Btw di sini ada kah bis yg pake perseneling otomatis?
SukaDisukai oleh 1 orang
Makasih lho untuk masukannya mas. nanti ditambahkan keterangannya 😀 untuk persneling otomatis banyak mas, yang baru saya tau itu armada hyundai dan daewoonya transjakarta itu matic semua. dan ada contohnya salah satu bus antar kota yang pakai Hino RG automatic itu PO MGI , dan City Trans Utama untuk armada pariwisatanya..
SukaDisukai oleh 1 orang
hino ngk ad spek yg srupa dgn kedua merk tsb kah…..
SukaSuka
ada hino RM1 ES, cc sama, power lebih besar.. tapi sayangnya ga masuk ke indonesia
SukaDisukai oleh 1 orang
Kok bisa ga masuk ya? Apa karena faktor bahan bakar yg kurang baik di negeri ini? 😟
SukaSuka
Ralat ya, baik Scania K360 dan MB 1836 sudah diproduksi secara lokal, yakni SKD (Semi Knock Down). Beberapa bagian chassis didatangkan secara terurai dr luar dan dirakit disini.
Bicara soal gear ratio, penulis seharusnya mempunyai data valid perbandingan per gigi, tidak bisa disimpulkan dari jumlah gigi. Jadi tidak semerta-merta meyimpulkan bahwa mesin x dibandingkan mesin y lebih unggul di tanjakan. Banyak faktor seperti karakter mesin (baik torsi maupun tenaga puncak) yang mempengaruhi.
Salam, artikel yang bagus. Semoga bermanfaat
SukaDisukai oleh 1 orang
wah.. mantap nih tambahannya.. makasih banyak mas 😀 jadi sekarang baru sebagian ya (semi) belum full dirakit disini.. joss nih .. untuk perbandingan gear dan final nanti diupdate tabelnya mas. mantap nih 😀
SukaDisukai oleh 1 orang
Mantap om postingannya. Nice
pengalaman saya om, naik Sempati Star kelas sama (Non Stop) 1836 maupun yg Scania K360ib nya (yg ini manual), saat tanjakan di daerah seulawah (menuju Medan), menurut saya Scania lbh unggul, krn tarikannya lbh mantap. Selain itu, kalau raungan mesin, 1836 jauh lbh meraung (posisi saya sama2 di seat terdepan, body sama2 AP). Kalau suara mesin mgkn bias ya tp kalau kita menaikinya, saya rasa lbh unggul Scania. CUma kalau trek lurus, tergantung sih Min. Pernah ada yg posting cerita perjalanan di bismania.com, Non Stop Scania mengejar 1526 PMTOh di trek lurus, gak kekejar, hehehe..
lanjutkan Min tulisan2nya..semakin banyak semakin bagus.
SukaSuka
nyimak.. sumpah ane gak faham kek gene..
SukaDisukai oleh 1 orang
[…] Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ? […]
SukaSuka
[…] BT – Mercedes-Benz OH 1836 (Bluetec) […]
SukaSuka
[…] Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ? […]
SukaSuka
[…] Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ? […]
SukaSuka
[…] Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ? […]
SukaSuka
[…] Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ? […]
SukaSuka
[…] Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ? […]
SukaSuka
[…] Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ? […]
SukaSuka
[…] hal yang menarik perhatian dan mungkin hanya satu – satunya di Indonesia. Ya, inilah… Scania F […]
SukaSuka
[…] yang mantap.. para pengusaha bus tidak perlu membeli chassis – mesin premium semisal Mercy 1836, Scania K Series, Volvo dll untuk menggunakan Jetbus 2+ SHD […]
SukaSuka
matap scania…
http://www.duniatraveling.co.id
SukaDisukai oleh 1 orang
[…] Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ? […]
SukaSuka
[…] Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ? […]
SukaSuka
[…] bus dengan livery yang dipenuhi warna warni nan cerah, Nusantara memiliki armada bus pariwisata Scania K380 AP Jetbus yang dilabur hitam doff kelas Luxury seat 1 – 1 . Kelas – kelas […]
SukaSuka
Kalau untuk mengadu mana yg lebih cepat antara scania sm MB saya rasa tergantung skil pilotnya…
SukaDisukai oleh 1 orang
Tul,Tasik – Jakarta naik Budiman bt 04 (1836) berangkat jam 12 malam nyampe sebelum subuh (itu juga udah istirahat 1/2jam di RM)
SukaSuka
[…] Scania K250UB , merupakan Produk K series scania yang didaulat khusus lingkungan urban, yang mana sesuai dengan pedoman produk scania adalah bus dengan mesin belakang, U untuk Urban, short distance, normal comfort dan B untuk normal bus. Mesin yang diadopsi adalah seri DC-09 114 berkapasitas 9000 cc dengan power yang dihasilkan mencapai 250 Hp dan sudah lulus uji emisi Euro 3. Untuk top speed sendiri dilimit pada angka maksimal 80 km/jam. […]
SukaSuka
[…] Mulai varian OH 1113, OH 1518, OH 1521, OH 1525, OH 1526 dan yang terbaru kini NPM mengoperasikan Mercedes -Benz 1836 O 500 R dengan body RS Skyliner, diluar Mercy NPM juga memiliki armada Golden Dragon dengan Mesin Yuchai, […]
SukaSuka
[…] – varian bus Mercedes – Benz lainnya seperti OH 1521 EIII, OH 1525, OH 1526 bahkan 1836. Overhang depannya sendiri mirip dengan bus Scania K series / Volvo B7R . Dan overhang belakang […]
SukaSuka
om bikin ulasan tentang Po tertua di Sumatra barat om yaitu PO NPM
SukaDisukai oleh 1 orang
sudah ada masbro 😀 di search saja
SukaDisukai oleh 1 orang
Kalo urusan speed, Scania Recomended. Tapi untuk kenyamanan pilih MB deh 😊😊😊
SukaDisukai oleh 1 orang
Sudah trademarknya masing masing.. 😀
SukaDisukai oleh 2 orang
kalo q si pilih scania nya donk masih langka jg di indonesia joioxzzzzzzzzzz tenan lah scania
SukaDisukai oleh 1 orang
scania banter tenan 125 km masih kecil kalo mercedes 100 km susah apalagi suspensi nya scania jg jozzzz bgt masih lanka juga di indonesia scania
SukaDisukai oleh 1 orang
1836 O 500 R Om Bukan OC 500RF Sekadar Koreksi
SukaDisukai oleh 1 orang
Bt 04 bcb (1836) di tanjakan & trek lurus bisa sarua speed na… 80 kpj++ …. scania no komen can ngasaan,da ewh di Tasik 😭😭😭
SukaDisukai oleh 1 orang
Klu saya pengen thu ja berapa harga bus scania k380ib dgn body jet bus 2 hd
SukaDisukai oleh 1 orang
[…] Ngembal, Kudus. PO. Haryanto kini dominan menggunakan chassis Mercedes OH Series (1521, 1525, 1526, 1830) dan Hino RK8 sebagai Armadanya dengan body buatan beberapa karoseri besar seperti Adiputro dengan […]
SukaSuka
[…] OH 1836 Adiputro SHD adalah salah satu armada unggulan yang dimiliki oleh […]
SukaSuka
Ane menyukai balapan bis di tanjakan bukan ditrek datar.
Sebagaimana kenangan ane balapan lawas bis bandung – jakarta lewat puncak dimenangkan OH1113 prima vs hino RK primissima
SukaDisukai oleh 1 orang
biarpun kalah top speed tpi ane ttp milih mb oh1836,
SukaDisukai oleh 1 orang
[…] dan Chassis sebut saja yang digunakan sekarang mulai dari Mercedes – Benz (OH 1526, 1626, 1836), Hino (RK8, RN285) , Volvo (B7R) , dan Scania (K310, K360, K380). Kelas yang ditawarkan juga […]
SukaSuka
Semangat PT A.L.S kobarkan semangat orang medan
SukaDisukai oleh 1 orang
Jika ingin memodifikasi dsebuah karoseri.chasis.a beli sendiri atau udah termasuk biaya pembuatan bis di karoseri
SukaSuka
Kalau modif ya tinggal bawa chassis yang ada mas 😁. Semua bus di Indonesia pasti lebih dahulu beli chassis kemudian dikirim ke karoseri untuk dibuatkan body nya sesuai permintaan
SukaSuka