Cara Mengidentifikasi Tipe, Merk, Dan Mesin Bus Yang Kita Naiki 14 Desember 2015
Posted by imotorium in Bus, Trip.Tags: 1521, 1525, 1836, ALS, Bismania, Budiman, Bus, Eksterior, indonesia, Interior, Jalur Selatan, Lintas Barat, Lintas Timur, Lorena, Ngeblong, Overhang, Padang, Pantura, Power, Sitinjau Lauik, Sumatera, Top Speed, Torsi
trackback
Jakarta – Pernahkah masbro / sis memesan tiket bus kelas executive ataupun kelas super executive dengan harapan mendapatkan armada yang masih baru, dengan mesin yang bertenaga namun harus tepok jidat keheranan dikala perjalanan, bus tidak mampu untuk melahap tanjakan dengan baik, bahkan terkesan loyo? pada beberapa kasus bahkan bus tersebut mogok !! Padahal dari luar sekilas bus tersebut kelihatan baru..
Inilah yang sering dikeluhkan oleh penumpang yang awam akan tipe bus yang beredar, Maklum saat ini banyak sekali bus yang sangat bagus tampilannya.. sehingga menggoda penumpang untuk cenderung memilih bus dengan body yang bagus tersebut. Perusahaan Otobus saat ini cukup sulit bersaing dikarenakan tren penumpang yang cenderung memilih tampilan luar yang bagus, sehingga mereka perusahaan yang masih memiliki armada lama dan dalam kondisi masih mampu melayani perjalanan.. memutar otak dengan melakukan rebody di karoseri – karoseri ternama
Alasan lain perusahaan melakukan rebody juga untuk memudahkan dikala ada sparepart body yang sekiranya perlu diganti, didapat dengan mudah. Karena umumnya spare part untuk body bus yang sudah tua rata – rata sulit dicari dan sudah tidak diproduksi lagi.
Dashboard mercedes 1518 / 1521 masih mengadopsi steer 2 spoke yang khas. dengan instrumen panel, speedometer + takometer yang sederhana
Panel meter 1525, Speedometer masih full analog, dengan perubahan di bentuk steer, lebih berisi
Panel indikator Mercedes 1526 / 1521 XBC / 1518 XBC. sudah gabungan analog dengan digital, tampak di tengah odometer yang sudah digital, dan versi terbaru dari 1526 / 1521 terjadi di model steer yang menganut 4 spoke, seperti 1836
Mode identifikasi paling mudah adalah dengan memperhatikan interior khususnya dashboard. ya, seperti foto diatas, panel indikator dan Setir biasanya akan dibiarkan tetap sesuai aslinya, walau direbody dengan body terbaru sekalipun. Yang kedua adalah dengan mengidentifikasi dari penampilan eksteriornya .. melalui overhang. baik depan maupun belakang, karena rangka – rangka bus saat ini cenderung mengadopsi overhang lebih panjang di depan.
Baca Juga :
Mengenang Perkasa (Texmaco), Pabrikan Chassis dan Mesin Bus Asli Indonesia
Mengenal Volvo B7R, Bus Bertenaga Besar Asal Swedia Yang Masuk Ke Indonesia
Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia
Mengenal Varian Mesin dan Chassis Bus Hino RK Series, Inilah Ciri – Cirinya!
Cara Mengidentifikasi Merk dan Tipe Bus Yang Beredar Di Indonesia – Hino AK8
Sebagai contoh, penulis melampirkan perbedaan overhang antara bus lama mercedes (oh 1521 / 1518) dengan bus keluaran 2005 keatas (1525 / 1526)
Bagus bukan ? Bahkan ada stiker “euro 3-nya” eitss, jangan salah ini bus rebody lho.. aslinya adalah Mercedes 1521 versi lama. yang mana belum lolos euro 2 sekalipun. terlihat overhang depan yang pendek. Jarak roda depan ke pintu sangat dekat
hmm, bodinya udah aga ketinggalan jaman ya. eitss jangan salah.. ini bus yang benar2 bermesin “galak ” lho, dan langka.. itulah 1725.. lihatlah overhangnya.. panjang bukan? salah satu pengguna mesin dengan konfigurasi V diantara bertaburnya mesin inline. Walau memang diakui boros bbm, dan akhirnya tidak sesukses 1526, 1525 dan 1830/36 yang berkonfigurasi inline
Terlihat bedanya kan? jadi jika ada stiker yang mengklaim mesin baru atau apa jangan langsung dipercaya.. ya karena itu cuma gimmick untuk menarik penumpang saja.. tidak lebih. Namun asal terawat sebenarnya bus bus lama itu malah lebih kuat, tahan banting dan ngga rewel dibanding keluaran terbaru. karena biasanya sih, masalah bus – bus baru itu adalah elektrikal. 😀
Semoga Berguna (imt)
- Blognya tetap, tapi alamatnya ketik imotorium.com saja ya
- Malaysia Cabut Dari Kalender F1 Mulai 2019, Lebih Memilih Fokus Ke MotoGP !!
- Unleash Your Engine To The Max !!! Pertamax Turbo Resmi Hadir di Bali
- Mewahnya Suasana Soft Launching Pertamax Turbo Di Kamandalu, Ubud, Bali.
