jump to navigation

Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ? 22 Desember 2015

Posted by imotorium in Bus, News.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

als 1836

Walaupun rasanya agak telat, namun penulis rasa masih sangat menarik untuk dibahas… kini bus – bus kelas intercity/coach semakin menonjolkan sisi power sebagai pemuas keinginan para konsumen. Karena jujur saja… era telah bergeser.. dahulu bus hanya dianggap sebagai moda transport yang mampu mengangkut penumpang dalam jumlah banyak, bahkan pabrikan dengan ala kadarnya membuat bus bermodalkan chassis truk. Bisa dibayangkan bukan? 😀 , ok masuk ke pokok bahasan.. medium-high power bus yang kebetulan memiliki spesifikasi yang “mirip – mirip” Scania K360 IB vs Mercedes Benz 1836

1836 pelangi

Mercedes-Benz OH 1836 Punya Putra Pelangi 🙄

san k360

Scania K360 IB punya Siliwangi Antar Nusa (SAN) 🙄

Sama sama berkubikasi diatas 10.000 cc, dan memiliki output power di angka 360 Hp (pembulatan) membuat kedua merk asal eropa ini bersaing panas. Mari kita coba mendalami ringkasan spesifikasi dari masing masing merk

Mercedes – Benz OH 1836 / O 500 R
Cylinder : 6 (Euro 4)
Displacement (cc) : 11967
Maximum Power (hp) : 354
Maximum Torque (nm) : 1600

Scania k360 IB 4×2 Opticruise
Cylinder : 6 (Euro 3)
Displacement (cc) : 12700
Maximum Power (hp) : 360
Maximum Torque (nm) : 1750

 

Dari spesifikasi diatas dapat dilihat Scania memiliki sedikit keunggulan dari sisi torsi dan horsepower yang dihasilkan. tentu saja ini juga peran dari kubikasi yang lebih besar sekitar 733 cc dari Mercedes. Namun pastinya selisih itu tidak akan begitu berarti ketika di lapangan.

Baca Juga :

Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia

PO Pandawa 87, Pendatang Baru Asal Pasuruan Nan Elegan Di Segmen Bus Pariwisata

PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam

Tipe – tipe Air Conditioner (AC) Yang Terdapat Pada Bus Besar

Mengidentifikasi Merk dan Tipe Bus Yang Beredar Di Indonesia – Hino AK8

Ketika berbicara raihan top speed, Mercedes sepertinya sangat konsen dengan safety.. inilah yang bagi sebagian orang dirasa menjadi kelemahan dari 1836, yaitu dilimitasinya kecepatan sehingga maksimal bus bisa berlari 100 km/h saja.. beda dengan Scania K360 yang masih sanggup melewati angka 125 km/h dengan mudah. Namun dikala menemui tanjakan panjang.. disinilah keduanya saling bersaing, final rasio gearbox Mercedes lebih panjang (6-speed), sehingga tidak terlalu sering mengganti gear seperti Scania (7 & 8-speed) untuk berlari di kecepatan yang sama (80-100 km/h).. tapi ini juga tidak bisa menjadi acuan karena pada praktek di lapangan bisa saja berbeda.. yang pasti close ratio pastinya sangat membantu dikala menghadapi tanjakan yang curam

1521 budiman

?????????????

kesimpulannya diantara kedua bus diatas ini.. jika diadu lari di trek datar.. menang yang atas XD

Baik Scania maupun Mercedes, keduanya juga menggunakan air suspension, dan dilengkapi retarder yang berperan dalam mengatur pengereman, distribusi power dan mengatur kestabilan bus kala bermanuver. Selain itu dari sisi kenyamanan dan kemewahan.. sepertinya Scania bisa dibilang unggul dalam hal ini..

Berikut foto Dashboard dalam balutan body karoseri Laksana :

Scania K360 IB Dashboard

1836 interior

Abaikan bentuk dashboard, karena itu karya dari karoseri sehingga terlihat serupa dengan tambahan lapisan wood panel. mari kita fokus pada Persneling, Cluster indikator dan speedometer, serta setir, tampak scania jauh lebih terasa aura mewahnya.. satu poin lebih buat scania. Karena disini mercedes kurang memberikan sedikit detail pada setirnya.. logo mercedes hanya sekedar cat warna putih saja.. bukan menggunakan emblem chrome seperti khas mercedes… walau sepele tapi ini mampu menambah aura kemewahan bila mercedes mau mengaplikasinya.

harjay scania

Terakhir, dari aftersales, scania masuk ke indonesia melalui Astra Group.. Yaitu dibawah naungan United Tractors selaku APM Scania untuk Indonesia. Mercedes sendiri sudah lama mencengkramkan kaki di Indonesia sehingga rasanya penulis tidak usah menjelaskan lagi karena pasti sudah pada tahu :mrgreen: . So, keduanya disini sama kuat dalam sisi branding dan aftersales sehingga hasilnya bagi penulis : seimbang.

Masalah harga.. nah inilah yang menjadi keunggulan Mercedes-Benz.. berkat pabrik perakitan di wanaherang, Mercedes mampu menekan harga sehingga lebih murah daripada Scania yang masuk dengan cara impor, yang berimbas pada harga jual yang lebih mahal. Kabarnya Mercedes pun mampu memproduksi hingga 10 unit bus perharinya.. wah disini unggul telak .. pantas saja populasi 1836 kian hari kian banyak.. 😮

k380 scania doff

yang di foto ini K380 IB lho.. keren doffnya

Kedua – duanya pun rata – rata digunakan oleh perusahaan otobis di jawa sebagai armada dengan kelas executive keatas.. kecuali pada PT. ALS (Antar Lintas Sumatra, red) yang menggunakan 1836 sebagai armada AC Ekonomi Trayek Medan-Padang (nomor body 94) dan Medan-Bukittinggi (nomor body 206) XD .

Jadi, yang mana pilihan pemirsa? monggo coret-coret di kolom komentar.. 😀

(imt)

foto : bismania, google, fotografi bus

Komentar»

1. rians - 22 Desember 2015

compare sama bis volvo om yang sekarang kayaknya ga dimasukin lagi sama indotruck . .

Suka

imotorium - 22 Desember 2015

Volvo B12M ? iya nih indomobil grup kayaknya ga serius… 😦

Disukai oleh 1 orang

rians - 22 Desember 2015

B9R sama B6R juga bisa di compare sama yang sekelasnya om…

Suka

2. FЭЯY - 22 Desember 2015
3. FЭЯY - 22 Desember 2015
4. agus pramono - 22 Desember 2015

ralat om,itu dashboard karoseri laksana bukan new armada.

Suka

imotorium - 22 Desember 2015

wah iya .. thanks mas agus koreksinya 😀

Disukai oleh 1 orang

5. Rayhanadriyadiii - 22 Desember 2015

Setau ane k360ib yang comfort shift 7 speed dah om. Kalo yang manual sama opticruise baru 8 speed om hehehe

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 22 Desember 2015

Jozz, makasih penjelasan detailnya mas 😀

Disukai oleh 1 orang

6. Alki Rahmatullah - 22 Desember 2015

Keren euy spesialis nih,out of the box. Landjoetkan mbah

MotoGP Sentul 2017 Dibatalkan,Ini Alasan Dorna!

Disukai oleh 1 orang

7. arh thea - 22 Desember 2015

Jozz.. 😀

Disukai oleh 1 orang

8. prasetyo676 - 22 Desember 2015

Jozzzz…

Disukai oleh 1 orang

9. Salim - 22 Desember 2015

ane sudah tiga kali menikmati SAN Scania padang bengkulu, mak joss, sayang kehadiran toilet justru mengganggu istri saya , karena baunya masih bocor ke kabin, entah mungkin penumpang ngga disiplin siram toilet atau memang airnya kurang hehe

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 22 Desember 2015

toilet itu sebenarnya butuh – butuh ngga sih mas.. pastinya kalo saya pribadi sih lebih suka buang air di rumah makan atau pas lagi singgah di rumah makan

Disukai oleh 1 orang

10. eko354 - 22 Desember 2015

Mas spesifikasinya tolong dilengkapi donk, Max HP … @ … RPM, Mas Torque … @ … RPM.

Kalo soal gear lebih banyak, menurut saya lebih bagus krn bisa menyesuaikan max torque dgn kecepatan dan kecuraman jalan, ujung2nya kendaraan bisa dioperasikan dgn best economy.

Walaupun kalo cuma datar kayak Pantura Jawa, gear banyak kurang manfaat, tapi kalo di pegunungan, gear banyak akan sangat membantu.

Btw di sini ada kah bis yg pake perseneling otomatis?

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 22 Desember 2015

Makasih lho untuk masukannya mas. nanti ditambahkan keterangannya 😀 untuk persneling otomatis banyak mas, yang baru saya tau itu armada hyundai dan daewoonya transjakarta itu matic semua. dan ada contohnya salah satu bus antar kota yang pakai Hino RG automatic itu PO MGI , dan City Trans Utama untuk armada pariwisatanya..

Disukai oleh 1 orang

11. coey91 - 22 Desember 2015

hino ngk ad spek yg srupa dgn kedua merk tsb kah…..

Suka

imotorium - 22 Desember 2015

ada hino RM1 ES, cc sama, power lebih besar.. tapi sayangnya ga masuk ke indonesia

Disukai oleh 1 orang

fawwas Zulfian Riko - 28 Mei 2016

Kok bisa ga masuk ya? Apa karena faktor bahan bakar yg kurang baik di negeri ini? 😟

Suka

12. kiki UT - 22 Desember 2015

Ralat ya, baik Scania K360 dan MB 1836 sudah diproduksi secara lokal, yakni SKD (Semi Knock Down). Beberapa bagian chassis didatangkan secara terurai dr luar dan dirakit disini.

Bicara soal gear ratio, penulis seharusnya mempunyai data valid perbandingan per gigi, tidak bisa disimpulkan dari jumlah gigi. Jadi tidak semerta-merta meyimpulkan bahwa mesin x dibandingkan mesin y lebih unggul di tanjakan. Banyak faktor seperti karakter mesin (baik torsi maupun tenaga puncak) yang mempengaruhi.

Salam, artikel yang bagus. Semoga bermanfaat

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 22 Desember 2015

wah.. mantap nih tambahannya.. makasih banyak mas 😀 jadi sekarang baru sebagian ya (semi) belum full dirakit disini.. joss nih .. untuk perbandingan gear dan final nanti diupdate tabelnya mas. mantap nih 😀

Disukai oleh 1 orang

Arief - 31 Desember 2015

Mantap om postingannya. Nice

pengalaman saya om, naik Sempati Star kelas sama (Non Stop) 1836 maupun yg Scania K360ib nya (yg ini manual), saat tanjakan di daerah seulawah (menuju Medan), menurut saya Scania lbh unggul, krn tarikannya lbh mantap. Selain itu, kalau raungan mesin, 1836 jauh lbh meraung (posisi saya sama2 di seat terdepan, body sama2 AP). Kalau suara mesin mgkn bias ya tp kalau kita menaikinya, saya rasa lbh unggul Scania. CUma kalau trek lurus, tergantung sih Min. Pernah ada yg posting cerita perjalanan di bismania.com, Non Stop Scania mengejar 1526 PMTOh di trek lurus, gak kekejar, hehehe..

lanjutkan Min tulisan2nya..semakin banyak semakin bagus.

Suka

13. Munivmotoblog - 22 Desember 2015
14. Mengenal Varian Mesin dan Chassis Bus Hino RK Series, Inilah Ciri – Cirinya! | imotorium - 25 Desember 2015

[…] Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ? […]

Suka

15. Mengenal PO Budiman, Penguasa Jalur Selatan Jawa Barat | imotorium - 27 Desember 2015

[…] BT – Mercedes-Benz OH 1836 (Bluetec) […]

Suka

16. Sejarah Panjang Bus Mercedes – Benz Dalam Galeri (Early Era / Part 1) | imotorium - 30 Desember 2015

[…] Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ? […]

Suka

17. Mercedes-Benz O 6600 H, Bus Pertama Mercedes Yang Bermesin Belakang Di Dunia | imotorium - 6 Januari 2016

[…] Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ? […]

Suka

18. Aksi Nekat Kondektur Bus Setia Negara “ALFARRUQ” Ini Membuat Deg – Degan Masbro !!! | imotorium - 8 Januari 2016

[…] Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ? […]

Suka

19. Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia | imotorium - 13 Januari 2016

[…] Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ? […]

Suka

20. Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Adi Putro | imotorium - 14 Januari 2016

[…] Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ? […]

Suka

21. Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem | imotorium - 27 Januari 2016

[…] Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ? […]

Suka

22. Mengenal Bus Scania Bermesin Depan Di Indonesia, Scania F Series | imotorium - 17 Februari 2016

[…] hal yang menarik perhatian dan mungkin hanya satu – satunya di Indonesia. Ya, inilah… Scania F […]

Suka

23. Penampakan Mercedes OH 1521 Dengan Balutan AdiPutro Jetbus 2+ SHD, Keren Readers !!! | imotorium - 18 Februari 2016

[…] yang mantap.. para pengusaha bus tidak perlu membeli chassis  – mesin premium semisal Mercy 1836, Scania K Series, Volvo dll untuk menggunakan Jetbus 2+ SHD […]

Suka

24. dunia traveling - 25 Februari 2016

matap scania…

http://www.duniatraveling.co.id

Disukai oleh 1 orang

25. Tematis GIIAS 2015 : Impressi Cabin Bus Mewah Scania K360 – Adiputro | imotorium - 1 Maret 2016

[…] Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ? […]

Suka

26. Tematis GIIAS 2015 : Impressi Bus Double Decker Mercedes OC 500 RF 2542, Adiputro | imotorium - 1 Maret 2016

[…] Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ? […]

Suka

27. Profil PO. Nusantara, Raja Jalanan Asal Muria Raya | imotorium - 11 Maret 2016

[…] bus dengan livery yang dipenuhi warna warni nan cerah, Nusantara memiliki armada bus pariwisata Scania K380 AP Jetbus yang dilabur hitam doff kelas Luxury seat 1 – 1 . Kelas – kelas […]

Suka

28. dedi - 12 Maret 2016

Kalau untuk mengadu mana yg lebih cepat antara scania sm MB saya rasa tergantung skil pilotnya…

Disukai oleh 1 orang

FЭЯY - 4 Juli 2016

Tul,Tasik – Jakarta naik Budiman bt 04 (1836) berangkat jam 12 malam nyampe sebelum subuh (itu juga udah istirahat 1/2jam di RM)

Suka

29. Mengenal Scania K250UB, Bus Yang Akan Menggantikan Keberadaan Metromini dan Kopaja | imotorium - 12 Maret 2016

[…] Scania K250UB , merupakan Produk K series scania yang didaulat khusus lingkungan urban, yang mana sesuai dengan pedoman produk scania adalah bus dengan mesin belakang, U untuk Urban, short distance, normal comfort dan B untuk normal bus. Mesin yang diadopsi adalah seri DC-09 114 berkapasitas 9000 cc dengan power yang dihasilkan mencapai 250 Hp dan sudah lulus uji emisi Euro 3. Untuk top speed sendiri dilimit pada angka maksimal 80 km/jam. […]

Suka

30. Profil PO. NPM, Perusahaan Bus Tertua Di Indonesia Asal Sumatra Barat | imotorium - 18 Maret 2016

[…] Mulai varian OH 1113, OH 1518, OH 1521, OH 1525, OH 1526 dan yang terbaru kini NPM mengoperasikan Mercedes -Benz 1836 O 500 R dengan body RS Skyliner, diluar Mercy NPM juga memiliki armada Golden Dragon dengan Mesin Yuchai, […]

Suka

31. Impresi Singkat Bus Blue Star OH 1632 Di IIBT 2016, The One and Only Mercedes – Benz OH 1632 Di Indonesia | imotorium - 5 April 2016

[…] – varian bus Mercedes – Benz lainnya seperti OH 1521 EIII, OH 1525, OH 1526 bahkan 1836. Overhang depannya sendiri mirip dengan bus Scania K series / Volvo B7R . Dan overhang belakang […]

Suka

32. Zacky Mubarak - 30 April 2016

om bikin ulasan tentang Po tertua di Sumatra barat om yaitu PO NPM

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 30 April 2016
33. Fawwas Zulfian Riko - 18 Mei 2016

Kalo urusan speed, Scania Recomended. Tapi untuk kenyamanan pilih MB deh 😊😊😊

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 19 Mei 2016

Sudah trademarknya masing masing.. 😀

Disukai oleh 2 orang

34. joko susili - 28 Mei 2016

kalo q si pilih scania nya donk masih langka jg di indonesia joioxzzzzzzzzzz tenan lah scania

Disukai oleh 1 orang

35. Asian yoga pradana - 28 Mei 2016

scania banter tenan 125 km masih kecil kalo mercedes 100 km susah apalagi suspensi nya scania jg jozzzz bgt masih lanka juga di indonesia scania

Disukai oleh 1 orang

36. meliniashesar - 13 Juni 2016

1836 O 500 R Om Bukan OC 500RF Sekadar Koreksi

Disukai oleh 1 orang

37. FЭЯY - 4 Juli 2016

Bt 04 bcb (1836) di tanjakan & trek lurus bisa sarua speed na… 80 kpj++ …. scania no komen can ngasaan,da ewh di Tasik 😭😭😭

Disukai oleh 1 orang

38. iwan Setiyawan - 23 Juli 2016

Klu saya pengen thu ja berapa harga bus scania k380ib dgn body jet bus 2 hd

Disukai oleh 1 orang

39. Mengenal PO. Haryanto, Buah Manis Doa, Usaha, Ikhtiar dan Tawakal Seorang Purnawira TNI | imotorium - 24 Juli 2016

[…] Ngembal, Kudus. PO. Haryanto kini dominan menggunakan chassis Mercedes OH Series (1521, 1525, 1526, 1830) dan Hino RK8 sebagai Armadanya dengan body buatan beberapa karoseri besar seperti Adiputro dengan […]

Suka

40. Mengenal Si Bus “Hijau” Asal Pulau Dewata, PO Gunung Harta | imotorium - 4 September 2016

[…] OH 1836 Adiputro SHD adalah salah satu armada unggulan yang dimiliki oleh […]

Suka

41. diki - 16 September 2016

Ane menyukai balapan bis di tanjakan bukan ditrek datar.
Sebagaimana kenangan ane balapan lawas bis bandung – jakarta lewat puncak dimenangkan OH1113 prima vs hino RK primissima

Disukai oleh 1 orang

42. arya modder - 18 September 2016

biarpun kalah top speed tpi ane ttp milih mb oh1836,

Disukai oleh 1 orang

43. Mengenal Bus PO Harapan Jaya, Si “Kuda” Oranye Asal Tulungagung. | imotorium - 4 Oktober 2016

[…] dan Chassis sebut saja yang digunakan sekarang mulai dari Mercedes – Benz (OH 1526, 1626, 1836), Hino (RK8, RN285) , Volvo (B7R) , dan Scania (K310, K360, K380). Kelas yang ditawarkan juga […]

Suka

44. hans - 6 Oktober 2016

Semangat PT A.L.S kobarkan semangat orang medan

Disukai oleh 1 orang

45. hasa hedar - 3 November 2016

Jika ingin memodifikasi dsebuah karoseri.chasis.a beli sendiri atau udah termasuk biaya pembuatan bis di karoseri

Suka

imotorium - 4 November 2016

Kalau modif ya tinggal bawa chassis yang ada mas 😁. Semua bus di Indonesia pasti lebih dahulu beli chassis kemudian dikirim ke karoseri untuk dibuatkan body nya sesuai permintaan

Suka


Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)