jump to navigation

Tips Memilih Ban : Sesuaikan Karakter Pemakaian Harian 25 Maret 2015

Posted by imotorium in Motor, Tips Berkendara.
Tags: , , , , , , , , , , , , ,
trackback

maxxis tyre

Folks, bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya, 5 bulan sudah musim hujan melanda sebagian besar wilayah di negara kita, sampai saat ini intensitas hujan juga masih belum stabil, menyebabkan jalanan menjadi tidak bersahabat untuk dilintasi, apakah pemilihan ban oleh sobat sudah tepat?

Karena karakter aspal di jalan raya saat ini bisa dibilang “buruk” maka sebaiknya sobat lebih teliti dalam memilih ban, tidak melulu memperhatikan soal penampilan saja. Ya, saat ini populernya ditemui adalah ban tubeless dengan profil dinding ban yang tipis, dan tapak yang lebar, namun bila pattern yang dimiliki oleh ban tidak berfungsi maksimal ya toh sama saja mengorbankan uang dan keselamatan diri.

battlax-bt-39ss-rear

Adapun dipasaran yang saat ini jamak dilihat adalah ban dengan spesifikasi intermediate – wet , kompon ban pun menyesuaikan dengan pattern yang dibawanya. semakin mahal harga maka kompon yang diberikan semakin bagus, dan biasanya berkarakter lunak. 😀

blade tatang

mau nambal ban malah dicuekin XD

Pemilihan pattern ban pun tidak bisa sembarangan. oke boleh cari motif ban yang keren tapi apakah sesuai penggunaanya di jalan yang sering dilalui sehari – hari? dari banyak sumber yang imot dapatkan, penggunaan ban motor bagian depan sebaiknya memiliki alur tengah (vertical pattern), yang berguna untuk mencegah terjadinya aquaplanning di kala melewati jalan tergenang. Bila ada pabrikan ban yang menyangkal dengan penelitian “bla – bla – bla vertical pattern tidak harus ada untuk roda depan karena yang penting pattern tersebut sudah melewati garis tengah ban dari pinggir” menurut imot adalah dosa besar. Ya, bohong besar, pengalaman sendiri dengan ban minus alur tengah di depan hampir saja sukses melengserkan imot kala sudden brake di tengah hujan deras, grip sama sekali ga ada!! padahal itu ban baru bahkan masih ada rambutnya. 🙄

size

oversize untuk sebuah bebek (ambigu) XD

masalah tubeless dan tubetype sih kembali ke selera masing – masing, toh tidak selalu tubeless lebih baik dari tubetype (khususnya jika di daerah tempat tinggal folks masih ada tambal ban yang tidak melayani ban tubeless) dan perhatikan tentunya tekanan ban, apabila tinggal di lingkungan jalan yang sangat teramat kurang baik, lebih baik tekanan yang diberikan sedikit dibawah standar pabrikan.

Untuk ban belakang sobat bisa menggunakan karakter yang bervariasi. Secara pribadi imot lebih senang menggunakan ban intermediate, tanpa alur tengah. agar tidak banyak rider yang “kecipratan” di belakang imot sewaktu berkendara XD

semoga manfaat (imt)

Komentar»

1. warungasep - 25 Maret 2015

wah motorku gk ditampilin mbah??? disotu kafang saya merasaseduh…

Diantara CBR150R dan R15 Atau NVL dan CBSF, Siapakah yang paling laris di tahun ini??? | WARUNGASEP★★★☆☆ – http://warungasep.net/2015/03/20/diantara-cbr150r-dan-r15-atau-nvl-dan-cbsf-siapakah-yang-paling-laris-di-tahun-ini/

Suka

imotorium - 25 Maret 2015

kafang kafang XD

Disukai oleh 1 orang

2. ndesoedisi - 25 Maret 2015

Jadi kesimpulannya gimana ?

Suka

imotorium - 25 Maret 2015

ngga ada kesimpulan :mrgreen:

Suka

ndesoedisi - 25 Maret 2015

dasar 😈

Suka

3. Mas Sayur - 25 Maret 2015

ban tanpa alur tengah mmg terlihat lebih sekseh… 😉 *ambigu nggak nich.. 😉

Disukai oleh 1 orang

4. cadoxs - 25 Maret 2015

Kebutuhanya banyak susah di sesuaikan 😛

Suka

imotorium - 27 Maret 2015

mang cadox tinggal di kota, intermediate aja cukup 🙂

Suka

5. GandemLover - 25 Maret 2015

Alur tengah ya.. pengalam pakai C**sa S33 ban nya pecah pecah mungkin karena hard compound ya

https://gandem21.wordpress.com/2015/03/25/satu-helm-2-visor-italy-punya/

Suka

imotorium - 27 Maret 2015

bisa jadi, tapi juga perhatikan tanggal produksi ban tersebut masbro 🙂

Suka

6. Alki Rahmatullah - 25 Maret 2015

Asssseemmmmm!! Royalti mana royalti noh make poto orang ganteng :mrgreen:. Polbek mbah jomblo

https://alkirahmatullah.wordpress.com/2015/03/25/modificorner-ubah-tampilan-motor-jadi-lebih-eyecatching-dengan-bodykit-khusus/

Suka

imotorium - 27 Maret 2015

buakakakkaa XD

Suka

7. Alki Rahmatullah - 25 Maret 2015

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: