jump to navigation

PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam 16 Desember 2015

Posted by imotorium in Bus, News, Pesawat, Travel, Trip.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

raya 1

Jakarta – Mungkin bagi sebagian orang akan bingung menentukan pilihan enaknya naik apa ya pas perjalanan jauh nanti.. jarang atau belum pernahnya naik bus jarak jauh atau Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) mungkin dikarenakan takut mabuk perjalanan, sudah kaya dari nenek moyang (sehingga selalu naik pesawat), atau bapaknya masinis (bisa naik kereta api gratis), atau memang berasal dari pedalaman.

Beda halnya bagi pencinta bus, ini adalah pilihan yang menyenangkan. Dengan persaingan yang semakin ketat, Perusahaan Otobus (PO) juga semakin meningkatkan pelayanan yang membuat perjalanan menggunakan bus semakin nyaman. Beberapa penumpang setia karena kenyamanan dari armadanya dan beberapa ada yang tergila-gila karena kecepatan si driver mengendalikan bus itu. Kali ini penulis akan mengangkat detail PO yang melegenda karena kenyamanannya : RAYA.

raya pk gif

PK-GIF DC-10-30 Garuda Indonesia, Yang menjadi inspirasi dari PO Raya 

Sekilas adalah kutipan tentang sejarah bis Raya yang dikutip dari http://www.rayafanscommunity.com:

1959 Memulai bisnis truk bernama “RADAR”

1962 Menambah 2 truk yang diberi nama “RAYA” (dinamakan “RAYA” dikarenakan tempat membeli truk tersebut berada di jalan RAYA BARAT – BANDUNG).

1967 Menjual truk dan dibelikan 1 bis bekas merk DODGE keluaran thn 1960 dari PO.SUKA MULYA (SUKABUMI).

1968 PO.SUKA MULYA berganti nama PO.RAYA yang berarti “BESAR”. Yang didirikan dan dikelola oleh Bpk. Witikno dan dibantu Bpk. Ranu Wijaya (adik kandung dari Bpk. Witikno).

1982 Di mulainya bis malam PO.RAYA jurusan Solo-Jakarta.

1988 Membeli bis PO.SEDYA UTAMA dari Wonogiri untuk tujuan Solo-Jogja.

2000 Pada tanggal 10 bulan Maret, Bpk. Witikno meninggal dunia.

2000-2004 PO.RAYA dikelola oleh Bpk.Ranu Wijaya (adik kandung dari Alm.Bpk.Witikno) dan Bpk.Nata Laksana (anak kandung dari Alm.Bpk.Witikno).

2005 Pada tanggal 1 Januari, Bpk.Ranu Wijaya mengundurkan diri dari perusahaan, dan diserahkan sepenuhnya kepada Bpk.Nata Laksana dan dikelola bersama dengan Bpk.Brata Laksana (adik kandung dari Bpk.Nata Laksana).

2006 Di mulainya bis PARIWISATA.

2012 Pada tanggal 27 Mei, PO.RAYA INDAH jurusan Solo-Semarang secara resmi beralih dan dikelola oleh PO.RAYA pusat.

NB:

1968-1973 Garasi PO.RAYA pertama kali berada di Tlipakan Jagalan Solo.

1973-2010 Garasi PO.RAYA berada di jl. Brigjend Sudiarto (Gading Kidul No.45) Solo.

2010 Mulai tanggal 1 Juli, Garasi PO.RAYA pindah ke Jl. Raya Bulakrejo no.4 Sukoharjo

Baca Juga :

PO Surya Bali, Si Bus Elegan Dari Pulau Dewata

PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam

Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia

PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga.

Pandawa 87, Pendatang Baru Asal Pasuruan Nan Elegan Di Segmen Bus Pariwisata

Profil PO. Siliwangi Antar Nusa (SAN), Perusahaan Otobus Asal Bengkulu Yang Terus Berinovasi

PO Sempati Star, Evolusi Dari Bintang Sempati .. Kini Mulai Mendobrak Dunia Otobus Indonesia

raya 2

Bus pertama yang menggunakan seat ex DC-10 tahun 1986, Ditenagai Mercedes OH 1113

raya 3

Mari ke interiornya, karena spesial dari PO ini adalah seatnya yang legendaris itu, bahkan bagi seorang indoflyer seperti penulis..