- Komparasi Bus Hino RK8 R260 Versus Mercedes – Benz OH 1526, Mana Yang Lebih Baik?
- IMOS 2016 : Honda CBR250RR Laris Manis Nih.. Juozzz
- Honda WR-V Resmi Launching, Saingan Berat Yaris Heykers nih !!
- MotoGP : Statistik Crash Pembalap 2016, Rossi Crash 4x Sepanjang Musim, Marquez 16x !!
- Rahayu Santosa Jetliner Double Deck Bertenaga Mercy 2542 Sudah Mengaspal, Joss Tenan !!!
- IMOS 2016 : Launching Suzuki GSX-S150 Beserta Detailnya.. Jozz Banget !!
- SEMA 2016 : Modifikasi Gila Toyota Land Cruiser Tembus 2000 Hp, Veyron Lewat Jauh !!!
- IMOS 2016 : Siap Bantai Ninja 250R dan R25, Honda CBR250RR Dibanderol Paling Murah 62,9 Juta Rupiah
- IMOS 2016 : Suzuki Resmi Perkenalkan GSX-R150. Akhirnya “Sang Penerus FXR” Lahir Juga
- IMOS 2016 : Penampakan Yamaha Aerox 155 VVA, Tricity 155 dan X-Max 250 Makjangg Desainnya Gahar!!
- IMOS 2016 : AHM Suguhkan Tema “Life Style Dalam Berkendara”
Pakar bus si eta,salam telolet 😂 http://sakahayangna.com/2015/12/12/sama-sama-rangka-teralis-merahmenurut-baraya-ganteng-all-new-cb150r-atau-z250sl/
SukaSuka
Ahlinya
http://singindo.com/2015/12/13/pengendara-motor-selalu-benar-dan-mobil-selalu-disalahkan/
SukaSuka
Juragan telolet,hunting di tol 😂
SukaSuka
Jiirr komen ku leungit 😂 http://sakahayangna.com/2015/12/12/sama-sama-rangka-teralis-merahmenurut-baraya-ganteng-all-new-cb150r-atau-z250sl/
SukaSuka
au nih settingan terasinya aneh XD
SukaSuka
Haji jujur nya soal bus mah,1521 teu di bere stiker eurong 😆 http://sakahayangna.com/2015/12/14/lebih-keren-mana-all-new-cb150r-spesial-edition-atau-yang-livery-repsol/
SukaSuka
Tah eta nu alusna..
SukaSuka
Seragam adiputri na alus teu 😂😂😂
SukaSuka
awas modif bodi kena 24juta
SukaSuka
wakakakakaakakakakak XD
SukaSuka
PO di wonogiri rata2 rebody semua.. bus2 nya bahkan kebanyakan tahun 90an ..
SukaSuka
iya mas, malah masih ada yang udah rebody tapi bentuk AC nya masih pake yang klasik. benar – benar melestarikan legenda ceritanya 😀
SukaSuka
rata2 thermoking ya
SukaSuka
iya, yang bentuknya tinggi kotak itu. adem sih tapinya.. joss
SukaSuka
ati2 jgan naik bus kelas eksekusi 😀
SukaSuka
Wakakakakakak
SukaSuka
bus sekarang kebanyakan rebody an contohnya po sumber selamet yang dulunya body sprinter mesin hino ak3 jadi body discovery yang sexy,,, tp walaupun bgitu tetap nyaman dan larinya masih kencang,,,,
#pecintabusbanter
SukaSuka
Wes dadi bismanua to cong??
Zlubhhh!!
SukaSuka
mantap nih ulasannyaa
http://www.duniatraveling.co.id
Your Best Traveling Solution
SukaSuka
terimakasih gan 😀
SukaSuka
thx u infonya
salam kenal gan
http://www.3835group.com/2015/12/m-slaz-mt-15-dengan-velg-gold.html
SukaSuka
Salam Kenal juga 😀
SukaSuka
[…] Baca Juga : Cara Mengidentifikasi Tipe, Merk, Dan Mesin Bus Yang Kita Naiki […]
SukaSuka
asyik Mbah Dharmo pindah lapak dari motor jadi bus 😆
SukaSuka
Wkwkwkwkkw, mang nde pitnah XD
SukaSuka
ngoahahahahaaaaa
SukaSuka
busmania 🙂
SukaSuka
[…] Baca Juga : Cara Mengidentifikasi Tipe, Merk, Dan Mesin Bus Yang Kita Naiki […]
SukaSuka
[…] Baca Juga : Cara Mengidentifikasi Tipe, Merk, Dan Mesin Bus Yang Kita Naiki […]
SukaSuka
[…] Cara Mengidentifikasi Tipe, Merk, Dan Mesin Bus Yang Kita Naiki […]
SukaSuka
[…] Cara Mengidentifikasi Tipe, Merk, Dan Mesin Bus Yang Kita Naiki […]
SukaSuka
[…] Cara Mengidentifikasi Tipe, Merk, Dan Mesin Bus Yang Kita Naiki […]
SukaSuka
Jirr, Lorena MB OH 1725 P 202 tuh, jagoan tu di masanya, plus air suspension asli Pabrikan lagi 😊😊
SukaSuka