 Kenapa dijuluki kasur berjalan? Ya, karena ciri khas PO Raya yang dipertahankan sejak 1986 adalah digunakannya selalu seat DC-10 yang tebal, empuk. Dan selalu menggunakan mesin dan chassis Mercedes-Benz. Yang mana hingga sekarang masih dianggap sebagai lambang “kenyamanan”.

Hal unik dari PO Raya adalah mereka mempertahankan tampilan bus dengan gaya classic. Misalnya penggunaan headlamp ala Mercy Tiger dan penggunaan kaca depan belah (two pieces) seperti bis di era classic.

raya 12
Pelayanan dari driver dan crew bis Raya juga ramah dan halus cara mengemudinya. Selama perjalanan, bus ini akan berhenti 2 kali di perbatasan jawa barat dan jawa tengah, service makan yang sudah include dalam tiket. Hebatnya, service makan gratis ini juga berlaku untuk kelas ekonomi. Dalam web resmi fans Raya, mereka mengklaim bus ini dengan julukan “dangerously comfortable coach“, pilihan tepat bagi anda yang ingin tidur nyenyak selama perjalanan Jakarta-Solo, atau setidaknya ingin merasakan mewahnya seat business class Garuda DC-10 pada 1970 hingga 1980 an.

raya 13

Ini si DC – 10 lagi, color scheme liverynya saja sama 😀

Semoga Berguna

(imt)

foto : FRC, Google, dan berbagai sumber

Baca juga artikel menarik paling update :

Komentar»

1. FЭЯY - 16 Desember 2015
Sing Indo - 16 Desember 2015
Alki Rahmatullah - 16 Desember 2015
imotorium - 16 Desember 2015

Tin tin XD

Suka

2. Bro Ndes 94 - 16 Desember 2015

Dadi iling bis malem

Horor x Mitos : Genderuwo punya mata besar, diumpat “picek” bakal kabur? – http://wp.me/p3RBTf-4i2

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 18 Desember 2015

joss

Suka

3. gaplek mania - 16 Desember 2015

blas belum pernah naik raya..

Suka

imotorium - 16 Desember 2015

Jajal mbah glew, penak

Suka

4. coey91 - 16 Desember 2015

mbah bahas pandawa 87 yg beli bis d giias kmaren donk

Suka

imotorium - 16 Desember 2015

Sip, makasi masukannya, nanti segera meluncur artikelnya 😀

Suka

imotorium - 21 Desember 2015
5. abonsapi - 16 Desember 2015

Sekarang solo smg beberapa pake hino -legacy.

Suka

imotorium - 16 Desember 2015

Untuk jarak dekat ya ? Hino RK kah?

Suka

6. satriabergetar - 16 Desember 2015

Ini bis kenangan saya masa kecil.Terutama yg foto paling atas.
Dulu tahun 83 sampai 90an..ortu yg dagang di Jkt tiap 2 bulan sekali mudik ke Solo,membawa saya & adik saya.
Hanya ada 2 PO langganan ortu : Raya & Muncul

Alasan ortu langganan PO tersebut : nyaman & tidak ngebut..cocok untuk anak kecil yg gampang mabuk 😀

Setelah saya dewasa,ortu kalau nengok cucu..hanya mau naik 2 PO tersebut.

Bis tuo wis ben,sing penting slamet & penak 🙂

Suka

imotorium - 16 Desember 2015

Benar2 salah satu legenda ya mas. Iya jarang ada berita negatif tentang si raya ini. Mantap mas

Suka

7. satriabergetar - 16 Desember 2015

Ini bis kenangan saya masa kecil.Terutama yg foto paling atas…yg pakai lampu Tiger.
Dulu tahun 83 sampai 90an..ortu yg dagang di Jkt tiap 2 bulan sekali mudik ke Solo,membawa saya & adik saya.
Hanya ada 2 PO langganan ortu : Raya & Muncul

Alasan ortu langganan PO tersebut : nyaman & tidak ngebut..cocok untuk anak kecil yg gampang mabuk 😀

Setelah saya dewasa,ortu kalau nengok cucu..hanya mau naik 2 PO tersebut.

Bis tuo wis ben,sing penting slamet & penak 🙂

Disukai oleh 1 orang

8. wtf170 - 16 Desember 2015

Tolelot….
Bus solo ni….sayang sekarang kalah pamor ama yg lebih jos

Disukai oleh 1 orang

9. Omenk BMC JR - 16 Desember 2015

Raya tidak akan kalah pamor sama PO2 yg joss dengan kecepatan, we’ll see…
Raya akan jadi pilihan pertama wong Solo yang mencari kenyamanan…

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 18 Desember 2015

setelah lelah mengadu nasib di ibu kota 😀

Suka

10. nbsusanto - 16 Desember 2015

dit, iki enek trayek jakarta-yogya gak? biasane berapaan?
seatnya memang super nyaman ketoke lho.. :mrgreen:

btw, itu tags artikelnya kebanyakan dit, sebenernya malah efeknya nggak bagus.. pernah baca dimana gitu maksimal 15 aja.. apalagi ada beberapa yang nggak nyambung.. mending dikurangi.. nanti orang kalo nyari di google biar puas.. 😀

Suka

imotorium - 16 Desember 2015

iyo e, sek aku kurangi..

Suka

11. sugiyantokenz - 16 Desember 2015

entah kenapa Po raya ini biarpun garasinya dulu di solo dan sekarang di sukoharja tapi Plat nomer yang dipakai masih Wonogiri

Suka

imotorium - 16 Desember 2015

masih AD G/R ya ?

Suka

sugiyantokenz - 16 Desember 2015

Iya, kebetulan sering naik raya jakarta solo

Suka

imotorium - 16 Desember 2015

mantapp, saya aja jadi penasaran pengen ke solo lagi,

Suka

12. andhi_125 - 17 Desember 2015

nyuss yak, liat interiornya…kalah nyaman keknya, petawas ekonomi 😆

Suka

imotorium - 17 Desember 2015

joss

Suka

13. Cara Mengidentifikasi Merk dan Tipe Bus Yang Beredar Di Indonesia – Hino AK8 | imotorium - 18 Desember 2015

[…] Baca Juga : Raya, Sensasi Seat Pesawat Di Dalam Bus […]

Suka

14. Kedap_Kedip - 18 Desember 2015

Tiap 2 mgg sekali mudik naik bus malam jkt-solo, mencoba semua sensasi tiap PO dari yg kelas ekonomi non AC (kepepet tiket abis), ekonomi AC, Patas, VIP, executive sampe super executive.
Bisa disimpulkan khusus exe n super exe;
– Mau kecepatan sensasi balap; po Haryanto, Shantika, Pahala Kencana
– Pelayanan mantap Rosalia Indah (selimut msh segel loudry, makanan higenis),
– Kenyamanan po Raya (bener2 terlelap dg mode seat full horizontal) Po Harapan Jaya

Terakhir selalu pake Raya, soalnya nyaman bgt untuk tidur, hiburan di dlm cuma audio music volume kecil dgn lagu barat lawas

Tips; pastikan pakai kaoskaki, jaket, penutup kepala, kaos tangan soalnya kabin sangat dingin karena kapasitas seat sedikit

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 18 Desember 2015

joss ya.. memang perjalanan itu enaknya dilalui dengan nyaman… bukan menegangkan.. makanya saya ga suka naik bus yang doyan balap :p

Suka

Kedap_Kedip - 18 Desember 2015

Gpp klo pengen sensasi…. Naik bis area muriaan yg adu gengsi, adu wah, adu cepet.
Sang pilot bawa kenceng bukan karena emosional atau kejar target, biasanya driver cuma cari celah gak kena macet atau jam2 numpuk macet di area tertentu, biasanya emosi klo kena macet tak terduga malah bawaannya nyantai

Disukai oleh 2 orang

imotorium - 18 Desember 2015

oh itu pernah dengar, dulu pas naik sinjay supirnya ngejar cepat supaya sampai daerah mana ya… biar ga ketemu macet sama aktivitas pasar pagi2.. jadi busnya udah selamat duluan dari biang macet hahaha 😀

Suka

15. Jenis – Jenis Air Conditioner (AC) Yang Terdapat Pada Bus Besar Maupun Kecil | imotorium - 19 Desember 2015

[…] Baca Juga : Raya, Sensasi Seat Pesawat Di Dalam Bus […]

Suka

16. Lagu_Lagu Everlasting Musisi Indonesia Yang Enak Didengar Kala Perjalanan Jauh | imotorium - 20 Desember 2015

[…] PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam […]

Suka

17. Profil Pandawa 87, Pendatang Baru Asal Pasuruan Nan Elegan Di Segmen Bus Pariwisata | imotorium - 21 Desember 2015

[…] Baca Juga : Raya, Sensasi Seat Pesawat Di Dalam Bus […]

Suka

18. Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ? | imotorium - 22 Desember 2015

[…] PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam […]

Suka

19. Mengenal PO Budiman, Penguasa Jalur Selatan Jawa Barat | imotorium - 27 Desember 2015

[…] PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam […]

Suka

20. PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga. | imotorium - 1 Januari 2016

[…] PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam […]

Suka

21. Kisah Mitsubishi BM, Bus Chassis Mesin Depan Legendaris Andalan Mitsubishi | imotorium - 4 Januari 2016

[…] PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam […]

Suka

22. Aksi Nekat Kondektur Bus Setia Negara “ALFARRUQ” Ini Membuat Deg – Degan Masbro !!! | imotorium - 8 Januari 2016

[…] PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam […]

Suka

23. PO Sempati Star, Evolusi Dari Bintang Sempati .. Kini Mulai Mendobrak Dunia Otobus Indonesia | imotorium - 9 Januari 2016

[…] PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam […]

Suka

24. Profil PO. Siliwangi Antar Nusa (SAN), Perusahaan Otobus Asal Bengkulu Yang Terus Berinovasi | imotorium - 11 Januari 2016

[…] PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam […]

Suka

25. Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Adi Putro | imotorium - 14 Januari 2016

[…] PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam […]

Suka

26. Moch Rifai - 21 Januari 2016

jadi kangen naik kasur berjalan raya apalagi class supertop body legacy SR-1

Disukai oleh 1 orang

imotorium - 21 Januari 2016

Joss ya mas 🙂

Suka

Moch Rifai - 21 Januari 2016

joss pake banget

Disukai oleh 1 orang

27. PO Surya Bali, Si Bus Elegan Dari Pulau Dewata | imotorium - 23 Februari 2016

[…] PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam […]

Suka

28. Profil PO. Rosalia Indah, PO Ternama Asal Solo Raya | imotorium - 26 Februari 2016

[…] PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam […]

Suka

29. Tematis GIIAS 2015 : Impressi Cabin Bus Mewah Scania K360 – Adiputro | imotorium - 1 Maret 2016

[…] PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam […]

Suka

30. Tematis GIIAS 2015 : Impressi Bus Double Decker Mercedes OC 500 RF 2542, Adiputro | imotorium - 1 Maret 2016

[…] PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam […]

Suka

31. Mengenal PO. Primajasa, Keluarga Dari Mayasari Grup | imotorium - 3 Maret 2016

[…] PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam […]

Suka

32. Profil Bus PO. Safari Dharma Raya (OBL), Si Gajah Temanggung Pelari Antar Pulau | imotorium - 10 Maret 2016

[…] PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam […]

Suka

33. Profil PO. Nusantara, Raja Jalanan Asal Muria Raya | imotorium - 11 Maret 2016

[…] PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam […]

Suka

34. Profil PO. NPM, Perusahaan Bus Tertua Di Indonesia Asal Sumatra Barat | imotorium - 18 Maret 2016

[…] PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam […]

Suka

35. Lorena 001, Bus Pertama Milik PO. Lorena Yang Masih Dalam Kondisi Baik Hingga Kini(Galeri Foto) | imotorium - 4 April 2016

[…] PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam […]

Suka

36. Lorena 001, Bus Pertama Milik PO. Lorena Yang Masih Dalam Kondisi Baik Hingga Kini (Galeri Foto) | imotorium - 4 April 2016

[…] PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam […]

Suka

37. Melihat Bus Low Deck MAN 18.220 Karoseri Nusantara Gemilang di Jakarta Fair 2016 | imotorium - 3 Juli 2016

[…] ac nya pakai TK yang legendaris […]

Suka

38. Launching #1 Sleeper Bus di Indonesia, PO Brilian.. Pilihan Bobomania nih | imotorium - 5 Juli 2016

[…] PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam […]

Suka

39. Mengenal Si Bus “Hijau” Asal Pulau Dewata, PO Gunung Harta | imotorium - 4 September 2016

[…] PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam […]

Suka

40. Tomi - 9 Oktober 2016

Langganan emak bapak pakde bude kalo mudik ke Solo. Waktu kecil pertama kali naik yg di gambar nomer 2. Sampe ganti model beberapa kali menjelang kuliah. Emang joss sih. Dijamin turu angkler 😄

Disukai oleh 1 orang


Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: